Kelebihan Menghitung Usia Kehamilan Dengan Metode Tes HCG

menghitung usia kehamilan dengan HCG
www.ibudanbalita.com

Salah satu cara untuk menghitung usia kehamilan adalah melalui tes HCG. Bahkan, ini sangat direkomendasikan untuk dilakukan jika ingin mengetahui usia bayi di dalam kandungan lebih tepat.

Bahkan, ada kelebihan dari penerapan metode tes HCG ini dibandingkan dengan menggunakan metode penghitungan usia kehamilan lainnya. Anda juga perlu tahu apa itu metode tes HCG dan bagaimana penerapannya.

Sekilas Tentang Tes HCG

Apa itu tes HCG? Banyak yang menanyakan tentang hal ini. Hal ini sangat bisa dipahami mengingat ini merupakan cara menghitung usia kehamilan yang jarang dilakukan dan jarang dilakukan. Tidak seperti cara yang lain seperti menghitung dengan kalkulator online.

Lalu, apa itu metode tes HCG? HCG sendiri merupakan singkatan dari Human Chorionic Gonadotropin. Metode ini diterapkan dengan cara mengambil sampel darah atau sampel urin. Dengan menggunakan salah satu sampel, entah itu sampel darah atau urin, usia bayi yang ada di dalam rahim bisa diketahui.

Ada perbedaan antara pemeriksaan menggunakan urin dan darah. Jika menggunakan urin, HCG akan muncul hanya ketika usia kehamilan sudah mencapai usia 3 minggu. Berbeda dengan menggunakan sampel darah. Ini lebih akurat. Bahkan, kehamilan yang sulit dideteksipun bisa diketahui dengan menggunakan HCG dengan darah sebagai sampel.

Selain itu, para ahli kesehatan ibu hamil juga mengatakan kehamilan ektopik bisa diketahui dengan penghitungan usia kehamilan menggunakan HCG. Jadi, inilah kelebihan dari menghitung usia hamil dengan tes HCG.

Perbandingan Antara HCG dengan Kalkulator Kehamilan

Meskipun ada yang sudah tahu tes HCG, ternyata tidak banyak yang menggunakan metode ini. Mereka lebih memilih menghitung usia janin di dalam kandungan dengan menggunakan kalkulator kehamilan.

Mana yang lebih valid? Jika ditanyakan mana yang lebih valid, tidak ada metode yang paling valid. Semuanya hanya bersifat perkiraan saja. Bahkan, tes USG sekalipun tidak bisa memberikan informasi yang sangat valid mengenai usia kehamilan. Hal ini bisa dilihat HPL atau hari perkiraan lahir yang sering meleset.

Oleh sebab itu, banyak wanita hamil yang lebih suka memilih menggunakan kalkulator kehamilan untuk mengetahui usia kehamilan mereka. Semua metode sama-sama tidak memberikan informasi 100% valid. Dan jika mereka memilih untuk menggunakan kalkulator kehamilan, mereka bisa melakukannya sendiri di rumah.

Cukup dengan menggunakan smartphone saja, Anda bisa menghitung usia hamil Anda. Gunakan smartphone Anda untuk membuat situs www.ibudanbalita.com. Di sana ada fasilitas kalkulator kehamilan online yang bisa diakses oleh siapa saja. Dan caranya pun sangat mudah. Anda hanya perlu memasukkan dua data yang diminta, yaitu data mengenai HPHT dan data lama siklus haid.

Apa itu HPHT? Ini merupakan singkatan dari hari pertama haid terakhir. Jadi, Anda harus memasukkan hari pertama di mana Anda haid sebelumnya. Anda harus ingat-ingat lagi harinya. Jangan sampai salah karena ini berhubungan dengan kevalidan informasi mengenai usia kehamilan yang Anda dapatkan nanti.

Mengenai siklus haid, ini yang sering menjadi masalah. Beruntung jika siklus haid Anda teratur. Bagaimana jika siklus haid Anda tidak teratur? Ini juga mempengaruhi hasil dari penghitungan usia kehamilan. Jika siklus haid Anda tidak teratur, Anda bisa ambil rata-ratanya saja.

Dua data tersebut yang perlu Anda masukkan. Anda tinggal klik Lihat Hasilnya dan segera Anda mendapatkan informasi tentang usia kehamilan serta HPL atau hari perkiraan lahir.

Mudah mana antara menghitung usia kehamilan dengan tes HCG dan kalkulator kehamilan?

Setelah Mengetahui Usia Kehamilan

Banyak ibu hamil yang tidak melakukan apa-apa setelah tahu berapa usia kehamilan mereka. Padahal, salah satu tujuan utama setelah tahu usia kehamilan adalah melakukan respon yang tepat.

Setiap usia kehamilan memerlukan treatment yang berbeda. Seperti contoh, saat hamil muda, Anda sangat dilarang mengkonsumsi buah seperti nanas dan durian. Lain hal jika kehamilan Anda sudah mencapai usia trimester kedua dan ketiga. Sesekali Anda boleh mengkonsumsi buah tersebut asalkan jumlahnya tidak begitu banyak. Ini hanya salah satu contoh saja.

Jadi, yang terpenting setelah mengetahui usia kehamilan adalah bawasannya Anda tahu apa yang harus Anda lakukan. Jika kehamilan Anda ternyata sudah memasuki usia trimester kedua, Anda bisa cari tahu apa yang harus Anda lakukan. Pasalnya, saat usia kehamilan mencapai trimester kedua, janin sudah bisa dikatakan sempura, Beberapa organ tubuh sudah terbentuk sempurna. Dengan kondisi seperti ini, Anda harus mencaritahu apa yang harus Anda lakukan.

Informasi mengenai bagaimana menjaga kehamilan bisa Anda dapatkan dari situs Ibu dan Balita. Di sana, banyak sekali artikel ilmiah tentang bagaimana menjaga kehamilan serta bagaimana mengatasi keluhan kesehatan yang sering dialami saat hamil. Lebih dari itu, Anda juga bisa ikut serta di dalam forum diskusi ibu hamil. Atau Anda ingin konsultasi dengan dokter kandungan? Ada fasilitas konsultasi kehamilan online. Jadi, bisa dikatakan semua hal yang terkait dengan kesehatan ibu hamil ada di situs www.ibudanbalita.com.

Kesimpulannya, apapun metode yang Anda gunakan untuk menghitung usia kehamilan, yang terpenting adalah Anda tahu apa yang harus Anda lakukan setelah mengetahui usia bayi di dalam kandungan. Jadi, seharusnya Anda segera browsing tentang bagaimana menjaga kesehatan kehamilan setelah Anda tahu usia kehamilan. Pastikan informasi yang Anda dapatkan tentang ilmu kesehatan kehamilan itu bisa dipercaya. Contohnya saja informasi kesehatan kehamilan yang langsung ditulis oleh ahlinya di situs Ibu dan Balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *