Kondisi Kesehatan Bayi dan Balita Setelah Mudik Menurun? Ini yang Sebaiknya Ibu Lakukan

kesehatan bayi dan balita
Friso Indonesia

Mudik lebaran sudah selesai. Kini tinggal kembali ke rutinitas. Tapi sepertinya ibu tidak bisa langsung melakukan aktivitas seperti sediakala lantaran si kecil rewel terus. Apa ini akibat kecapekan karena mudik?

Tentu hal tersebut bisa saja terjadi. Lalu, apa yang harus ibu lakukan?

Bagi orang dewasa, mudik juga melelahkan, bukan? Apalagi buat si kecil. Tentu sangat melelahkan juga.

Masalah yang Sering Dialami Si Kecil Setelah Mudik

Bagi bayi, kebanyakan akan mengalami susah buang air besar. Hal ini bisa juga disebabkan oleh kelelahan. Apalagi jika perjalanan yang harus ditempuh selama mudik mencapai satu hari. Kondisi di dalam mobil yang terus bergerak dan selalu ada getaran membuat tubuhnya yang masih ringkih menjadi mudah lelah. Dan kondisi ini membuat anak susah makan dan mengalami susah BAB.

Adanya juga bayi yang mengalami diare. Hal ini sering dialami bayi yang selama perjalanan bayi tersebut tidak mendapatkan makanan yang berserat. Kebanyakan orang tua memilihkan makanan yang mudah dibuat saat berkendara. Makanan seperti bubur instan menjadi opsinya.

Hal ini juga bisa terjadi pada balita. Mudik selalu menginggalkan masalah kesehatan bayi dan balita. Meskipun demikian, mudik menjadi kegiatan paling menarik karena ibu dan keluarga bisa bertemu dengan saudara yang sudah lama tidak bertemu.

Treatment untuk Bayi dan Balita Setelah Perjalanan Mudik

Kebanyakan bayi dan balita mengalami masalah kesehatan. Sayangnya, ada masalah di mana orang tua tidak tahu akar permasalahnnya. Bayi atau balita mereka hanya rewel saja. Sering menangis dan tidur di malam hari tidak nyenyak.

Orang Jawa bilang bayi tersebut keteliyer, kecetit, dan masih banyak istilah jawa lainnya. Istilah dalam bahasa Indonesia adalah keseleo (walaupun padanan kata ini kurang begitu cocok).

Yang pasti, karena getaran selama berada di atas kendaraan membuat tubuh si kecil lelah da nada bagian tubuhnya yang merasa nyeri.

Sayangnya, balita yang belum bisa berbicara tidak bisa mengungkapkan hal tersebut. Yang bisa ia lakukan hanya menangis saja.

Oleh sebab itu, setelah mudik, ibu sebagai orang tua sebaiknya langsung membawa si kecil ke therapist. Di sana, si kecil akan mendapatkan treatment berupa pemijatan. Hal ini sangat penting untuk melemaskan otot yang tegang kerena kelelahan setelah mudik.

Jika si kecil pilek dan batuk karena terlalu lama di dalam mobil yang ber AC, ibu bisa meminta terapi uap juga. Hindari memberikan obat-obatan kimia. Akan lebih baik jika ibu menjaga kesehatan bayi atau balita dengan cara melakukan terapi seperti terapi uap ketika pilek dan batuk dan pijat terapi ketika si kecil kelelahan.

Jadi, sebelum ibu kembali beraktivitas, ibu sebaiknya membawa si kecil untuk terapi terlebih dahulu. Buat si kecil tidak kelelahan sehingga ibu bisa bekerja dengan tenang.

Perhatikan juga asupan gizi ya bu. Kebanyakan bayi dan balita kekurangan asupan nutrisi selama mudik. Kenapa bayi atau balita terlihat kurus setiap kali pulang mudik? Karena ia kehilangan nafsu makan. Ia makan tidak sebanyak seperti biasanya karena kondisi badannya yang kelelahan.

Jadi, berikan makanan yang bergizi. Jika perlu, ibu bisa tambah dulu asupan nutrisi dari susu balita lebih banyak lagi agar kondisi kesehatan balita kembali fit lagi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *