Konsumsi Buah Setiap Hari: Tips Ibu Hamil Muda yang Harus Dilihat dari Dua Sisi

tips ibu hamil muda
Ibu dan Balita

Selalu ada masalah yang terjadi jika kita memandang suatu hal tidak secara keseluruhan. Apalagi yang berhubungan dengan kehamilan.

Tidak sedikit tips ibu hamil yang bisa ibu ketahui dan terapkan. Akan tetapi, jika ibu memahami hanya sepenggal saja, maka bukan manfaat yang akan ibu dapatkan tapi madzorot atau dampak buruk.

Contoh sederhananya saja tentang tips ibu hamil muda. Sebagai ibu hamil, ibu pasti tahu banyak hal tentang tips bagaimana agar bisa menjalani masa kehamilan muda dengan baik.

Kalaupun ibu tidak mencari referensi melalui internet, ibu juga bisa mendapatkan info tersebut langsung dari rekan yang sudah pernah hamil atau orang tua ibu sendiri.

Akan tetapi, apakah ibu yakin memahamil secara sepenuhnya tentang tips ibu hamil tersebut?

Lebih spesifik lagi tentang tips kehamilan muda tentang mengkonsumsi buat setiap hari. Siapapun tentu tahu bawasannya buah itu bagus untuk menjaga kesehatan ibu hamil muda. Tanpa mencari referensi kesehatan pun hal ini ibu pasti ketahui.

Akan tetapi, apakah ibu tahu mengkonsumsi buah-buahan saat hamil bisa juga mengakibatkan diabetes.

Bagaimana Buah Bisa Mengakibatkan Diabetes

Ibu pasti sudah tahu bawasannya diabetes itu artinya kadar gula darah di dalam tubuh melebihi angka normal.

Lalu, apa hubungannya dengan mengkonsumsi buah-buahan?

Sebelumnya ibu harus tahu bawasannya produksi insulin meningkat sangat tajam ketika ibu sedang hamil. Hal ini normal dan wajar terjadi.

Hanya saja, ketika pankreas yang tidak berfungsi secara maksimal, akibatnya gula darah naik tajam dan ibu akan mengalami diabetes. Namanya diabetes gestasional.

Hal ini diperburuk jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat mengalami diabetes. Risiko ibu terkena diabetes sangat tinggi.

Itulah mengapa salah satu tips untuk ibu hamil muda adalah menghindari mengkonsumsi minuman atau makanan yang tinggi kadar gulanya. Dan ternyata mengkonsumsi buah-buahan terlalu banyak juga bisa mengakibatkan diabetes lho. Karena beberapa jenis buah-buahan memiliki kadar gula yang cukup tinggi.

Hal ini harus benar-benar dipahami. Setidaknya ibu sekarang tahu mengkonsumsi buah juga ada efek sampingnya.

Diabetes gestasional tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan ibu hamil saja. Ada kemungkinan buruk yang bisa dialami oleh janin yang ibu kandung seperti berat bayi di dalam kandungan melebihi berat normal atau bayi meninggal di dalam rahim.

Tentu saja sebisa mungkin ibu harus menghindari hal buruk tersebut terjadi. Oleh sebab itu, konsultasikan dulu dengan dokter dan secara rutin ibu bisa mengecek kadar gula darah.

Mengkonsumsi Buah yang Disarankan Bagi Ibu Hamil

Sebenarnya memilih buah yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil itu tidak sulit. Ibu bisa dengan bebas mengkonsumsi buah apa saja. Hanya saja untuk buah yang rasanya terlalu manis, ibu bisa mengkonsumsi dalam jumlah yang sedikit saja.

Prof. Piush Mandhane dari Universitas Alberta Kanada menyarankan agar seorang ibu hamil mengkonsumsi 1,5 cup buah tiap hari. Itu kadar yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil yang bisa didapatkan dari buah-buahan.

Selain itu, ibu juga harus tahu tips kehamilan muda tentang buah-buahan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi saat hamil muda seperti durian. Karena beberapa buah-buahan membuat perut mengalami kontraksi dan hal tersebut tidak bagi janin yang ada di dalam kandungan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *