Kapan Waktu Tidur Bayi Terbaik Usia 0-12 Bulan?

Waktu Tidur Bayi
Johnson’s Baby Indonesia

Bagi Bunda baru, tentu haruslah mengerti kapan waktu tidur bayi terbaik bagi si Kecil. Tak hanya demi kenyamanannya Bun, tidur terbaik juga merupakan cara si Kecil dalam mendapatkan pola pikir dan tubuh yang sehat.

Bayi yang baru lahir, memiliki pola tidur yang berbeda dengan orang dewasa. Bayi yang berusia 0-12 Bulan akan menghabiskan lebih banyak waktunya dengan tidur, dan akan terbangun ketika lapar, haus, terganggu, buang air, atau yang lain.

Jadi, penting sekali bagi Bunda untuk menidurkan si Kecilnya pada waktu yang tepat agar proses tumbuh kembangnya berjalan lancar. Lalu, kapan waktu terbaik untuk tidur bayi? Simak ulasan berikut ya, Bun.

  1. Berapa Lama Untuk Bayi 0-2 Bulan?

Karena bayi yang baru lahir sekitar 0-2 bulan belum memiliki daya untuk melakukan banyak hal, tentunya bayi akan lebih banyak menghabiskan waktunya dengan tidur. Pada masa ini, bayi membutuhkan setidaknya 16 jam perharinya, yaitu 7,5 jam saat siang, dan 8,5 jam saat malam.

  1. Bagaimana Untuk Bayi 3-5 Bulan?

Kesehariannya tetap akan dipenuhi tidur, namun waktu tidur bayi usia 3-5 bulan tidak sebanyak pada saat masih 0-2 bulan. Bunda harus membiarkan si Kecil untuk tidur setidaknya 15 jam perharinya, yaitu 5 jam pada saat siang, dan 10 jam saat malam hari. Pada masa ini, Bunda akan melihat tumbuh kembang dan perubahan bentuk wajah pada si Kecil.

  1. Bayi Usia 6 Bulan, Apakah Sama?

Tentu berbeda, Bun. Pada masa ini, bayi membutuhkan waktu istirahat setidaknya 14,5 jam perharinya. Waktu yang paling baik adalah sekitar 4,5 jam pada siang hari dan 10 jam saat malam hari. Karena bayi mendapatkan waktu tidur terbaiknya, maka pada usia 6 bulan ini, Bunda sudah dapat melihat gerakan duduk dan merangkak si Kecil menjadi lebih kuat. Bangga ya, Bun!

  1. Pola Tidur Bayi Usia 7-8 Bulan

Tidur si Kecil pada usia 7-8 bulan setidaknya 14 ya Bun, yaitu 4 jam pada siang hari dan 10 jam pada malam hari.

  1. Tidur Bayi Terbaik Usia 9-12 Bulan

Pada usia ini, tidur bayi pada siang hari akan berkurang. Bunda akan bangga karena pada masa ini, bayi akan lebih banyak beraktivitas dan bermain. Tidur bayi akan sulit pada siang hari, maka dari itu lebih banyak tidur pada malam hari.

Bunda juga sudah dapat melihat bayi berdiri dan berjalan, namun terkadang akan jatuh, namun hal itulah yang tentunya membuat Bunda bahagia. Tetap ya Bun, berikan waktu tidur untuk bayi, yaitu 2 jam siang hari dan 10 jam saat malam hari.

Nah, tentu selain menidurkan bayi sesuai pola tidur bayi yang tepat, Bunda juga haruslah mengerti bagaimana mengurus lainnya, seperti cara memandikan bayi, pijat bayi, atau yang lain.

Penting bagi Bunda untuk memilih produk kosmetik yang tepat. Pilihlah JOHNSON’S®, terbuat dari bahan yang aman dan nyaman, sehingga akan membantu si Kecil dalam melewati kesehariannya dengan kesenangan dan kenyamanan. Bunda dapat memilih JOHNSON’S® Baby Powder dan JOHNSON’S® Baby Oil sebagai bedak dan minyak yang akan Bunda gunakan pada si Kecil.

Dengan tawa riang si Kecil yang menggemaskan sekali, tentunya Bunda tidak mau melewatkan keseharian dengannya ya, Bun? Maka dari itu, tidurkanlah si Kecil pada waktu tidur bayi yang tepat, serta gunakan kosmetik yang sesuai ya, Bun.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *