Kenali Lebih Lanjut Seputar Senam Hamil

Senam hamil
www.johnsonsbaby.co.id

Senam hamil banyak dilakukan bunda selama masa kehamilan. Meskipun hal ini seringkali memancing perdebatan boleh atau tidaknya melakukan senam rutin pada saat mengandung.

Kilas balik di era viktoria, menurut sejarah, wanita hamil pada jaman viktoria diminta untuk tinggal diam di dalam rumah tidak banyak beraktivitas atau berinteraksi sampai masa kelahiran, karena dikhawatirkan menganggu kondisi janin atau lebih parah lagi, membuat janin ‘penyek’ di dalam rahim apabila bunda terlalu banyak bergerak. Padahal, dengan ilmu modern jaman sekarang, senam hamil ternyata dibutuhkan.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kelahiran bukan hal mudah. Agar tidak terlalu menyakitkan memang disarankan agar para calon ibu mempersiapkan diri, pada awal mulanya, wanita diminta melatih pinggul dan tulang belakang dengan cara melakukan banyak squat. Meski sekarang sudah banyak variasi olah raga yang ditunjukkan khusus untuk ibu hamil baik dengan mengikuti kelas ataupun dengan melihat video pengajaran senam hamil.

Perlu diperhatikan sebelum mulai mencoba dan mempratekkan gerakan apapun, melihat segi kesehatan, ada baiknya wanita hamil telah melalui fase trimester ketiga ketika pertama kali memulai rutinitas senam untuk ibu hamil. Selain itu, tetap berkonsultasi pada dokter apabila ibu hamil memiliki kondisi khusus. Yang dimadsud kondisi khusus, termasuk namun tidak terbatas, adalah :

1. Mengidap penyakit jantung

2. Membran yang terganggu

3. Pada garis keturunan terdapat kelahiran prematur atau ada kemungkinan premature pada bunda

4. ( maaf ) kelamin wanita mengalami pendarahan

5. Pada saat buang air kecil mengeluarkan darah

6. Anemia

7. Hipertensi

8. Masalah janin

9. Mengidap asma

10. Punggung bermasalah

11. Pinggul atau pinggang sering terasa nyeri

12. Sendi sendi sering terasa sakit

Jika ada salah satu saja dari daftar diatas anda alami, segera bicarakan dengan dokter kandungan favorit anda sebelum menentukan program senam kehamilan. Tentunya, dokter yang dipilih harus berpengalaman dengan latar belakang menguasai psikologis otot, kinesthesiology , serta sudah berulang kali menangani wanita wanita maengandung. Dengan berbicara dengan seorang dokter, beliau dapat menentukan langkah terbaik untuk memastikan program senam nantinya berbuah manis dan bukannya berbuah asam. Jika bunda memiliki pelatih pribadi untuk senam, akan sangat bagus jika mempertemukan keduanya agar mampu berdiskusi bagaimana penanganan terbaik yang sekiranya paling aman untuk bunda.

Sebenarnya dengan berolah raga pada saat mengandung, akan memperbaiki postur tubuh. Pada saat kehamilan, tubuh wanita akan membesar beberapa kali lipat sehingga tulang dan otot menempel erat pada satu sama lain dibanding pada saat belum hamil. Hal inilah yang menyebabkan postur menjadi bungkuk, yang mana berujung pada keluhan sakit punggung, hal umum dialami oleh banyak ibu saat masa masa hamil. Dengan berolah raga tubuh menjadi lebih terlatih, dan ruang antar lemak, daging, dan otot menjadi lebih imbang. Keluhan rasa sakit pun jauh berkurang dibanding bunda yang malas menggerakkan tubuh.

Hal kedua yang menyebabkan olahraga menjadi penting adalah kemampuan olah tubuh yang berguna pada saat melahirkan nantinya. Pinggul dan pinggang menjadi lebih fleksibel dan kokoh, tentu sudah diketahui bahwa pinggul adalah jalan utama bagi bayi untuk keluar dari rahim. Dengan pinggul yang terlatih maka proses pendorongan bayi keluar menjadi lebih mudah dan lancar. Dengan demikian kemungkinan persalinan cesar turun hingga beberapa persen.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *