Keharusan Melakukan Pemeriksaan USG saat Ingin Mengetahui Perkembangan Janin. Ini Alasannya

perkembangan janin
Ibu dan Balita

Perkembangan janin secara pasti bisa dilihat hanya dengan melakukan pemeriksaan USG. Walaupun demikian, bukan berarti perkembangan tersebut tidak bisa diketahui saat ibu berada di rumah.

Sebenarnya, tanpa harus melakukan pemeriksaan USG, ibu juga bisa tahu tumbuh kembang bayi di dalam kandungan seperti ukuran perut yang semakin membesar serta adanya tendangan yang dilakukan oleh bayi.

Namun, akan lebih jelas jika ibu melakukan pemeriksaan USG. Alat tersebut dibuat untuk memberikan informasi secara visual bagaimana perkembangan janin apakah organ tubuhya sudah berkembang dan juga berapa berat janin.

Pemeriksaan USG Saat Konsultasi dengan Bidan

Apakah bidan bisa melakukan pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan alat USG? Sekarang ini tidak hanya dokter kandungan saja yang memiliki hak serta kemampuan untuk melakukan pemeriksaan menggunakan USG. Bidan pun sekarang ini diperbolehkan untuk mengoperasikan alat USG.

Hal ini dilakukan agar semakin mudah para ibu hamil untuk melakukan mengecekan kondisi perkembangan janin. Banyak sekali ibu-ibu yang tinggal di daerah pedesaan di mana mereka harus pergi ke perkotaan jika ingin melakukan pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan USG. Pasalnya, dulu dokter lah yang diperbolehkan untuk melakukan pemeriksaan USG. Padahal, kebanyakan dokter tinggal di daerah perkotaan.

Sekarang, pemerintah memperbanyak jumlah bidan yang ditempatkan di daerah-daerah pedesan. Hal ini dilakukan untuk memastikan terjangkaunya fasilitas kesehatan khususnya untuk ibu hamil. Selain itu, bertambahnya jumlah bidan juga diharapkan menurunkan jumlah kematian ibu dan bayi di Indonesia.

Akan tetapi, tidak semua bidan bisa melakukan pemeriksaan tumbuh kembang janin dengan menggunakan USG. Hanya bidan yang mendapatkan sertifikasi khusus saja yang boleh menggunakan alat USG tersebut. Bidan harus mendapatkan pelatihan khusus. Kemudian, ia harus lulus dalam uji penggunaan alat USG.

Oleh sebab itu, ibu harus memastikan jika ada bidan yang katanya bisa melakukan pemeriksaan perkembangan janin, ibu harus pastikan bidan tersebut sudah qualified. Artinya, bidan tersebut sudah memiliki pengetahuan dan keahlian khusus dalam melakukan pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan alat USG.

Konsultasi Secara Online

Memang saat konsultasi dengan bidan atau dengan dokter kandungan itu tidak hanya untuk mengetahui kondisi perkembangan bayi di dalam rahim. Konsultasi juga diperlukan untuk memastikan tidak ada masalah dengan kesahatan ibu hamil.

Saat konsultasi, ibu juga akan ditanyakan tentang keluhan apa saja yang dirasakan selama ini. Jadi, tenaga medis entah dokter kandungan atau bidan harus memastikan kesehatan ibu bagus. Hal ini dikarenakan kesehatan ibu sangat menentukan baik atau buruknya perkembangan janin yang ibu kandung.

Dalam hal ini, ibu sebenarnya tidak lagi harus datang ke dokter kandungan atau bidan. Ada fasilitas konsultasi online di mana ibu bisa berkonsultasi tentang kesehatan ibu hamil ketika ibu berada di rumah atau mungkin sedang di kantor. Yang jelas, kapan pun dan di mana pun asalkan ada sumbungan internet, ibu bisa melakukan konsultasi kehamilan.

Apa saja yang bisa ibu konsultasikan? Hampir semua masalah bisa dikonsultasikan termasuk yang berhubungan dengan perkembangan janin. Akan tetapi, jika diperlukan diagnosa secara langsung, konsultasi secara langsung dengan dokter atau bidan diperlukan. Konsultasi kehamilan online hanya untuk mengetahui beberapa kondisi hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan ibu dan janin di mana kondisi tersebut tidak memerlukan pemeriksaan langsung.

Jadi, sekarang ibu akan semakin terbantu dengan adanya konsultasi online maupun konsultasi kehamalian langsung. Yang pasti, ibu harus datang ke bidan atau dokter kandungan untuk memastikan tidak ada masalah dengan perkembangan janin.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *