Kenali Jenis Vitamin Untuk Ibu Hamil Yang Harus Selalu Dipenuhi

kehamilan yang sehat
Source: Fit Pregnancy

Memangnya apa saja jenis vitamin untuk wanita hamil yang harus dipenuhi setiap harinya? Jika ingin tubuh serta bayi yang sedang berada di dalam kandungan selalu sehat, ada beberapa jenis vitamin yang mutlak untuk dipenuhi setiap harinya.

Informasi seperti ini sangat penting untuk ibu hamil ketahui. Namun terkadang masih saja banyak ibu hamil yang belum paham dengan hal-hal semacam ini. Namun sebenarnya jika tidak ingin repot, bisa dengan cara mengkonsumsi susu ibu hamil secara rutin.

Sebab kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalam susu untuk ibu hamil bisa mendukung tumbuh kembang bayi yang ada di dalam kandungan menjadi lebih optimal lagi.

Pentingnya Vitamin E Untuk Ibu Hamil

Vitamin bagi ibu hamil yang pertama adalah vitamin E. Vitamin ini merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak maka dari itu tidak bisa disimpan di dalam tubuh. Oleh sebab itu, vitamin E ini harus didapatkan dari luar tubuh, salah satunya adalah dari makanan.

Memangnya apa manfaat vitamin E untuk wanita hamil? Selain dikenal sebagi vitamin pencegah kanker, vitamin E ini juga dikenal memiliki kemampuan mencegah kerusakan sel akibat dari radikal bebes.

Akan tetapi meskipun salah satu jenis vitamin yang sangat penting untuk ibu hamil, tetapi beberapa ibu hamil harus membatasinya. Seperti wanita dengan gangguan kehamilan, memiliki tekanan darah tinggi, para penderita sindrom premenstruasi, dan para penderita kanker payudara.

Sedangkan untuk jumlah vitamin E yang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah 15 miligram per harinya.

Manfaat Vitamin E Untuk Ibu Hamil

Alasan kenapa vitamin E menajdi salah satu jenis vitamin untuk wanita hamil yang penting untuk dipenuhi lantaran banyak sekali manfaatnya, diantaranya adalah:

  1. Sangat baik guna mencegah terjadinya proses pembekuan darah selama masa kehamilan dan setelah persalinan.
  2. Memiliki kemampuan untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil maupun bayi yang sedang dikandungnya.
  3. Membantu menjaga kesehatan kulit ibu hamil, seperti mencegah jerawat, mempertahankan kolagen serta menjaga kulit ibu hamil agar tetap bersinar.
  4. Sangat baik guna mempertahankan kondisi kesehatan kulit, rambut, dan juga dapat mencegah infeksi kulit termasuk diantaranya ruam kulit.

Dampak Kekurangan Vitamin E untuk Ibu dan Janin

Alasan lain kenapa vitamin E ini merupakan vitamin bagi wanita hamil yang sangat penting adalah dikarenakan jika pada masa kehamilan mengalami kekurangan vitamin E bisa menyebabkan:

  1. Menyebabkan masalah kecerdasan untuk otak bayi. Hal ini dikarenakan vitamin E memiliki kemampuan untuk melindungi omega 3 di dalam tubuh bayi, dan omega 3 ini berperan untuk fungsi kecerdasan otak.
  2. Bisa menyebabkan masalah perkembangan pada sistem syaraf, otak, dan mata. Apalagi peran vitamin E ini terbilang cukup besar selama proses perkembangan janin pada 3 bulan pertama.
  3. Potensi ibu dan janin terkena anemia sangat besar.
  4. Bisa menyebabkan beberapa penyakit infeksi selama masa kehamilan yang sangat rentan untuk bayi.
  5. Bayi yang lahir dari ibu yang kekurangan vitamin E berpotensi menderita masalah pertumbuhan pada saat sudah menjadi anak-anak.
  6. Bayi yang lahir dari ibu yang kekurangan vitamin E berpotensi mengalami gangguan kognitif yang umumnya bisa terlihat sebelum bayi berumur kurang dari 2 tahun.
  7. Dan bayi yang dilahirkan dari ibu yang kekurangan vitam E berpotensi mengalami masalah gangguan neurologis seperti halnya adanya kerusakan pada fungsi otot serta masalah perkembangan otot pada jantung.

Pentingnya Vitamin D Untuk Ibu Hamil

Jenis vitamin ibu hamil yang harus selalu dipenuhi berikutnya bernama vitamin D. Vitamin ini adalah jenis vitamin yang larut di dalam lemak. Jumlah vitamin D yang harus dicukupi oleh ibu hamil setiap harinya adalah 4000 IU.

Memangnya apa peran vitamin D untuk ibu hamil sehingga dikatakan sangat penting untuk ibu hamil? Berikut ini adalah beberapa manfaat vitamin D untuk ibu hamil:

  1. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu menjaga tubuh ibu hamil tetap sehat.
  2. Memiliki kemampuan untuk membantu proses pembelahan sel.
  3. Memiliki kemampuan untuk membantu menjaga kesehatan tulang ibu hamil serta membantu proses pembentukan tulang pada janin.
  4. Vitamin D ini diperlukan oleh tubuh guna membantu penyerapan fosfor dan kalsium.
  5. Vitamin D ini memiliki peran penting guna mengurangi resiko preeklampsia pada ibu hamil.

Dampak Kekurangan Vitamin D untuk Ibu dan Janin

Melihat begitu besarnya peran vitamin D pada ibu hamil dan janin yang sudah disebutkan di atas, maka wajar saja jika vitamin D ini disebut sebagai salah satu vitamin penting untuk ibu hamil.

Oleh sebab itu, selalu mencukupi kebutuhan akan vitamin D selama masa kehamilan sangat penting untuk selalu dilakukan. Apalagi ada dampak yang cukup serius jika ibu hamil sampai kekurangan vitamin D, diantaranya adalah:

  1. Bisa menyebabkan permasalah pada pertumbuhan tulang janin seperti halnya penyakit rakhitis pada bayi yang baru lahir. Penyakit rakhitis ini dapat menyebabkan pertumbuhan tulang tidak sempurna dan tulang menjadi mudah patah.
  2. Bisa menjadi penyebab beberapa masalah sperti halnya komplikasi kehamilan, misalnya saja seperti kelahiran bayi prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, diabetes gestasional, dan masalah kesehatan pada bayi lainnya.
  3. Bisa menyebabkan perkembangan jaringan yang buruk pada janin serta resiko tulang bayi lebih lunak.
  4. Bisa menyebabkan beberapa masalah untuk ibu hamil dan janin, seperti penyakit sistem syaraf, kanker, resistensi insulin, penyakit jantung, dan penyakit sistem autoimun.

Yang perlu diingat di sini adalah sebenarnya masih ada beberapa vitamin penting untuk wanita hamil yang tidak bisa diulas di sini. Namun terlepas dari itu semua, melihat peran penting dari vitamin ini, selalu mencukupi vitamin untuk ibu hamil mutlak untuk dilakukan setiap harinya.

 

 

 

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *