Kebiasaan Kurang Tepat dalam Melakukan Perawatan Bayi

perawatan bayi
Ibu dan Balita

Perawatan bayi notabenenya sangat diperlukan oleh si kecil. Pasalnya dengan perawatan yang tepat pada buah hati anda, akan membuat ia menjadi nyaman dan aktif sebagai anak yang tumbuh dengan baik. Banyak diantara kerabat keluarga anda pasti pernah berpikir dan memberi saran tentang tips perawatan bayi hingga membuat anda tercengang dan bingung untuk percaya atau tidak.

Namun, satu hal yang sebaiknya moms ketahui bahwa perawatan bayi tidak boleh sembarangan dilakukan. Karena sebenarnya ada kebiasaan yang seharusnya moms dan orang tua yang memiliki buah hati yang masih bayi sadari untuk dihindari ketika memberikan perawatan pada si buah hati.

Lalu apa saja kebiasaan tersebut? Simak ulasannya berikut!

  1. Memberikan Teh sebagai pengganti ASI dan Susu saat Bayi Haus

Ya, ini adalah hal yang paling sering terjadi disekitar kita atau bahkan anda melakukan hal ini kepada bayi anda. Banyak yang mengasumsi bahwa memberikan teh bisa berguna untuk menghilangkan dahaga pada bayi yang membuatnya menjadi rewel.

Tetapi moms, anda harus mengetahui bahwa pada teh mengandung senyawa tannin yang memiliki peran untuk menghambat penyerapan mineral penting seperti kalsium, zinc, dan zat besi dari asupan yang dikonsumsi oleh si kecil. Padahal ketiga jenis mineral tersebut sangatlah diperlukan oleh balita untuk dapat menunjang tumbuh kembang balita.

Misalnya saja zinc dan kalsium sangatlah berguna untuk menunjang kepadatan tulang dari balita anda. Sedangkan zat besi berguna untuk mencegah bayi dari kekurangan mineral zat besi yang fungsi utamanya adalah merangsang pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia.

  1. Melilit Perut Bayi dengan Gurita untuk Mencegahnya dari Kembung dan Pusar Bodong

Kebiasaan selanjutnya adalah menggunakan gurita dan melilitkannya pada area perut yang ternyata berbahaya. Moms mengetahui bahwa bayi yang baru lahir masih berada pada fase untuk terbiasa bernafas dengan paru – paru. Dan untuk mendukung hal tersebut maka, sebaiknya area otot perut bayi diberikan ruang yang leluasa untuk bernapas.

Beberapa orang tua juga beranggapan bahwa dengan mengenakan gurita, pusar bayi tidak menjadi bodong. Tetapi ternyata anggapan tersebut salah karena justru, dengan penggunaan gurita memperlambat proses pengeringan tali pusar dan sulit terlepas.

  1. Menaburi kemaluan bayi dengan bedak

Tidak perlu menyangkal bahwa kebiasaan inipun biasa anda lakukan. Alih – alih membuat area sensitif tersebut bersih dari beragam bakteri dan tidak berbau, justru menimbulkan iritasi pada kulit. Berdasarkan penuturan dari salah satu spesialis anak dari American Academy of Pediatrics menyebutkan bahwa bedak bayi yang dibubuhkan pada area kemaluan sebagai perawatan bayi dapat menimbulkan kanker ovarium kelak ia beranjak dewasa.

Selain itu, penggunaan bedak secara berlebih akan membuat anak terkena kanker paru – paru secara mudah. Pasalnya, partikel bedak yang semakin sering terhirup dapat menumpuk pada area paru – parunya.

  1. Memandikan anak dengan air yang terlalu dingin

Hal yang biasa dilakukan oleh para moms adalah memandikannya dengan air dingin untuk menjadikannya bayi yang kuat sekaligus merangsang pertumbuhan dari bayi. Ya, pendapat demikain sangat salah pasalnya, kebiasaan untuk memandikan dengan air yang terlalu dingin membuatnya rentan terhadap berbagai penyakit.

Sepertinya, anda harus kembali memerhatikan kondisi si kecil ketika ia sedang berada pada masa pertumbuhan. Alih – alih memberikannya kenyamanan lewat perawatan bayi yang beragam. Tetapi, anda sebaiknya anda mulai mencari tahu lebih jauh tentang jenis perawatan bayi apa yang akan berikan pada si kecil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *