Kenali Perkembangan Janin Bermasalah Sejak Dini

perkembangan janin dalam kandungan
Johnson’s Baby

Ketika mengetahui bahwa Anda hamil pertama kali tentunya perasaan bahagia dan cemas pun terasa campur aduk. Bahagia karena Anda akhirnya dikaruniai seorang buah hati dan cemas karena ini merupakan suatu hal yang baru Anda hadapi dan belum memiliki pengalaman yang cukup.

Tentunya saat hamil yang paling penting adalah Anda memperhatikan perkembangan janin dalam kandungan. Normalnya perkembangan janin akan dibagi dalam 3 trimester yang masing-masing bulan memiliki perubahan sendiri bagi Anda dan juga janin. Namun, bagaimana jika perkembangan janin ternyata bermasalah karena tidak sesuai dengan standar perkembangan pada umumnya? Inilah yang harus di waspadai. Yuk kenali ciri-ciri perkembangan janin bermasalah sejak dini!

Ciri-Ciri Kehamilan Bermasalah

Perkembangan janin yang bermasalah mengakibatkan janin yang dikandung meninggal. Maka ciri-ciri yang dapat diketahui adalah:

  1. Mual dan Muntah yang Berlebihan

Morning sickness memang wajar dirasakan pada setiap ibu hamil pada masa awal kehamilan, namun jika berlebihan kondisi tersebut dapat menjadi berbahaya karena mengganggu asupan makanan untuk janin. Pada kondisi tersebut juga dapat disertai dengan demam yang tinggi dan gangguan konsumsi makanan dan minuman. Maka jika hal ini dirasakan terlalu sering, hendaknya langsung dikonsultasikan ke medis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  1. Rasa Kram Saat Usia Kehamilan Berkisar 1 sampai 3 Bulan

Perubahan pada tubuh Anda karena asupan yang diserap oleh janin tentu akan berdampak langsung seperti kram. Namun kram dengan intensitas yang lama dan sakit yang berlebihan harus diperhatikan karena dapat menjadi pemicu keguguran.

  1. Keluarnya Bercak Merah yang Banyak

Setiap tanda kehamilan bermasalah hampir mirip dengan tanda kehamilan yang normal, maka hendaknya ketika tanda kehamilan muncul harus diperhatikan dengan teliti. Sebagai contoh, munculnya flek merah pada usia kehamilan trimester pertama merupakan hal yang wajar jika memang dalam frekuensi yang normal dan tidak disertai rasa sakit yang berlebihan pada bagian vagina. Maka jika flek merah tersebut di luar kewajaran tersebut maka harus dikonsultasikan.

  1. Rasa Panas Saat Buang Air Kecil

Infeksi saluran kencing dapat mengganggu kondisi ibu hamil dan tandanya adalah munculnya rasa panas saat buang air kecil. Hal ini tidak boleh disepelekan jika sudah dalam frekuensi yang besar, maka kembali lagi jika ciri-ciri ini muncul maka periksalah dan dapatkan penanganan yang cepat untuk kondisi perkembangan janin Anda.

  1. Kontraksi Di Awal Kehamilan

Kontraksi saat melahirkan merupakan tanda lahirnya bayi Anda, namun bagaimana jika kontraksi tersebut terjadi saat trimester kedua? Tentunya ini menjadi hal yang harus diperhatikan karena dikhawatirkan akan terjadinya kelahiran prematur. Jika kondisi ini terjadi, maka hendaknya Anda ambil antisipasi dengan langsung meminta suami Anda bawakan ke dokter.

  1. Terjadinya Pembengkakan

Pembengkakan yang terjadi pada anggota badan seperti kaki, lengan yang dapat mengganggu aktivitas Anda. Maka ketika pembengkakan yang muncul pada bagian yang tidak wajar ataupun sangat mengganggu kegiatan Anda, segera hubungi dokter kandungan Anda untuk mengetahui jenis masalah pada kehamilan Anda.

  1. Kegiatan Bayi Dalam Kandungan Stagnan

Setiap tahap perkembangan janin dalam kandungan tentunya memiliki pertumbuhan tersendiri. Maka perhatikanlah setiap perkembangan janin pada setiap trimester kehamilan. Jika ternyata tidak ada pergerakan ataupun perkembangan yang signifikan pada janin dalam kandungan Anda, cobalah untuk melakukan USG untuk melihat keadaan janin yang sebenarnya dan lebih memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi untuk membantu perkembangan janin.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *