Ketahui Perubahan dan Perkembangan Janin 4 Bulan di Dalam Kandungan

Perkembangan Janin 4 Bulan
Source: livescience.com

portalgayahidup.com – Usia kandungan yang memasuki usia 4 bulan berarti telah memasuki tahap trimeser kedua yang berakhir pada bulan ke 6. Tentu janin yang telah berusia 4 bulan terus menerus mengalami perubahan dan perkembangan. Janin yang berada di dalam kandungan akan semakin tumbuh dan berkembang seiring waktu yang berjalan. Pada usia ini bentuk janin akan semakin jelas dan tumbuh menyerupai bayi. Bagian-bagian tubuhnya pun juga semakin terbentuk dengan jelas. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana tumbuh kembang janin, bunda harus menyimak artikel berikut ini mengenai perkembangan janin 4 bulan di dalam kandungan.

Yang namanya janin yang hidup di dalam kandungan, pasti akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Apalagi jika sudah berusia 4 bulan, pasti banyak perubahan yang terjadi pada janin. Jika pada bulan-bulan sebelumnya, janin masih dalam bentuk yang kurang jelas atau masih berupa gumpalan darah maka pada bulan ini bentuk janin sudah mulai terlihat dengan jelas. Selain itu janin juga sudah mulai melakukan pergerakan-pergerakan kecil yang dapat bunda rasakan.

Perubahan Fisik Pada Pertumbuhan Janin 4 Bulan.

Banyak orang yang mengatakan bahwa ketika janin telah berusia 4 bulan, janin yang ada di dalam kandungan mulai bisa berinteraksi. Artinya pada bulan ke 4 kehamilan ini, bunda sudah bisa merasakan pergerakan kecil janin atau melihatnya dilayar monitor ketika melakukan USG. Perubahan fisiknya pun juga bisa dilihat dan mulai berbentuk seperti layaknya bayi. Ukuran tubuh pada janin mulai membesar. Kepalanya sudah terbentuk namun belum sempurna, begitu pula dengan bagian tubuh lainnya, kaki dan tangan misalnya yang masih berukuran sangat kecil dan belum terbentuk sempurna. Bagian detail tubuh sang janin pun sudah mulai berada di posisinya misalnya saja mata dan telinga yang pada bulan sebelumnya belum berada persis di posisi yang sebenarnya.

Mengenal Perkembangan Janin 4 Bulan.

Ketika baru mulai memasuki pada 4 bulan kehamilan, janin yang berada di kandungan masih berukuran kecil dan ringan yaitu sekitar 7 hingga 8 cm dan berat hanya berkisar 25 gram. Namun, pada trimester kedua ini janin akan mengalami perubahan dan perkembangan yang cukup cepat. Janin akan tumbuh hingga berukuran 100 gram pada tahap ini. Selain berat dan ukuran bayi, bagian-bagian tubuh juga mengalami perubahan yang signifikan. Bagian tubuhnya mulai tumbuh mulai dari kepala, tangan hingga kaki akan semakin menunjukkan bentuknya yang sempurna meskipun masih berukuran kecil.

Bahkan, organ-organ dalam tubuh juga mulai menunjukkan bentuknya yaitu misalnya hati, usus, paru-paru, jantung, dan organ-organ dalam lainnya. Dengan semakin bertumbuhnya anggota dan organ bayi maka pada saat ini lah janin mulai bisa menggerak-gerakkan tubuhnya, kaki misalnya. Ketika janin memasuki minggu ke 14 maka janin akan berada di posisinya. Ukurannya akan bertambah menjadi 9 cm dan beratnya bisa mencapai 35 gram. Pada minggu ini juga bayi akan mulai bisa merasakan reaksi-reaksi dari sang ibu misalnya ketika ibu mengusap-usap perut bagian bawah, sang bayi sudah bisa memberikan respon balik meskipun sangat sulit dirasakan oleh ibu secara langsung.

Janin yang memasuki usia 15 minggu akan mengalami perkembangan dan perubahan yang lebih jelas. Yaitu misalnya berat badan bayi yang semakin berat yaitu mencapai 70 gram. Pada minggu ini, perubahan fisik terjadi bukan lagi pada bentuk bayi, namun lebih ke detail-detail bagian tubuh bayi. Misalnya mulai tumbuh bulu mata atau alis. Selain itu, pada minggu ke 15 ini, alat kelamin bayi mulai terbentuk namun memang belum secara jelas terlihat. Jadi, untuk dapat mengetahui jenis kelamin sang bayi, Anda harus menunggu dan bersabar karena bentuknya belum jelas.

Pada usia janin yang ke 16 minggu, perkembangan dan pertumbuhan janin semakin cepat terjadi. Bayi mulai bisa bergerak dengan lebih kuat daripada minggu-minggu sebelumnya. Bunda bisa merasakannya ketika mengelus perut bagian bawah karena bayi akan meresponnya. Pada permukaan tubun atau kulit bayi sudah mulai tumbuh bulu-bulu halus. Bentuk dan fungsi plasenta pun sudah mulai sempurna dan dapat menyalurkan makanan dari ibu ke janin. Perubahan fisik yang terjadi pada janin jelas sangat terlihat pada minggu ke 16 ini. Bunda bisa melihatnya ketika melakukan USG namun memang, bentuknya belum nampak jelas di layar monitor.

Selain perubahan dan perkembangan pada janin, ternyata sang ibu pun juga mengalami perubahan terutama pada fisik. Perut bunda akan semakin membesar seiring bertambahnya usia kandungan. Selain itu, puting sang ibu pun sudah mulai berwarna gelap. Tubuh bagian dalam sang ibu juga akan mengalami perkembangan yang mendukung tumbuh kembang sang janin. Organ dalam sang ibu pun mengalami perubahan yang siginifikan. Misalnya, bagian jantung yang bergerak dan bekerja lebih keras dari biasanya yang sehingga dapat menyuplai darah pada janin dan mendukung pertumbuhan sang janin. Jangan kaget jika berat badan bunda semakin meningkat dan sering mengalami morning sickness karena hal tersebut adalah wajar terjadi.

Masa kehamilan tentu menjadi momen-momen penting bagi ibu, salah satunya adalah mengetahui bagaimana perkembangan janin ketika memasuki usia 4 bulan karena pada usia ini janin mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang cukup cepat. Lakukan monitoring perkembangan janin 4 bulan untuk selalu mengetahui bagaimana tumbuh kembang sang buah hati di dalam kandungan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *