Kok Susah Sekali Mengajar Anak Belajar Jalan

belajar jalan
Ibu dan Balita

Belajar jalan ternyata bukan proses yang mudah bagi anak. Tidak sedikit anak yang akhirnya susah sekali jika diajak untuk mulai berdiri dan berjalan selangkah demi selangkah. Apakah ibu juga mengalami pengalaman yang sama seperti itu?

Jika usia sang buah hati sudah memasuki 1 tahun, sebenarnya ia sudah harus bisa berjalan lho. Setidaknya ia sudah mulai bisa tegak berdiri dan melangkahkan kaki untuk belajar jalan. Meskipun perkembangan anak itu berbeda-beda, setidaknya pada usia 1 tahun struktur tulangnya sudah kuat sehingga sudah bisa untuk diajak berjalan.

Jika ternyata balita ibu belum bisa mulai belajar berjalan, ibu perlu tahu cara memotivasi si kecil agar mau berjalan. Karena pada dasarnya, proses belajar berjalan itu sama seperti proeses belajar bicara di mana diperlukan motivasi dan stimulus. Lalu, apa yang harus ibu lakukan agar si kecil bisa termotivasi untuk mulai belajar berjalan?

Menggunakan Mainan

Si kecil pasti memiliki mainan yang ia sukai, bukan? Seperti boneka, balon, bola, dan lain sebagainya. Atau mungkin ia lebih suka benda tertentu seperti pena, sendok, atau botol? Setiap balita memiliki kesukaan terhadap sesuatu dan hal tersebut tidak mesti berbentuk mainan. Yang jelas, ibu bisa menggunakan sesuatu yang membuat sang buah hati tertarik sebagai alat untuk memotivasi si kecil untuk belajar jalan.

Caranya sangat mudah. Ibu bisa tempatkan sesuatu tersebut di tempat yang letaknya tidak terlalu jauh dari si kecil. Biarkan si kecil mengambil benda tersebut namun ibu harus pastikan ia berdiri dan berjalan ya. Jangan sampai si kecil mencoba mengambil benda tersebut dengan cara merangkak.

Untuk menerapkan tips yang satu ini, mungkin ibu perlu bantuan suami ibu. Jadi, salah satu dari ibu atau suami yang memegang dan membantu si kecil berdiri dan yang lainnya berada membawa benda yang si kecil sukai. Lakukan terus menerus dan lihat hasilnya. Si kecil akan mulai terbiasa belajar jalan.

Membawa ke Tempat yang Menarik

Menerapkan tips di atas bisa saja membuat si kecil bosan. Apalagi ibu lebih sering mengajak anak ibu untuk beraktifitas di dalam rumah. Tentu saja membosankan.

Agar si kecil ceria dan lebih bersemangat untuk belajar jalan, ibu bisa mengenalkan suasana yang baru. Seperti contoh, ibu bisa mengajak si kecil ke luar rumah dan bermain di taman bermain. Biasanya, di taman bermain, ia akan bertemu dengan banyak anak lainnya. Suasananya yang longgar pun bisa membuatnya leluasa untuk berjalan, bukan?

Akan tetapi, ibu harus lebih waspada ya, apalagi jika banyak anak yang sudah dewasa yang bermain dan berlari. Jangan sampai si kecil jatuh tertabrak ya. Selain itu, karena ia baru mulai belajar jalan, pastikan ibu memilihkan sepatu yang tepat ya. Carilah sepatu yang ukurannya pas sesuai dengan kaki si kecil. Usahakan ibu memilih sepatu, bukan sandal. Sepatu tidak mudah copot dibandingkan dengan sandal. Perhatikan juga dasar sol yang datar agar mempermudah si kecil dalam belajar berjalan.

Jadi dua hal tersebut patut untuk ibu coba. Intinya adalah buat si kecil ceria dan bersemangat untuk mulai belajar berjalan. Jika selama ini ibu sudah memberikan nutrisi yang tepat dan mengaplikasikan perawatan bayi yang sesuai dengan anjuran dokter anak, pastinya kondisi kesehatannya sudah bagus, perkembangan fisiknya sudah siap sehingga si kecil bisa mulai belajar jalan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *