Kamu yang Sedang Menstruasi, Harus Tahu Cara Merawat Kulit Wajah Ini

Saat menstruasi tiba, ada saja masalah yang datang. Tidak hanya perubahan mood yang bisa mengganggu aktivitas setiap hari, melainkan juga kondisi kesehatan terutama kesehatan kulit wajah.

Itulah mengapa sebagai seorang wanita kamu harus tahu bagaimana cara merawat kulit wajah saat menstruasi. Menggunakan cara yang biasa saja sepertinya tidak ampuh. Karena kondisinya berbeda. Dibutuhkan cara yang tepat dan efektif untuk menjaga kesehatan kulit wajah saat mens.

Lalu, apa yang seharusnya kamu lakukan? Pastinya kamu ingin tetap tampil cantik dengan wajah bersih dan segar saat sedang menstruasi, bukan?

Permasalahan Pada Wajah yang Sering Terjadi Saat Mens

Secara kasat mata, kamu yang kurang begitu mengerti tentang ilmu kesehatan kulit pun bisa melihat apa yang biasa dialami oleh wanita yang sedang mens. Dua masalah yang sering muncul, yaitu jerawat dan kulit berminyak.

Apakah kamu tahu apa hubungan antara menstruasi dengan dua masalah pada wajah tersebut?

Pada saat kamu sedang haid, produksi hormone meningkat sangat tinggi. Hal tersebut membuat organ tubuh bekerja lebih aktif. Keringat lebih banyak yang keluar, minyak diproduksi lebih banyak, dan lain sebagainya. Dan jika produksi minyak pada wajah meningkat, maka yang terjadi wajah kamu terlihat mengkilap.

Hal ini diperparah dengan kondisi cuaca yang terik. Dan jika kamu tinggal di daerah dengan polusi udara yang mengkhawatirkan, bukan tidak mungkin kotoran akan menyumbat pori-pori dan muncullah jerawat.

Itulah kenapa kebanyakan wanita yang sedang menstruasi mengalami masalah jerawat dan wajah berminyak.

Apa yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit wajah sehingga terhindar dari jerawat dan minyak berlibahan ketika mens?

Kunci Utama Perawatan Wajah Ketika Mens

Dari penjelasan singkat di atas, munculnya masalah pada kulit wajah seperti jerawat dan wajah berminyak itu disebabkan karena produksi hormone yang meningkat. Jadi, satu-satunya cara antisipatif adalah dengan mengontrol produksi hormone tersebut.

Kamu bisa lebih rutin melakukan olahraga. Memang hal ini tidak berperan signifikan untuk menurunkan produksi hormone. Akan tetapi, dengan membuat tubuh kamu bergerak, maka organ tubuh akan bekerja lebih keras, keringat akan keluar, dan kesehatan kulit akan terjaga.

Namun, kamu juga perlu menggunakan sabun cuci muka yang tepat, yaitu sabun cuci muka yang bisa mengontrol produksi minyak pada wajah. Sekarang ada sabun cuci muka yang khusus untuk kamu yang mengalami masalah dengan kulit wajah berminyak. Jika kamu berhasil mengatasi masalah ini, maka masalah jerawat juga bisa diantisipasi. Karena memang jerawat itu awalnya disebabkan minyak yang tersumbat oleh kotoran pada pori-pori. Dengan mengontrol produksi minyak, maka hal tersebut sekaligus mengantisipasi munculnya jerawat.

Mungkin kamu perlu menerapkan cara perawatan kulit wajah setiap hari. Karena setiap bulan kamu pasti mengalami haid, jadi kamu perlu secara rutin menerapkan tips merawat kulit wajah.

Tidak perlu menunggu ketika ada masalah pada wajah baru kemudian kamu mencari tips untuk mengatasi masalah tersebut.

Akan lebih baik jika kamu melakukan langkah antisipasi dengan cara menerapkan tips merawat kulit wajah yang bisa diaplikasikan setiap hari.

Lebih dari itu, kamu juga perlu perhatikan kesehatan dari dalam. Karena kesehatan dari dalam jauh lebih penting. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, tapi juga kesehatan kulit terutama kulit wajah.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *