Kapan Omega 3 Diperlukan untuk Perkembangan Janin?

Perkembangan Janin
Ibu & Balita

Perkembangan janin sangat ditentukan bagaimana ibu mengkonsumsi makanan yang bergizi. Selain itu, pemilihan nutrisi yang tepat juga tak kalah penting bagi janin. Itulah mengapa para ibu hamil sebaiknya meluangkan waktu untuk belajar seluk beluk tentang nutrisi untuk janin. Selain itu, perlu juga mereka mengetahui kapan ibu memberikan nutrisi tertentu.

Kali ini, ibu akan belajar salah satu nutrisi yang sangat penting bagi perkembangan janin, yaitu omega 3. Ibu pasti tahu nutrisi yang satu ini sangat diperlukan untuk perkembangan otak janin. Namun, tahukah ibu kapan sebaiknya ibu memberikan omega 3? Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Omega 3 dan Perkembangan Bayi dalam Kandungan

Jika ibu mengkonsumsi susu ibu hamil mulai saat hamil muda, sebenarnya asupan nutrisi untuk ibu hamil sudah ibu dapatkan, tak terkecuali omega 3. Namun, apakah pada saat itu omega 3 sudah benar-benar dibutuhkan?

Pada dasarnya, omega 3 itu nutrisi yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan perkembangan otak atau saraf. Lalu, pertanyaanya sekarang adalah kapan perkembangan otak janin dimulai? Pada saat itulah omega 3 sangat dibutuhkan?

Ternyata, perkembangan janin dimulai pada masa kehamilan memasuki usia 2-3 bulan. Pada saat inilah beberapa organ tubuh mulai terbentuk. Selain itu, perkembangan saraf juga dimulai. Pada saat inilah omega 3 sangat diiperlukan.

Omega 3 ini penting untuk memastikan tidak ada gangguan dalam proses perkembangan otak janin di dalam kandungan. Beberapa kasus di mana bayi lahir dalam keadaan cacat mental disebabkan kurangnya asupan berupa omega 3 ini.

Oleh sebab itu, sangat tepat sekali jika ibu mulai hamil muda mengkonsumsi susu ibu hamil. Pasalnya, susu mengandung omega 3. Namun, ibu harus menambah asupan omega 3 lebih banyak lagi ketika masa kehamilan mencapai usia 2-3 bulan.

Lalu, sumber omega 3 itu bisa ibu dapatkan dari mana saja?

Beberapa Sumber Omega 3

Memang yang paling mudah untuk mendapatkan omega 3 adalah dari susu ibu hamil. Susu itu sangat penting bagi tumbuh kembang janin. Akan tetapi, jika ibu merasa ingin menambah nutrisi berupa omega 3, ibu bisa pertimbangkan untuk mengkonsumsi beberapa sumber berikut ini:

  • Ikan atau Seafood

Tidak ada sumber omega 3 yang lebih tinggi daripada seafood. Dalam hal ini, sangat direkomendasikan ibu mengkonsumsi ikan tuna, salmon, dan juga udang. Ketiga jenis seafood tersebut kaya akan kandungan berupa omega 3.

Akan tetapi, ibu juga harus hati-hati. Pasalnya, setiap seafood mengandung merkuri di mana kandungan ini sangat tidak baik bagi kesehatan ibu dan juga janin di dalam kandungan. Masaklah seafood benar-benar matang agar merkuri yang menempel pada badan seafood hilang.

  • Kacang-Kacangan

Mungkin selama ini ibu hanya mengetahui bahwa kacang-kacangan itu mengandung protein nabati yang sangat tinggi. Protein memang penting sekali bagi perkembangan janin.

Namun, tahukah ibu bahwa kacang-kacangan juga mengandung omega 3? Meskipun kandungannya tidak terlalu tinggi seperti seafood, ibu bisa menjadikan kacang-kacangan sebagai alternatif lain sumber omega 3 untuk perkembangan janin khususnya perkembangan otak bayi dalam rahim.

  • Oatmeal

Mengkonsumsi sepertinya lebih mudah daripada dua lainnya sebelumnya. Dan oatmeal juga termasuk sumber omega 3 yang cukup tinggi.

Jadi, sekarang ibu sudah tahu apa yang harus ibu lakukan saat kehamilan sudah mencapai usia 2-3 bulan, bukan? Namun, ibu juga tidak boleh mengabaikan nutrisi yang lain untuk perkembangan janin.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *