Kiat Membantu Perkembangan Balita untuk Bersekolah

perkembangan balita
Ibu dan Balita

Perkembangan balita merupakan suatu hal yang harus diperhatikan oleh orangtua, terutama jika menginginkan sang buah hati untuk siap bersekolah. Maka sebaiknya Anda sebagai orangtua mulai membantu buah hati dengan melakukan berbagai aktifitas untuk melatihnya agar siap sekolah.

Umur bukanlah indikator bagi seorang anak siap sekolah, melainkan tanda ia siap bersekolah adalah siapnya ia bermain dengan teman tanpa ada orangtua dan menolong diri sendiri. Nah, ketika ia sudah mulai menunjukkan tanda-tanda tersebut maka ia sudah siap sekolah. Berikut ada beberapa kiat untuk melatih perkembangan balita agar ia siap masuk sekolah.

  1. Mengajaknya Bermain dengan Teman Sebaya

Ajaklah anak anda untuk bermain bersama teman sebayanya dengan mengundang 2 anak sebaya perempuan dan laki-laki ke rumah. Ajaklah ia untuk dapat saling berinteraksi dengan mereka tanpa Anda ikut campur namun tetap Anda awasi dari jauh. Jika memungkinkan, lakukan kegiatan ii secara rutin dan sebelumnya ketika ia bermain, beritahukan ia bahwa teman-temannya akan bermain dengan mainan miliknya sehingga ia harus dapat saling berbagi dan bermain bersama. Hal ini dilakukan untuk mengajarkan anak Anda bersosialisasi dan membangun sikap berbuat baik pada orang lain.

  1. Membuat Anak Membereskan Mainan Sendiri

Ketika anak Anda sedang bermain, tentunya terkadang akan ia tinggalkan saja tanpa membereskannya. Maka dari itu, untuk melihat perkembangan balita Anda, sediakanlah wadah, kotak atau lemari khusus untuk menyimpan mainan. Saat ia selesai bermain, berikanlah contoh dengan mengembalikan barang ke tempatnya dan membuatnya dapat membereskan mainannya sendiri ke tempat yang telah di sediakan. Manfaat dari melakukan ini adalah membantu balita untuk mandiri, tertib dan bertanggung jawab terhadap mainannya sendiri. Jangan lupa memujinya jika ia sudah membereskannya dengan baik.

  1. Membuat Jadwal

Jadwal sekolah dari guru tentu harus diikuti oleh anak jika nanti ia mulai sekolah, maka dalam mempersiapkannya, hendaknya Anda membuat jadwal kegiatan sehari-hari balita dan dipasang di tempat yang sering dilihat balita. Cobalah untuk menyisipkan kegiatan mainan sekolah-sekolahan dalam jadwal balita sehingga ia mulai mendapatkan gambaran akan bagaimana suasana sekolah. Masukkan juga jadwal tidur siang dan malam agar ia dapat melaksanakan berbagai kegiatan dengan segar.

  1. Membuat Anak Ke Toilet Sendiri

Perkembangan balita yang dapat terlihat jika ia sudah siap masuk sekolah adalah dengan kemandiriannya untuk pergi ke toilet sendiri. Biasakan ia untuk buang air di kamar mandi. Berikanlah juga pemahaman kepadanya bahwa ia harus mengatakan keinginannya jika ingin buang air. Dengan memberikannya pemahaman dan pengajaran yang cukup untuk dapat pergi ke toilet sendiri, maka balita pun akan sadar bahwa ia harus mandiri dan percaya diri jika memang ia ingin pergi ke toilet. Selain itu, ia juga akan belajar menjaga kebersihan dan kesehatan. Lulus toilet training juga biasanya merupakan salah satu syarat yang diajukan oleh pihak sekolah. Maka ajarkanlah anak Anda sampai lulus toilet training ya!

Ketika Anda sudah melakukan kiat diatas, maka tinggal menunggu hasilnya apakah buah hati Anda akan terbiasa dan melakukannya kembali. Jika memang sudah bisa ia lakukan sendiri tanpa perlu Anda bimbing lagi, maka sudah cukuplah perkembangan balita Anda untuk memasuki jenjang sekolah.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *