Kehabisan Ide Mengenai Menu Makanan Bayi?

makanan bayi
www.latartinegourmande.com

Menu makanan bayi apa yang akan ibu sajikan esok hari untuk sang buah hati? Masih teringat dengan menu yang kemarin?

Banyak ibu yang tidak memiliki ide menu makanan apa yang harus mereka berikan. Yang ada di benak mereka hanya bubur. Variasinya sedikit seperti sup dan bakso.

Bahaya sekali jika ibu menyajikan menu makanan yang sama terus menerus. Bukan tidak mungkin bayi akan bosan dan akhirnya mogok makan. Dan lebih parahnya lagi, si kecil tidak memiliki kesempatan untuk merasakan menu makanan yang berbeda. Saat dewasa nanti, ia akan kesulitan untuk beradaptasi di tempat yang berbeda ketika menu makanannya berbeda.

Lihat saja bagaimana kebanyakan masyarakat Indonesia kurang begitu suka dengan makanan Eropa yang cenderung manis. Begitu juga dengan orang Eropa yang kurang bisa beradaptasi dengan makanan Indonesia yang cenderung pedas.

Sekiranya itulah ilustrusinya. Jadi, ibu harus biarkan bayi memiliki pengalaman merasakan berbagai jenis makanan dengan rasa dan aroma yang berbeda.

Tidak Ada Makanan Untuk Bayi

Betul sekali. Bayi tidak boleh makan. Ia hanya boleh minum saja. Saat bayi ibu berusia di bawah 6 bulan, maka ibu tidak boleh memberikan makanan bayi apapun. Si kecil harus mendapatkan gizi dari ASI saja.

Program ASI ekslusif sepertinya sulit sekali terlaksana. Prosentase ibu yang berhasil memberikan ASI eksklusif sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh banyak hal seperti tuntutan pekerjaan, keinginan memberikan ASI eksklusif rendah, ASI tidak keluar dalam jumlah yang banyak, bayi menolak ASI, dan lain seterusnya.

Apapun halangannya, seharusnya seorang ibu harus berusaha memberikan ASI eksklusif. Di dalam ASI, terdapat kandungan antibodi yang akan membuat bayi sehat. Menurut penelitian kesehatan, anak tidak mudah sakit ketika di masa bayi ia mendapatkan ASI eksklusif. Berbeda dengan anak yang tidak mendapatkan ASI ekslusif. Karena tidak mendapatkan antibodi ketika bayi, maka ia mudah terserang penyakit.

Menu makanan untuk bayi baru disiapkan saat usianya menginjak 6 bulan ke atas. Menu makanan tersebut disebut dengan menu MPASI atau makanan pendamping ASI.

Ide Makanan Lezat Untuk Bayi

Jika bayi ibu berusia 6 bulan ke atas, sudah saatnya ibu memikirkan makanan apa yang baik untuk si kecil. Pasti ibu memikirkan makanan yang mudah dicerna seperti bubur dan sayuran yang diblender. Tapi, apakah hanya itu ide makanan untuk bayi? Tentu saja tidak.

  • Tim Labu

Selain bubur beras, ibu juga bisa menyajikan makanan tim. Salah satu bahan yang bisa ibu gunakan adalah labu. Labu atau waluh ini kaya akan beta karoten, vitamin C, serta vitamin K untuk pertumbuhan sang buah hati. Namun, yang paling penting adalah kandungan seratnya. Bayi yang pertama kali mengkonsumsi makanan biasanya mengalami masalah pencernaan seperti konstipasi. Untuk mencegah hal tersebut, memberikan makanan mengandung serat sangat disarankan.

Ibu bisa membuatkan menu makanan untuk bayi berbahan labu. Jadi, labu di tim layaknya nasi. Ibu bisa tambahkan juga daging ikan salmon yang kaya akan omega 3. Blender semua bahan seperti labu dan daging ikan salmon. Tambahkan keju agar ada rasa manis. Maka jadilah adonan.

Setelah itu, siapkan aluminum foil dan masukkan semua adonan yang sudah jadi tersebut ke dalam aluminum foil. Panggang hingga matang. Sajikan ketika sudah tidak agak panas. Ini bisa ibu jadikan menu sarapan lezat untuk bayi.

  • Tim Jagung Tempe

Untuk sementara waktu, lupakan dulu membuat bubur beras ya bu. Ibu harus mencoba memasak makanan yang lain untuk bayi. Dan kini, ibu bisa coba membuat tim jagung tempe.

Menurut para ahli kesehatan, tempe mengandung protein yang sangat baik untuk bayi. Bahkan, protein di dalam tempe lebih aman dibandingkan dengan protein yang terdapat pada daging. Pasalnya, tempe dibuat dari kedelai yang tidak mengandung lemak.

Bagaimana cara membuat tim kacang merah? Pertama-tama, serut jagung muda. Lalu, siapkan tempe secukupnya. Ibu juga harus siapkan kaldu ayam dan mentega.

Cara membuatnya mudah. Campurkan jagung dengan air lalu aduk. Ambil air jagungnya lalu campurkan kaldu ayam dan tempe. Masak hingga menjadi bubur. Setelah menjadi bubur, angkat dan camprkan sedikit mentega. Aduk dan kukus hingga matang. Setelah matang, sajikan ketika hangat.

Jika masih ada sisanya, ibu bisa simpan ke dalam kulkas. Sajikan dengan cara menambahkan air hangat. Mudah, bukan?

Untuk ide menu makanan untuk bayi lainnya, ibu bisa kunjungi situs Ibu dan Balita. Di sana, ada forum ibu di mana para ibu saling berbagi resep makanan untuk sang buah hati. Selain itu, ibu juga akan mendapatkan informasi mengenai bagaimana menjaga kesehatan bayi, bagaimana mengatasi masalah kesehatan yang dialami oleh si kecil, dan lain sebagainya.

Ada juga tempat konsultasi online dengan pakarnya. Ibu bisa bertanya pada dokter anak atau psikolog anak, tergantung pertanyaan apa yang ibu ajukan. Jadi, silakan daftarkan diri ibu di situs Ibu dan Balita agar wawasan ibu lebih kaya lagi. Terdapat update informasi mengenai parenting, psikologi anak, tips memaksimalkan perkembangan anak, dan lain sebagainya berhubungan dengan sang buah hati.

Dan yang pasti, informasi yang ibu dapatkan dari situs tersebut dapat dipercaya. Pasalnya, artikel ditulis berdasarkan riset atau penelitian ilmiah.

Di sana juga ada forum di mana ibu bisa share pengalaman ibu dalam mendidik dan merawat anak. Atau ibu juga bisa bagikan resep makanan bayi untuk ibu-ibu lainnya yang sedang mencari ide menu makanan untuk sang buah hati mereka.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *