Kaki Bengkak Saat Hamil Bisa Dicegah Lho

kaki bengkak saat hamil
www.friso.co.id

Kaki bengkak saat hamil tua bukanlah hal yang enak. Bahkan, tidak jarang ibu hamil muda mengalami masalah ini. Hal ini bisa disebabkan karena ada masalah pada kesehatan wanita hamil tersebut.

Hanya saja, kaki bengkak ini wajar jika dialami oleh ibu hamil trimester ketiga.

Meskipun wajar, tetap saja masalah yang satu akan sangat mengganggu kegiatan setiap hari. Itulah mengapa ibu harus tahu bagaimana cara efektif mengatasi kaki bengkak ibu hamil.

Mungkin ibu sudah pernah dengar terapi atau massage yang bisa mengurangi resiko bengkak pada kaki ibu hamil. Hanya saja, massage ini sangat tidak dianjurkan. Hal ini disebabkan dikhawatirkan adanya urat saraf yang menuju ke perut yang bisa berakibat buruk pada perkembangan janin.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kaki bengkak saat sedang hamil yang paling tepat?

Tidur Miring

Pastinya ibu tidur dalam posisi miring. Sepertinya sangat tidak mungkin ibu tidur tidak dalam keadaan miring ketika perut sudah membesar.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah jeda antara miring ke kiri dan ke kanan. Bengkak pada kaki ibu hamil bisa disebabkan karena terlalu miring ke salah satu sisi.

Dalam hal ini, ibu bisa minta tolong suami untuk mengingatkan atau memiringkan badan ketika tidur. Hal ini perlu sekali untuk menghindari bengkak pada kaki ibu.

Berenang

Pada dasarnya bengkak itu disebabkan adanya aliran darah yang tidak lancar. Otot menjadi menegang dan akhirnya terlihat bengkak pada kaki.

Untuk itu, diperlukan cara untuk membuat otot kaki rileks. Salah satunya dengan berenang. Olahraga ini berbeda dengan olahraga lainnya seperti senam ibu hamil atau jalan sehat yang lebih membuat otot semakin kuat.

Saat kaki bengkak, yang ibu perlukan adalah membuat otot kaki rileks. Dan berenang menjadi cara yang paling tepat.

Bergerak Setiap 20 Menit

Apakah ibu seorang wanita karir yang kebayakan waktu ibu gunakan dengan cara duduk di atas kursi? Sangat masuk akal jika ibu akan mengalami kram dan juga bengkak pada kaki. Kebiasaan terlalu lama duduk inilah yang menjadi penyebab bengkak dan juga kram pada kaki.

Usahakan ibu bergerak setidaknya setiap 20 menit. Ibu bisa bergerak dengan hanya berdiri sebentar atau berjalan mengambil air putih. Gerakan tersebut sangat membantu agar ibu tidak mengalami bengkak pada kaki.

Ibu tidak perlu khawatir jika bengkak pada kaki yang ibu alami bukan disebabkan oleh penyakit kronis. Pasalnya, ada juga ibu hamil yang mengalami bengkak pada kaki disebabkan oleh penyakit kronis seperti bronchitis kronis serta empisema.

Untuk itu, akan lebih baik jika ibu melakukan konsultasi dengan dokter untuk memastikan bengkak pada kaki yang ibu alami tidak disebabkan oleh penyakit kronis.

Ada baiknya ibu konsultasi dengan dokter secara online di www.friso.co.id terlebih dahulu. Ibu akan mendapatkan masukan tentang apa yang seharusnya ibu lakukan untuk mengatasi bengkak pada kaki ibu.

Sebenarnya bengkak pada kaki ibu hamil bukan masalah yang serius. Yang paling dikhawatirkan adalah gangguan kesehatan seperti diabetes dan juga obesitas saat hamil. Hal ini sangat bisa terjadi. Bahkan, obesitas yang dialami oleh ibu hamil bisa menular pada bayi yang masih ada di kandungan. Ini yang harus benar-benar diantisipasi.

Itulah mengapa dokter sangat menyarankan agar memastikan nutrisi ibu hamil seimbang. Selain mengkonsumsi makanan sehat, ibu juga perlu mengkonsumsi susu Frisomum Gold yang mengandung nutrisi seimbang.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *