Konsultasi Dokter Anak Mengenai Cara Mudah Meredakan Flu

konsultasi dokter anak tentang flu
www.ibudanbalita.com

Sekarang, ibu tidak perlu khawatir dan repot jika anak terkena flu. Dari konsultasi dokter anak yang dilakukan secara online di situs Ibu dan Balita ada cara mudah untuk meredakan flu. Ibu tidak perlu panik dan ingin langsung membawa si kecil ke rumah sakit atau ke tempat praktik dokter anak.

Lalu, apa saja yang perlu ibu lakukan? Apa saja bahan yang perlu ibu siapkan? Tenang saja. Semuanya bisa ibu dapatkan dengan mudah. Bahkan, bahan yang diperlukan sudah ada di dalam rumah. Jadi, ibu tidak perlu keluar rumah untuk mencari bahan-bahan tersebut.

Pertolongan Pertama Jika Anak Terkena Flu

Ibu harus tahu bawasannya flu merupakan penyakit yang bisa disembuhkan secara cepat. Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyembuhkan flu pada anak. Lama waktu recovery atau penyembuhan tergantung pada daya tahan tubuh si kecil. Jika daya tahannya kuat, maka proses penyembuhan menjadi cepat.

Untuk itu, satu hal yang paling utama yang harus ibu lakukan untuk meredakan flu pada anak adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh atau yang sering disebut dengan immune system. Bagaimana caranya? Dengan memberikan susu balita yang terbaik. Untuk balita usia 1-3 tahun, ibu bisa berikan susu Frisian Flag Jelajah. Untuk balita di atas 3 tahun, ibu bisa berikan susu Frisian Flag Karya.

Susu menjadi sangat penting setidaknya dengan dua alasan. Yang pertama, di dalam susu tersebut, terdapat nutrisi yang diperlukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dan yang kedua, susu menjadi alternatif lantaran kebanyakan anak yang terkena flu susah makan. Agar anak ibu tidak kelaparan, maka untuk sementara waktu ibu bisa mengandalkan susu.

Adakah hal lain yan harus ibu lakukan sebagai langkah pertolongan pertama untuk anak yang terkena flu? Dua hal ini bisa ibu lakukan.

  1. Memandikan Dengan Air Hangat

Flu sering menyebabkan sakit kepala dan demam. Jadi, Untuk meredakan flu sangat penting agar panyakit tidak merembet pada kepala dan suhu badan yang meningkat.

Memandikan anak dengan air hangat merupakan salah satu saran yang diberikan oleh para ahli kesehatan anak. Jika ibu tidak percaya, silakan ibu tanyakan langsung kepada ahlinya dengan cara melakukan konsultasi dokter anak online.

Dengan memandikan anak menggunakan air hangat, hidung tidak lagi tersumbat. Dan anak akan lebih mudah tidur dengan lelap. Yang paling terpenting adalah bagaimana ibu bisa membuat anak tertidur nyenyak. Pasalnya, tidur adalah proses di mana badan berhenti berakitivitas sementara sistem kekebalan tubuh mulai melakukan tugasnya membasmi virus penyebab flu.

  1. Memanfaatkan Minyak Kayu Putih

Setelah anak tertidur, ibu bisa memanfaatkan minyak kayu putih. Bagaimana caranya? Bukan dengan cara dioleskan melainkan menuangkan minyak kayu putih tersebut ke tisu lalu letakkan tisu di dalam sarung batal. Ini seolah menjadi aromaterapi untuk meredakan flu pada anak.

Kenapa harus minyak kayu putih? bolehkah menggunakan yang lain? Tentu saja boleh. Alasan mengapa minyak kayu putih karena ini biasanya sudah ada di rumah. Selain itu, minyak kayu putih merupakan dekongestan yang mampu meringankan hidung yang tersumbat. Minyak kayu putih bisa menenangkan rongga hidung sehingga flu dan pilek bisa lebih cepat teratasi.

Dua hal tersebut bisa ibu lakukan sebagai langkah pertolongan pertama ketika anak mengalami flu. Tentu saja bukan berarti ibu tidak perlu melakukan konsultasi dengan dokter anak. Namun, sebaiknya ibu lakukan langkah tersebut dan lihat dulu efeknya.

Kapan Ibu Harus Membawa Anak Ke Dokter?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, flu merupakan penyakit yang membutuhkan waktu lama untuk disembuhkan. Mungkin flu bisa berangsur hingga berhari-hari dan bahkan lebih dari satu minggu.

Kenapa demikian? Karena penyakit ini disebabkan oleh virus. Jika virus tidak mampu dilumpuhkan, maka flu akan terus dialami oleh si kecil. Virus bisa dilumpuhkan dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minum susu dan makan makanan bergizi menjadi kunci utamanya.

Proses melumpuhkan virus tersebut memakan waktu yang lama. Oleh sebab itu, ibu perlu melakukan langkah untuk meringankan flu seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Namun, bagaimana jika anak terlihat sudah tidak tahan dengan flu yang ia alami? Pada saat inilah sebaiknya ibu berkonsultasi dengan dokter anak secara langsung.

Biasanya flu mengakibatkan anak lemas dan tidak bersemangat. Jika kondisi ini semakin memburuk dan terjadi hingga lebih dari satu minggu, maka pada saat itulah ibu bawa saja anak ke dokter anak. Dokter akan melakukan langkah treatment dengan memberikan obat tertentu. Memang ini sebaiknya dihindari. Sebaiknya balita tidak mendapatkan obat-obatan. Namun, jika flu yang dialami oleh si kecil begitu parah, maka memberikan obat sepertinya langkah terakhir yang sebaiknya ibu lakukan.

Pada intinya, ibu tidak boleh panik saat anak terkena flu. Fokuskan perhatikan pada bagimana anak bisa mengatasi flu, yaitu dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mulailah dengan membuatkan makanan yang bergizi tinggi. Berikan susu balita terbaik dan pastikan anak memiliki waktu istirahat yang cukup. Jika biasanya ia tidur di siang hari hanya 1 jam saja, usahakan si kecil tidur lebih dari 1 jam. Dan pastikan juga tidur si kecil nyenyak.

Jika flu yang dialami oleh si kecil tiba-tiba mengakibatkan suhu tubuh sangat tinggi, segera hubungi dokter atau kunjungi situs Ibu dan Balita agar ibu bisa melakukan konsultasi dokter anak secara online.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *