Kualitas Tidur Ibu Pengaruhi Perkembangan Janin Lho

Perkembangan Janin
www.ibudanbalita.com

Siapa bilang cara menjaga perkembangan janin itu sulit. Bahkan, caranya sangat menyenangkan jika ibu tahu. Contohnya saja, ibu disarankan untuk memiliki kualitas tidur yang baik. Ternyata, hal ini memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap perkembangan bayi di dalam kandungan. Tidak percaya?

Tentu saja ibu tetap harus mencukupi asupan nutrisi untuk janin. Ibu harus mengkonsumsi makanan yang bergizi dan juga minum susu ibu hamil. Susu sangat disarankan untuk dikonsumsi jika ibu ingin memastikan perkembangan bayi di dalam rahim baik.

Namun, jangan sepelekan pentingnya tidur berkualitas ya. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengapa tidur yang berkualitas berpengaruh terhadap perkembangan bayi yang ada di dalam kandungan.

Manfaat Tidur Tidak Hanya Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Kebanyakan orang memahami seorang ibu hamil itu cepat lelah sehingga ia harus lebih banyak istirahat. Dan tidur menjadi cara yang paling tepat untuk melepas lelah.

Namun, ternyata tidur tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil lho. Tidur yang berkualitas juga sangat baik untuk kesehatan bayi di dalam kandungan. Salah satunya, tidur bisa membuat bayi terhindar dari terjadinya penyakit komplikasi. Ini merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti di University of Pittsburgh. Penyakit komplikasi ini termasuk penyakit yang menyebabkan berat badan bayi rendah dan bahkan keguguran.

Perkembangan bayi yang lamban bisa menyebabkan keguguran. Apalagi jika hal ini dibarengi dengan kontraksi. Kontraksi saat hamil muda atau kehamilan baru berusia trimester kedua sangat berbahaya. Kontraksi yang wajar biasanya terjadi satu atau dua kali dalam satu minggu. Sementara itu, kontraksi yang bisa menyebabkan keguguran frekuensinya lebih sering dan intensitasnya lebih keras. Untuk mencegah kontraksi yang bisa menyebabkan keguguran ini, ibu bisa istirahat dengan cara tidur berkualitas.

Sulit Sekali Menemukan Tidur Berkualitas

Jangankan seorang ibu hamil. Orang yang tida sedang hamil terkadang sulit untuk menemukan tidur yang berkualitas. Hal ini sangat berkaitan dengan pikiran. Tidak mungkin ibu mendapatkan masa tidur berkualitas jika ibu stress.

Oleh sebab itu, satu hal yang perlu ibu lakukan agar tidur ibu berkualitas adalah dengan melepaskan beban yang ada dipikiran. Ibu bisa rileks dulu setiap kali ingin tidur. Ibu bisa dengarkan musik yang slow atau membaca novel. Akan lebih baik jika ibu juga mengkonsumsi susu ibu hamil sebelum tidur. Dengan mengkonsumsi susu, ibu tidak akan mudah merasa lapar di tengah malam sehingga ibu bisa tidur nyenyak.

Ada baiknya juga ibu mengagendakan untuk melakukan refreshing. Ibu tahu babymoon? Ini merupakan refreshing yang dilakukan saat kehamilan sudah mencapai trimester kedua. Pada saat ini, perkembangan bayi di dalam kandungan sudah sangat baik dan kuat sehingga ibu tidak perlu khawatir lagi jika ibu harus bepergian untuk piknik.

Dengan refreshing, maka penat akan hilang dan ibu akan dengan mudah tidur nyenyak di malam hari. Tidurlah yang nyenyak dan berkualitas agar bayi bisa berkembang dengan lebih optimal.

Jika terjadi keluhan seperti susah tidur di malam karena sering mengalami kram, sebaiknya ibu segera konsultasi dengan dokter kandungan, atauĀ ibu tidak memiliki waktu untuk datang ke rumah sakit atau bertemu dengan dokter kandungan, ibu bisa kunjungi forum konsultasi online tersebut sekaligus berkonsultasi tentang apa saja mengenai tahap perkembangan janin.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *