Konsultasi Pertumbuhan Anak Mengenai Baik Buruknya Susu UHT

konsultasi pertumbuhan anak
timesindonesia.co.id

Banyak sekali orang tua yang melakukan konsultasi pertumbuhan anak. Mereka ingin sekali tumbuh kembang balita optimal. Itulah mengapa apa yang mereka lakukan selalu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak.

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan adalah apakah anak balita boleh mengkonsumsi susu UHT. Mungkin hal ini juga yang ada di pikiran ibu sekarang ini. Bolehkah ibu memberikan susu UHT?

Sekilas Tentang Susu UHT

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya ibu mengetahui terlebih dahulu apa itu susu UHT. UHT ini kepanjangan dari ultra high temperature. Ini merupakan salah satu jenis susu yang ada di pasaran. Susu yang satu ini berbeda dengan jenis susu yang lainnya karena memang proses pembuatannya yang berbeda. Menurut para ahli, susu UHT ini merupakan susu yang terbaik karena proses pembuatannya tidak membuat kandungan protein di dalam susu menjadi rusak.

Beberapa produk susu UHT dijual dengan harga yang jauh lebih mahal daripada susu bubuk. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Selain kandungan proteinnya yang masih sangat baik, susu tersebut juga tidak mengandung bahan pengawet. Jadi, ini sangat sehat dan baik untuk anak kecil.

Meskipun demikian, ada beberapa catatan yang harus diketahui oleh para orang tua. Yang pertama, susu UHT ini tidak boleh diberikan kepada bayi yang usianya masih di bawah 1 tahun. Meskipun kandungan proteinnya tinggi dan tidak mengandung bahan pengawet, susu ini tidak boleh diberikan kepada bayi.

Catatan yang kedua adalah bawasannya terlalu banyak mengkonsumsi susu UHT juga kurang baik untuk pertumbuhan anak. Inilah yang menjadi penyebab banyak orang tua yang melakukan konsultasi mengenai perkembangan anak terkait dengan pemberikan susu UHT untuk anak balita.

Mengambil Manfaat Susu UHT Untuk Tumbuh Kembang Anak

Semua hal yang berlebihan itu tidak baik. Begitu juga ketika ibu terlalu banyak memberikan susu UHT. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, di dalam susu UHT, terdapat kandungan protein yang sangat tinggi. Jika anak mendapatkan asupan protein yang terlalu banyak, maka yang terjadi adalah tingginya risiko terkena obesitas dan diabetes.

Oleh sebab itu, ada baiknya ibu batasi pemberian susu UHT. Lebih tepat jika ibu memberikan susu Frisian Flag Jelajah tiga kali sehari. Susu untuk balita ini jelas sangat aman untuk diberikan hingga 3 gelas setiap hari. Sementara itu, susu UHT bisa ibu berikan pada kondisi tertentu, seperti ketika dalam perjalanan di mana ibu tidak bisa membuatkan susu untuk si kecil. Dengan susu UHT, ibu tinggal ambil dan susu siap untuk diberikan untuk sang buah hati.

Meskipun demikian, tidak semua anak lho mau minum susu UHT. Agar anak mau minum susu UHT mengingat adanya manfaat yang bisa diambil untuk perkembangan anak, beberapa tips berikut ini bisa ibu coba.

  • Berikan Susu UHT Rasa Vanilla

Susu rasa vanilla dianggap juga tanpa rasa. Ini rasa original. Untuk pertama kali ibu mengenalkan susu UHT kepada si kecil, cobalah untuk memberikan susu UHT rasa vanilla. Baru kemudian ibu bisa coba dengan memberikan susu UHT rasa yang lain.

  • Berikan Susu UTH Kotak Kecil

Anak ibu bisa saja mampu menghabiskan satu gelas susu Frisian Flag sekaligus. Namun, mungkin saja ia tidak bisa menghabiskan satu kotak susu UHT. Hal ini disebabkan oleh rasa yang berbeda. Susu UHT rasanya cenderung lebih eneg. Agar susu tidak terbuang begitu saja, ibu bisa belikan susu UHT kotak kecil.

  • Berikan Dalam Keadaan Dingin

Berbeda dengan susu Frisian Flag Jelajah. Sebaiknya, ibu berikan susu UHT ini dalam keadaan dingin agar rasanya tidak begitu eneg. Selain itu, susu UHT lebih enak jika disajikan dalam keadaan dingin. Ibu bisa simpan dulu susu UHT ke dalam kulkas agar susu menjadi dingin.

Jadi, sekarang jelas ya bawasannya tidak masalah jika balita mengkonsumsi susu UHT. Asalkan tidak berlebihan, jenis susu yang satu ini baik sekali untuk perkembangan anak.

Pemahaman Yang Salah Mengenai Susu

Siapapun percaya jika susu itu bagus untuk tumbuh kembang anak. Namun, ada kesalahpahaman di masyarakat.

Yang pertama, susu dianggap minuman yang membuat anak cerdas. Memang hal tersebut tidak salah. Hanya saja kurang tepat. Susu memang membuat perkembangan otak anak lebih optimal. Hal ini disebabkan adanya kandungan tertentu di dalam susu seperti AA dan DHA, Omega 3, dan lain sebagainya. Namun, hal tersebut tidak lantas membuat anak yang mengkonsumsi susu pasti cerdas. Apalagi ada anggapan susu yang mahal itu susu yang bisa membuat anak menjadi pintar. Ini anggapan yang jelas salah.

Yang kedua, anggapan bawasannya susu itu sumber nutrisi utama untuk anak. Jika ibu konsultasi tumbuh kembang anak dengan dokter, ibu akan mendapatkan penjelasan bawasannya susu hanyalah suplemen. Sumber utama nutrisi yang dibutuhkan oleh anak tidak lagi berasal dari makanan.

Anggapan keliru selanjutnya adalah tentang susu yang bagus merupakan susu yang harganya mahal. Ini juga salah besar. Susu Frisian Flag Jelajah merupakan susu yang dijual dengan harga yang murah. Dan ini merupakan susu balita terbaik mengingat kandungan nutrisinya lengkap dengan kadar yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Ada baiknya ibu lebih intensif melakukan konsultasi dengan dokter anak. Kunjungi saja www.ibudanbalita.com untuk melakukan konsultasi secara online agar ibu tahu hal apa yang tepat untuk dilakukan demi memaksimalkan pertumbuhan pertumbuhan anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *