Kandungan Nutrisi Ibu Hamil Dalam Kolang-Kaling

makanan untuk ibu hamil
www.ibudanbalita.com

Tidak semua makanan atau minuman yang mengandung nutrisi ibu hamil itu tidak enak. Contohnya saja kolang-kaling. Ini biasanya dicampurkan ke dalam air es atau dawet. Ada juga yang membuat kolak yang isinya bukan pisang namun kolang-kaling. Selain lebih segar, kolang-kaling sangat bagus untuk ibu hamil lantaran kandungan gizinya yang memang sangat diperlukan selama masa kehamilan.

Meskipun demikian, tidak semua kolang-kaling itu sehat. Ada sebuah reportase yang menunjukkan adanya oknum yang membuat makanan sehat ini menjadi berbahaya untuk kesehatan, terutama kesehatan ibu hamil.

Kandungan Nutrisi Pada Kolang-Kaling

Tentu ibu tidak ingin percaya begitu saja tentang informasi kesehatan ibu hamil. Ibu harus mencari tahu mengapa atau apa yang membuat sebuah makanan dikatakan bagus untuk kesehatan ibu hamil. Setidaknya, ibu bisa cari tahu apa saja kandungan nutrisi kehamilan yang terkandung di dalam makanan tersebut. Ibu bisa melakukan cross check di situs informasi kesehatan ibu hamil terpercaya www.friso.co.id.

Untuk makanan berupa kolang-kaling, setidaknya ada 4 kandungan nutrisi yang ibu perlukan selama masa kehamilan. Apa saja itu?

Yang pertama adalah serat. Ibu pasti tahu apa kegunaan serat. Banyak wanita yang mengalami masalah sembelit lantaran kekurangan serat. Ini masalah yang paling sering dialami oleh wanita daripada laki-laki. Apalagi masalah sembelit ini tidak hanya disebabkan oleh kekurangan serat melainkan adanya perubahan hormonal yang bisa disebabkan oleh hamil, menstruasi, atau puber.

Selain serat, kandungan yang lain di dalam kolang-kaling adalah folat. Manfaat folat sangat banyak sekali, terutama untuk perkembangan janin. Ibu pasti sering melihat iklan susu ibu hamil, kan? Iklan tersebut hampir selalu menonjolkan kandungan berupa folat yang sangat diperlukan untuk memaksimalkan perkembangan otak bayi yang masih ada di dalam kandungan.

Sering sekali dikatakan folat itu untuk mencerdaskan otak janin. Akan tetapi, yang paling penting lagi dari folat adalah perannya dalam mencegah terjadinya cacat mental sejak lahir. Itulah mengapa nutrisi untuk ibu hamil berupa folat ini sangat diperlukan.

Yang ketiga adalah vitamin K. Vitamin ini memiliki peran untuk melindungi asam lemak yang dibutuhkan oleh janin di dalam kandungan. Apa itu asam lemak? Jika ibu tidak familiar dengan istilah ini, mungkin ibu terbiasa mendengar omega 3. Itu istilah yang beda namun intinya sama. Omega 3 banyak didapatkan dari makanan laut. Dan tidak ada gunanya jika asam lemak atau omega 3 ini tidak diikat. Dalam hal ini, dibutuhkan vitamin K untuk mengingat omega 3 tersebut untuk memaksimalkan perkembangan bayi di dalam rahim.

Yang terakhir adalah kandungan berupa vitamin B kompleks. Vitamin yang satu ini sering digunakan di berbagai produk kehamilan mulai dari susu hingga kapsul. Tujuannya agar seorang wanita bisa cepat hamil. Selain itu, vitamin ini juga akan membantu seorang ibu hamil bisa menjalami masa kehamilan dengan lancar.

Sayangnya, ada hal yang perlu ibu perhatikan. Ternyata, terlalu banyak mendapatkan vitamin B kompleks saat hamil bisa menyebabkan mual, muntah, dan sakit kepala. Untuk itu, ibu tidak boleh mengkonsumsi kolang-kaling terlalu banyak. Kandungan nutrisi yang tepat sudah disediakan di dalam Frisomum Gold. Semua kandungan nutrisi di dalam susu ibu hamil ini lengkap dan seimbang. Jadi, jika ibu mengkonsumsi susu ini sesuai dengan aturan, maka semua kebutuhan nutrisi ibu hamil bisa ibu dapatkan setiap hari.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kolang-kaling itu tidak selalu sehat. Ada kolang-kaling yang berbahaya karena sudah dioplos dengan bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan.

Kasus Kolang-Kaling Berbahaya

Setelah ibu tahu apa saja kandungan gizi ibu hamil di dalam kolang-kaling, kini saatnya ibu tahu cara bijak memilih kolang-kaling. Terutama bagi ibu yang tinggal di kota besar, ibu harus ekstra hati-hati. Banyak makanan yang dalam proses pembuatannya menggunakan bahan kimia, tak terkecuali kolang-kaling ini.

Salah satu reportase menunjukkan bagaimana oknum pembuat kolang-kaling menggunakan bahan sintetis dalam proses pembuatannya. Bahan ini digunakan agar kolang-kaling lebih kenyal dan tahan hingga berminggu-minggu. Ini hampir mirip dangan kasus es cincau.

Sayangnya, sulit sekali untuk membedakan antara kolang-kaling alami dengan kolang-kaling yang sudah dicampur dengan bahan kimia. Memang ada yang mengatakan kolang-kaling alami itu warnanya tidak terlalu putih dan tidak begitu keras. Namun, ibu pasti sulit untuk memahami seberapa putih dan seberapa keras kolang-kaling yang sudah dicampur dengan bahan sintetis.

Akan lebih baik jika ibu melakukan langkah waspada. Apa yang harus ibu lakukan?

  • Beli Dari Pembeli Terpercaya

Jangan sekali-kali membeli kolang-kaling di pinggir jalan di pembeli yang ibu tidak kenal. Akan lebih baik jika ibu pesan kepada penjual sayur untuk membelikan kolang-kaling. Biasanya, penjual keliling seperti itu tahu persis mana yang sehat dan mana yang tidak. Hal ini disebabkan mereka tahu satu sama lain antara satu penjual dengan yang lain. Mereka juga mana pembuat kolang-kaling yang curang dan mana yang tidak.

  • Cara Memasak Yang Ekstra Hati-Hati

Sebenarnya, kandungan kimia dalam kolang-kaling bisa dihilangkan jika ibu memasak dengan tepat. Sebelum memasak, pastikan ibu merendam kolang-kaling ke dalam air beras yang dicampur dengan daun pandan selama 1 hari 1 malam. Setelah itu, pisahkan lendirnya dengan cara mengaduknya dengan daun bambu. Baru kemudian kolang-kaling bisa ibu masak, entah menjadi manisan atau kolak.

Repot? Jelas sangat repot. Akan lebih baik dan lebih mudah jika ibu mengkonsumsi susu Frisomum Gold untuk mendapatkan semua nutrisi ibu hamil. Sesekali ibu bisa membuat kolang-kaling sendiri. Tentunya, ibu harus hati-hati memilih kolang-kaling.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *