Kegiatan Weekend Asyik untuk Tumbuh Kembang Anak Sekaligus Refreshing

tumbuh kembang anak
Friso Indonesia

Tumbuh kembang anak murni tanggung jawab ibu. Sekalipun ibu harus bekerja dan menyerahkan si kecil untuk diasuh seorang baby sitter, jika ada hal buruk terjadi terhadap perkembangan sang buah hati, tentu ibu tetap menjadi orang yang sangat disalahkan.

Memang ibu bisa menyerahkan urusan memberikan makan dan menjaga sang buah hati kepada seorang baby sitter saat ibu sedang bekerja. Namun, setidaknya ketika weekend tiba, ibu terlibat langsung dan mencurahkan seluruh waktu untuk mengatasi perkembangan anak.

Untuk memaksimalkan waktu selama dua hari tersebut, ibu harus memilih kegiatan yang tepat. Karena ibu juga ingin menghilangkan kepenatan pada waktu weekend, tentu kegiatan yang ibu perlu lakukan merupakan kegiatan yang membuat pikiran ibu refresh sekaligus kegiatan tersebut bagus untuk tumbuh kembang anak.

Jalan Santai di Taman Kota

Kegiatan sederhana tapi mengasyikkan adalan berjalan santai dan bermain di taman kota. Apalagi jika ibu memiliki anak yang suka berlarian. Makan taman kota menjadi tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama sang buah hati.

Banyak hal yang bisa ibu lakukan dengan si kecil di taman kota tersebut. Ibu bisa membawakan bola agar ibu bisa bermain bola dengan si kecil. Atau, ibu juga bisa menbawa sepede mini ketika tumbuh kembang anak ibu sudah cukup untuk belajar sepeda mini. Yang pasti, kegiatan jalan sehat serta bermain di taman kota merupakan kegiatan yang baik bagi ibu yang ingin refreshing dan juga bagi perkembangan si kecil.

Berenang

Jika usia si kecil sudah mencapai 3-4 tahun, tidak salah jika ibu mengajaknya untuk berenang. Jika perlu, ibu memasukkan si kecil ke kelas belajar renang.

Berenang sangat baik bagi tumbuh kembang anak. Pasalnya, berenang bisa mengoptimalkan perkembangan tulang. Dengan kegiatan ini, tulang si kecil akan tumbuh lebih cepat. Anak yang suka berenang biasanya memiliki badan yang lebih tinggi daripada anak yang tidak pernah berenang. Namun, tinggi badan tentu saja tidak hanya dipengaruhi kegiatan berenang saja.

Namun, karena kegiatan berenang ini tidak hanya agar membuat si kecil bisa berenang, maka sebaiknya ibu sendiri yang melatih si kecil untuk berenang. Setidaknya, anak ibu sudah mulai terbiasa untuk berenang. Selanjutnya, jika ada bakat berenang, ibu baru bisa masukkan ke kelas berenang.

Untuk sementara ini, ibu bisa menghabiskan waktu berenang dengan si kecil. Bukankah itu yang paling penting mengingat selama 5 hari ibu tidak bisa bersama dan memperhatikan secara langsung tumbuh kembang anak karena ibu bekerja?

Silaturahmi Ke Tempat Saudara

Jika berbicara seputar perkembangan anak, maka hal tersebut tidak hanya yang berkaitan dengan fisik saja. Perkembangan anak juga berhubungan dengan sosial juga.

Anak yang usianya menginjak 3 tahun seharusnya sudah memiliki kemampuan sosialisasi dengan orang lain yang baik. Ibu sebagai orang tua harus mengajarkan bagaimana agar si kecil tidak takut untuk bertemu dan berkenalan dengan orang baru.

Hal ini bisa diajarkan dengan mudah. Ibu bisa mengajak si kecil untuk bertemu dan bersilaturahmi ke rumah saudara setiap weekend. Ibu bisa mengatur ke rumah saudara yang mana pada weekend kali ini. Lalu, weekend depan, ibu ajak si kecil bersilaturahmi ke tempat saudara yang lain.

Bagi orang tua yang sadar pentingnya perkembangan sang buah hati, tentu mereka tidak ingin menyia-nyiakan waktu untuk berperan dan memperhatikan perkembangannya. Sekalipun mereka sibuk, mereka pasti akan meluangkan waktu setidaknya weekend untuk memberikan yang terbaik untuk tumbuh kembang anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *