Kenapa Ya Si Kecil Susah Sekali Belajar Bicara?

belajar bicara
Ibu dan Balita

Belajar bicara anak menjadi momen yang sangat membanggakan bagi ibu sebagai orang tua. Ibu akan merasa bahwa perkembangan balita sudah sangat baik sekali sehingga pantas jika ibu merasa sangat senang.

Sayangnya tidak semua orang tua bisa merasakan rasa senang seperti yang ibu rasakan. Balita mereka sudah berusia hampir atau sudah melebihi 2 tahun namun belum mulai ada tanda-tanda belajar bicara. Kenapa bisa seperti itu?

Setiap Balita Berbeda

Ini adalah satu hal yang harus dipahami oleh setiap orang tua. Jika ibu memiliki balita yang sepertinya perkembangannya sedikit terlambat dibandingkan dengan balita lain, ibu tidak perlu khawatir karena setiap balita memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan asupan gizi, perkembangan organ, serta banyak lagi faktor lain yang membuat perkembangan setiap balita berbeda, terutma pada saat balita mulai belajar bicara.

Sayangnya, kebanyakan orang tua membanding-bandingkan balita mereka dengan balita lain. Mereka menganggap jika balita mereka tidak seperti balita lain, itu artinya perkembangannya bermasalah.

Jika ibu juga menganggap hal tersebut benar, sebaiknya ibu berubah pikiran sekarang juga. Jangan memaksakan balita ibu seperti balita lain. Ketika ia sudah dewasa, jangan pula menyamakan apalagi membandingkan anak ibu dengan anak yang lain.

Lebih Suka Isyarat dengan Tangan daripada Bicara

Salah satu tahap anak belajar bicara adalah ketika si kecil mulai mengeluarkan bunyi-bunyian yang terdengar seperti ocehan. Ini merupakan tahap yang perlu ibu banggakan. Balita 1 tahun hingga menginjak 2 tahun biasanya sudah mulai mengoceh.

Bagaimana dengan balita yang lebih sering memberikan isyarat ketika meminta sesuatu? Sebenarnya itu adalah hal yang wajar. Yang ibu perlu lakukan adalah mengajarkan bagaimana mengucapkan nama benda yang ditunjuk oleh si kecil. Jika ibu sering melakukan hal tersebut, maka si kecil akan lebih cepat dalam proses belajar bicara.

Ada juga balita yang lebih sering menangis dan berteriak ketika menginginkan sesuatu. Itu juga hal yang wajar. Ibu jangan berpikir bahwa si kecil malas atau mengalami keterlembatan dalam belajar bicara. Dalam proses belajar berbicara, balita membutuhkan waktu yang cukup lama. Dan yang penting untuk dipahami bahwa perkembangan setiap balita itu berbeda-beda.

Hal yang Perlu Dikhawatirkan

Seperti penjelasan di atas, ada tahap anak belajar bicara, mulai dengan mengeluarkan bunyi tertentu, mengoceh, memberikan isyarat, dan juga berteriak. Itu merupakan bagian dari proses belajar bicara. Jika hal tersebut terjadi pada si kecil, ibu tidak perlu takut.

Yang perlu ibu khawatirkan adalah ketika si kecil tidak merespon ketika ibu mencoba untuk berkomunikasi. Ada kemungkinan ia mengalami masalah pada pendengarannya. Jika hal tersebut terjadi, maka si kecil mungkin akan mengalami masalah juga terhadap proses belajar berbicaranya. Apakah hal tersebut juga dipengaruhi oleh nutrisi yang ibu berikan selama masih ada di dalam kandungan? Hal tersebut bisa saja terjadi. Itulah mengapa saat hamil, ibu harus memperkaya wawasan tentang info ibu hamil agar janin berkembangan dengan baik dan ketika lahir nanti tidak ada masalah dengan tumbuh kembangnya.

Untuk itu, ada baiknya ibu langsung berkonsultasi dengan dokter anak jika ada tanda-tanda seperti itu. Lakukan juga konsultasi jika balita sudah lebih 2 tahun namun susah sekali untuk diajak berkomunikasi. Itu artinya si kecil mengalami masalah dengan komunikasi.

Dari keterangan tersebut di atas, jelas sudah bahwa setiap balita memiliki halangan tersendiri dalam perkembangannya, khususnya dalam hal belajar berbicara. Untuk itu, diperlukan peran serta ibu sebagai orang tua agar proses belajarnya tersebut lebih efektif. Selain juga memberikan nutrisi yang baik melalui makanan bergizi serta susu balita, ibu juga harus hadir dan memberikan stimulus agar si kecil lebih cepat dalam proses belajar bicara.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *