Kini Tidak Perlu Takut Mual Lagi Saat Mengonsumsi Susu Ibu Hamil

susu ibu hamil
Ibu dan Balita

Susu ibu hamil terkadang menjadi hal yang ditakutkan oleh para ibu hamil karena takut akan berakibat mual dan muntah. Padahal para ahli kesehatan menyarankan para ibu hamil untuk mengkonsumsi susu ibu hamil sebagai tambahan vitamin dan mineral dalam tubuh yang bermanfaat bagi ibu dan juga perkembangan janin.

Walaupun sudah mengetahui fakta tersebut, sayangnya opini susu khusus ibu hamil yang dapat membuat mual dan muntah masih ada dalam pikiran para ibu hamil yang memilih untuk menghindari konsumsi susu ibu hamil.

Untuk konsumsi susu ibu hamil sebaiknya dilakukan saat masa awal kehamilan dan meminumnya sebanyak 2 gelas susu perhari. Hal ini akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan otak janin dan pertumbuhan tulang. Kandungan asam folat, kalsium ekstra, yodium, vitamin C, B1, B6 dan juga kandungan DHA dan AA sudah tentunya lengkap bagi nutrisi ibu hamil dan janin. Karena itulah, bagi ibu hamil yang masih meragukan pentingnya meminum susu ibu hamil karena faktor mual dan muntah, berikut akan diberi beberapa tips menghindari mual dan muntah saat mengkonsumsi susu ibu hamil:

  • Aturlah Takaran Susu

Ketika Anda merasa mual saat meminum susu ibu hamil, maka tips pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengatur takaran susu dari pertama sampai Anda akhirnya terbiasa. Sebagai contoh, cobalah untuk membuat susu dengan takaran 1 sdm susu khusus ibu hamil dengan menambahkan air hangat atau dingin sebanyak 1/3 gelas. Konsumsilah pertama kali pada malam hari dan cobalah untuk meminum takaran ini selama 5 hari ke depan. Selanjutnya setelah Anda sudah mulai terbiasa, tambahkan takaran Anda menjadi 2 sdm susu ibu hamil dengan air sebanyak 2/3 gelas dan gantilah waktu minumnya menjadi pagi atau siang. Setelah Anda mulai terbiasa, cobalah untuk menambahkan takaran dan meningkatka frekuensi minumnya baik pada pagi dan malam hari.

  • Minumlah Susu Ibu Hamil Setelah Makan

Meminum susu ibu hamil saja mungkin akan membuat Anda merasa mual karena hanya susu yang masuk ke dalam tubuh. Siasat lainnya yang dapat dilakukan untuk menghindari mual saat meminum susu ibu hamil adalah untuk meminumnya setelah makan di pagi hari. Aturlah konsumsi minumnya dengan takaran yang telah disesuaikan seperti cara di poin sebelumnya. Apabila Anda merasa kenyang, maka minumlah dengan porsi yang kecil dan minum sekaligus. Biasanya yang dikeluhkan oleh para ibu hamil adalah bau amis saat meminum susu, padahal sebenarnya bau amis tersebut hanyalah respon tubuh saat hamil yang tidak terbiasa meminum susu khusus ibu hamil. Jadi usahakanlah untuk rutin meminum susu ibu hamil walaupun sedikit.

  • Minumlah Susu Ibu Hamil yang Cocok

Dengan berbagai pilihan susu ibu hamil yang kini banyak dijual di pasaran, tentunya seharusnya Anda tidak perlu bingung lagi untuk memilih susu ibu hamil yang cocok. Tidak mengapa jika Anda mengganti susu ibu hamil Anda karena belum cocok, namun sebaiknya pilihlah susu ibu hamil yang memiliki varian rasa yang cocok untuk Anda, seperti jika Anda biasanya menyukai susu rasa coklat, maka cobalah cari susu ibu hamil yang rasa coklat yang sesuai untuk Anda. Jika terdapat rasa lainnya yang mungkin cocok untuk Anda dan tidak membuat mual, maka Anda telah menemukan susu ibu hamil yang cocok. Selain rasa, dalam penyajiannya pun Anda dapat memvariasikannya. Jika Anda merasa mual dengan meminum susu ibu hamil yang disajikan hangat atau panas, maka cobalah untuk membuat varian seperti smoothies dengan bahan dasar susu ibu hamil atau membuat susu ibu hamil yang dingin dengan menambahkan es batu.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *