Kesehatan Balita Terganggu Karena Benda-Benda Di Dalam Rumah

kesehatan anak
Ibu dan Balita

 

Kesehatan balita sering sekali dihubungkan dengan nutrisi yang ibu berikan dari makanan dan minuman setiap hari. Namun, tahukah ibu kesehatan si kecil juga bisa terganggu karena barang-barang yang ada di dalam rumah?

Tidak banyak orang tua yang menyadari satu hal ini. Umumnya, mereka lebih fokus untuk menjaga kesehatan anak dengan cara memberikan makanan dan minuman bernutrisi tinggi saja. Selain itu, mungkin saja mereka menjaga kesehatan lingkungan dengan cara memastikan lingkungan selalu bersih, terutama rumah. Namun, apakah mereka sadar bahwa ada benda-benda yang sering digunakan di dalam rumah tapi justu membahayakan kesehatan balita?

Barang Rumah Tangga yang Sebaiknya Tidak Ibu Beli

Sering kali orang tua salah kaprah. Inginkan menciptakan suasana rumah yang bersih dan nyaman agar perkembangan balita tidak terganggu. Begitu juga dengan kesehatannya. Sayangnya, justru mereka membeli barang-barang yang bisa menganggu kesehatan anak.

Contohnya saja obat nyamuk semprot. Untuk ibu yang tinggal di daerah di mana banyak sekali nyamuk, tentu ibu tidak ingin nyamuk menggigit si kecil, bukan? Apalagi ketika musim hujan tiba di mana nyamuk penyebab demam berdarah lebih ganas. Salah satu cara agar si kecil tidak digigit nyamuk dan tidak terkena demam berdarah dengan cara menyemprotkan obat nyamuk.

Ternyata, cara tersebut bukan cara yang tepat. Bahkan, cara tersebut bisa menganggu kesehatan anak. Hal ini disebabkan kandungan berbahaya yang ada di dalam obat nyamuk bisa tersedot oleh si kecil sehingga ia bisa mengalami sesak nafas, penyakit pada paru-paru, dan lain sebagainya.

Benda lain yang dianggap sepele tapi bisa mengganggu kesehatan balita adalah obat. Apakah ibu sering memberikan obat untuk balita ketika si kecil sakit? Sebaiknya ibu tidak melakukannya lagi. Pasalnya, belum tentu obat yang ibu beli dari apotek itu cocok untuk diberikan untuk si kecil. MemangĀ  pada label tersebut tertulis untuk balita. Namun, apakah ibu yakin obat tersebut bisa mengatasi masalah yang ia alami?

Sebaiknya ibu memeriksakan ke dokter anak terlebih dahulu jika ada masalah dengan kondisi kesehatan anak. Dengan demikian, ibu bisa mendapatkan resep obat. Hal ini diperlukan untuk memastikan si kecil mendapatkan obat yang sesuai dengan kondisi yang ia alami.

Bahkan ibu juga tidak disarankan mengawasi sendiri kondisi kesehatan anak saat ia diharuskan menjalani perawatan rawat jalan. Apalagi jika sudah dipastikan bahwa si kecil mengalami keracunan. Maka, jangan sampai ibu memberikan obat sembarang. Bisa jadi, obat tersebut bisa memperburuk keadaan.

Menjadi Orang Tua yang Bijak

Jika ibu ingin sekali menjadi orang tua yang bijak dan memperhatikan kondisi serta perkembangan sang buah hati, maka sebaiknya ibu sebaiknya bergabung dengan forum ibu dan balita. Di sanalah ibu akan mendapatkan informasi seputar kondisi kesehatan anak dan bagaimana menangani ketika kondisi kesehatannya drop. Ini merupakan cara yang paling tepat dan bijak sehingga ibu bisa mendapatkan informasi ketika pada kondisi tertentu ibu membutuhkan informasi seputar kesehatan anak.

Ibu juga bisa berinterakasi dengan sesama ibu dan bahkan pakar kesehatan anak yang mengelola forum tersebut. Setidaknya, ibu bisa mengetahui apa yang sebaiknya ibu lakukan. Ibu juga tahu kondisi yang dialami oleh si kecil itu berbahaya atau tidak. Apakah ibu perlu memeriksakan ke dokter anak atau tidak. Jadi, banyak manfaat yang ibu bisa dapatkan dari forum ibu dan balita, terutama seputar kesehatan anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *