Kapan Waktu Tidur Bayi yang Terbaik dan Berkualitas?

waktu tidur bayi
Johnson’s Baby Indonesia

Semakin hari berlalu, tubuh dan pemikiran si Kecil jadi makin berkembang ya Bun? Itu semua berkat bunda yang senantiasa merawat si Kecil dengan kasih sayang dan bahagia. Bunda tentu akan melakukan apa saja demi kebaikan si Kecil ya Bun? Terutama untuk pemenuhan nutrisi dan perkembangan pemikiran si Kecil.

Seperti halnya memberi makan, mandi dan memijat si Kecil, tentu Bunda juga harus menidurkan si Kecil pada waktu yang tepat agar ia mendapati tidur berkualitasnya. Dengan begitu, si Kecil akan mendapatkan banyak manfaat seperti nutrisi yang terpenuhi, istirahat yang terpenuhi dan perkembangan yang baik.

Karena, perkembangan si Kecil tak hanya pada saat ia beraktivitas saja, melainkan juga bisa ia dapatkan saat tidur. Melihat betapa pentingnya menidurkan bayi pada saat yang tepat, maka Bunda haruslah memahami informasi waktu tidur bayi berikut ini untuk diaplikasikan pada si Kecil ya Bun.

  1. Bayi Usia 0-4 Bulan

Bayi yang baru lahir antara usia 0-2 bulan membutuhkan waktu tidur yang banyak. Bayi pada usia ini masih belum dapat melihat dunia sekitar dengan jelas, dan matanya hanya lurus kedepan seperti orang melamun. Ketidakberdayaannya untuk melakukan sesuatu membuatnya menghabiskan kesehariannya hanya dengan tidur. Pada usia ini, setidaknya Bunda harus menidurkannya selama 16 jam sehari, yaitu sekitar 8 jam pada saat siang, dan 8 jam lagi saat malam.

Untuk bayi usia 3-4 bulan, ia sudah dapat melihat dunia walaupun masih tetap belum dapat melakukan apa-apa kecuali menangis dan senyum, namun terkadang sudah ada yang berguling. Wanab si Kecil sedikit banyak akan berubah. Bayi usia ini memiliki waktu tidur tak sebanyak usia dibawah 3 bulan, yaitu hanya butuh waktu 15 jam perhari, 5 jam saat siang dan 10 jam saat malam.

  1. Bayi Usia 6-9 Bulan

Bayi pada usia ini sering disebut Si Juara Merangkak, karena walaupun belum bisa berdiri dan berjalan, ia tetap dapat merangkak dengan lambat maupun cepat. Bayi pada usia ini memiliki waktu tidur lebih sedikit daripada dibawah 6 bulan yaitu 14 jam, 5 jam saat siang dan 9 jam saat malam. Bunda akan bertambah bahagia ketika melihat si Kecil mencoba untuk duduk dan berdiri, senang ya Bun.

  1. Bayi Usia 9-12 Bulan

Pada usia ini, Bunda dapat memanggilnya si pelari kecil. Karena ia sudah berdiri, berjalan bahkan berlari-lari kecil. Bunda akan bertambah bahagia kala melihat ia jatuh kemudian menangis atau tertawa. Keseharian si Kecil tak lagi dipenuhi dengan tidur, melainkan beraktivitas dan bermain.

Pada usia ini, si Kecil akan sangat sulit sekali untuk tidur dikarenakan kesenagannya saat bermain. Ia akan tertawa riang saat bermain dengan mainannya atau dengan Bunda. Jangan lupa, tidurkan si Kecil setidaknya 2 jam saat siang dan 10 jam saat malam.

Saat usia menginjak 12-18 bulan, banyak yang menyebut bahwa ini bukan bayi lagi. Pada usia ini, Bunda dapat memanggilnya si Pemanjat, karena aktivitas bermainnya seringkali memanjat, entah itu kamar tidur, kursi atau objek lain selagi ia bisa. Bunda harus berhati-hati untuk menjaganya agar tidak jatuh. Tidur siang yang semakin sulit yaitu hanya 2 jam saja perhari, membuatnya ia harus tidur malam setidaknya 9 jam.

Jadi itulah waktu tidur yang harus Bunda aplikasikan pada si Kecil. Semoga bermanfaat dan jadikan kehidupan si Kecil lebih bermakna bersama Bunda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *