Jenis Gizi Ibu Hamil Ini Membuat Kehamilan Terasa Sangat Ringan

Pantangan Ibu Hamil
Image Source: Mom Junction

Anda bisa saja menyebutkan semua jenis gizi ibu hamil yang paling penting dan harus dipenuhi. Namun, dari sekian banyak gizi tersebut, maka yang membuat ibu ringan dalam menjalani masa kehamilan?

Salah satu keluhan yang paling sering dialami oleh ibu hamil adalah lemas. Keluhan ini paling sering terjadi di masa awal kehamilan. Hal ini juga bisa terjadi lagi ketika masa kehamilan trimester ketiga karena membesar dan ibu hamil merasakan berat sekali. Di setiap aktivitas yang ia lakukan, ia menghabiskan banyak anergi sehingga ia sering sekali merasa kelelahan.

Untuk mengatasi hal tersebut, seorang ibu hamil harus tahu makanan apa saja yang bisa membuatnya memiliki lebih banyak tenaga setiap hari. Dengan demikian, ia bisa beraktivitas layaknya ketika ia tidak sedang hamil.

Dalam hal ini, alangkah baiknya jika ibu ketahui dulu apa saja nutrisi ibu hamil yang bisa meningkatkan energi dalam tubuh.

Gizi Untuk Ibu Hamil Pembangkit Energi

Sebenarnya, semua nutrisi untuk ibu hamil itu diperlukan. Itu semua saling mempengaruhi satu sama lain, tak terkecuali dalam membangkitkan energi.

Akan tetapi, ada dua gizi untuk ibu hamil yang paling berperan penting sebagai pembangkit energi. Yang pertama adalah karbohidrat. Yang kedua adalah protein.

Mari bahas yang pertama, yaitu kandungan gizi berupa karbohidrat. Ibu pasti sudah tahu mengapa penting sekali mengkonsumsi nasi. Orang awam dalam hal kesehatan saja bisa merasakan betapa lemahnya tubuh mereka jika seharian tidak makan nasi. Hal tersebut dikarenakan nasi mengandung karbohidrat. Kandungan inilah yang menjadi sumber energi.

Akan tetapi, untuk ibu hamil, tidak begitu disarankan untuk terlalu banyak mengkonsumsi nasi. “Lho, bukannya semakin banyak mengkonsumsi nasi semakin banyak mendapatkan energi lantaran tubuh mendapatkan karbohidrat dalam jumlah yang banyak?” Logikanya memang seperti itu. Namun, kandungan gizi kehamilan berupa karbohidrat di dalam nasi bisa diproses dengan sangat mudah. Akibatnya, seberapa banyak pun ibu mengkonsumsi nasi, ibu akan cepat sekali merasa lapar.

Dalam kajian ilmu medis, karbohidrat yang terkandung di dalam nasi merupakan karbohidrat tidak komplek. Ada satu jenis lagi, yaitu karbohidrat kompleks. Yang membedakan adalah cara tubuh menyerap karbohidrat tersebut. Jika ibu mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tidak kompleks seperti nasi, ibu akan kenyang namun hanya sebentar karena karbohidrat tersebut dengan sangat mudahnya diserap oleh tubuh. Lain hal jika ibu mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Ibu akan merasakan kenyang dalam kurun waktu yang cukup lama karena tubuh membutuhkan waktu yang lama untuk mencerna jenis karbohidrat ini.

Lalu, apa apa makanan yang mengandung karhobidrat kompleks? Salah satunya adalah kentang. Dalam hal ini, ibu bisa mengkonsumsi kentang secara langsung sebagai makanan cemilan seperti keripik kentang atau membuat soup yang salah satu bahannya adalah kentang. Silakan ibu berkreasi sendiri.

Gizi untuk ibu hamil yang bisa meningkatkan energi yang kedua adalah protein. Banyak orang yang menganggap protein itu hanya untuk meningkatkan massa otot. Dengan kata lain, protein itu bagus untuk meningkatkan berat badan. Itu memang benar. Hanya saja, hal tersebut tidak menjadi satu-satunya fungsi atau peran dari protein. Ternyata, protein juga menjadi energy booster, atau nutrisi untuk meningkatkan energi.

Ada banyak pilihan makanan yang mengandung protein. Yang paling mudah ibu temukan adalah telur ayam. Tentu ibu tidak harus mengkonsumsi telur ayam secara terus menerus. Ibu bisa bosan nantinya. Ibu juga bisa mencari makanan alternatif lainnya yang kandungan proteinnya sama banyaknya dengan yang ada pada telur seperti tahu, tempe, daging sapi, dan lain sebagainya.

Terlepas dari hal tersebut, bukan banyaknya nutrisi yang harus ibu cukupi saja, melainkan juga kandungan nutrisi harus seimbang. Maka dari itu, selain mengkonsumsi makanan yang bergizi, ibu sebaiknya juga mengkonsumsi susu ibu hamil Frisian Flag Mama. Susu ini kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dengan kadar yang seimbang.

Bukan Hanya Gizi Yang Perlu Dipenuhi

Ibu sudah tahu dua jenis nutrisi yang fungsinya untuk meningkatkan energi. Namun, bukan hanya gizi saja lho yang harus dipenuhi.

Para dokter kandungan menyarankan agar ibu juga melakukan aktivitas seperti olahraga ringan. Pilih saja kegiatan yang ibu sukai seperti jalan santai, yoga, atau bahkan bernyanyi sambil menari. Yang pasti, kegiatan tersebut membuat tubuh ibu bergerak namun tidak begitu agresif.

Selain itu, atur juga jadwal kegiatan ibu setiap hari. Jika selama ini ibu sering pulang kerja hingga larut malam, bahkan ibu tidak jarang harus begadang di rumah, tinggalkan kebiasaan tersebut. Energi di dalam tubuh harus diisi ulang dengan cara membiarkan tubuh istirahat dalam waktu yang cukup.

Dalam hal istirahat atau tidur, ibu harus hati-hati. Ibu pastikan posisi tidur ibu benar agar tidur pulas dan lelap. Kualitas tidur sangat menentukan bagaimana energi di dalam tubuh bisa terkumpul. Ada baiknya ibu pelajari bagaimana posisi tidur ibu sesuai dengan saran dari dokter kandungan. Atau ibu bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan secara online di www.ibudanbalita.com.

Yang jelas, energi saat hamil harus bertambah. Hal ini disebabkan energi yang ibu butuhkan ketika sedang mengandung lebih banyak dibandingkan ketika ibu belum hamil. Oleh sebab itu, perhatikan jadwal kegiatan ibu setiap hari. Bagi waktu secara proporsional kapan ibu harus beraktivitas, kapan harus olahraga, dan kapan harus istirahat. Dan jangan lupa penuhi kebutuhan gizi ibu hamil yang bisa meningkatkan energi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *