Kiat Melakukan Perawatan Bayi Untuk Menjaga Kesehatan Dan Pertumbuhannya

Perawatan bayi yang baru saja dilahirkan ataupun sudah tumbuh kembang dengan baik bukan masalah yang mudah. Buah hati yang baru dilahirkan masih dalam keadaan lemah dan masih sensitif sehingga perawatan untuk bayi ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Perawatan yang keliru nantinya akan mempengaruhi keadaan buah hati. Malahan bisa muncul hal-hal yang tidak diinginkan seperti sering sakit dan lain sebagainya.

Konsekuensi yang akan didapatkan adalah tumbuh kembangnya terganggu. Dan ini menjadi masalah yang serius yang diakibatkan oleh tidak tahunya Ibu mengenai bagaimana caranya merawat buah hati.

Berbeda ketika Ibu tahu bagaimana memperlakukan buah hati. Masalah seperti sakit dan terganggunya tumbuh kembang bayi jelas akan sirna. Nah, bagaimana caranya? Mari simak tips perawatan bayi di bawah ini!

Ciptakan Lingkungan Yang Sehat Dan Nyaman

Lingkungan yang sehat akan mendukung bayi untuk tumbuh dan berkembang secara sempurna. Hal ini tentunya menjadi peringatan serius yang mana wajib Ibu sediakan.

Menciptakan suasana lingkungan yang sehat bisa dengan cara membuatkan tempat yang bersih dan nyaman. Misalnya, membuat tempat tidur bayi dengan asesoris-asesorisnya.

Di dalam menciptakan kamar tidur ini, Ibu bisa menyesuaikan pada jenis kelamin buah hati. Kemudian baru membeli sesuatu yang akan melengkapi kamar tidur tersebut.

Selain itu, upayakan supaya kamar tidur tersebut memiliki sirkulasi udara yang cukup, bebas dari polusi seperti asap rokok. Tujuannya adalah untuk memberikan kesan bayi yang tidak rewel saat ditidurkan.

Pastikan Membuat Suasana Nyaman Saat Berada Dekat Dengan Bayi

Bayi sehat adalah bayi yang memiliki kondisi fisik dan psikis yang sehat. Kondisi fisik memang bisa dilihat secara langsung setelah bayi dilahirkan, namun kondisi psikis inilah yang masih belum terlihat.

Masalahnya, kondisi psikis bayi ini bisa dipengaruhi oleh suasana yang Ibu buat. Maksudnya, buah hati akan tahu apa yang orang tua rasakan karena ada keterikatan sendiri. Oleh karenanya, pastikan Ibu selalu dalam keadaan baik secara mental selama dekat dengan buah hati.

Jika Ibu sering emosi, maka pengaruhnya akan jatuh langsung pada si buah hati. Dan inilah yang akan memicu masalah terganggunya kondisi psikis buah hati yang akan berlangsung sampai dewasa nanti.

Mandikan Buah Hati Dengan Benar

Memandikan buah hati adalah kegiatan rutin yang harus dijalani oleh orang tua. Tujuannya adalah untuk membersihkan diri bayi dari kuman dan bakteri lainnya.

Ketika Ibu melakukannya, pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati, dan pastikan untuk menggunakan bahan-bahan yang baik untuk kulit seperti bahan yang kaya akan kandungan vitamin E.

Bahan untuk memandikan bayi ini ditujukan untuk membuat kulit bayi tetap terjaga kelembabannya sehingga kulitnya tetap sehat.

Untuk mencarinya, Ibu bisa membeli sabun yang cocok digunakan untuk memandikan bayi tersebut di toko yang terpercaya.

Setelah proses memandikan selesai, keringkan dengan kain yang lembut. Kemudian bedakilah dengan bedak yang cocok untuk kulit bayi.

Berilah ASI Ekslusif

Untuk mendukung tumbuh kembangnya, Ibu memang diwajibkan untuk memberikan ASI Ekslusif setiap harinya, khususnya pada waktu buah hati baru dilahirkan.

Pemberian ASI ini nantinya akan memberikan asupan paling bergizi bagi buah hati, dan tentunya lebih hebat bila dibandingkan dengan susu formula.

Pasalnya, ASI memang mengandung nutrisi lengkap buat bayi secara alami dari Ibu. Bukan dari susu formula buatan yang normalnya akan jauh lebih rendah kualitasnya dibandingkan ASI.

Nah, jika Ibu memang ingin melihat buah hati yang Ibu lahirkan tumbuh besar dan sehat, tidak salah jika Ibu menerapkan perawatan bayi tersebut.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *