Kunci Menjaga Kesehatan Wanita Hamil dan Janin Dalam Kandungan

kesehatan wanita hamil
Ibu dan Balita

Kesehatan wanita hamil menjadi prioritas utama bagi ibu-ibu yang ingin memiliki bayi yang sehat, sempurna dengan perkembangan otak yang baik pula. Banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan, namun yang paling menonjol adalah asupan makanan.

Makanan-lah yang membuat perkembangan bayi bisa maksimal, dan menunjang kesehatan ibu yang mengandungnya pula. Maka, penting bagi ibu untuk mengetahui jenis makanan beserta kandungannya yang mampu menunjang kesehatan janin dan kesehatan ibu itu sendiri.

Bagaimana dan apa gizi yang baik untuk ibu hamil dan janin itu? Berikut ini informasinya.

Jenis Makanan dan Kandungan Gizi Khusus Ibu Hamil

Saat hamil, ibu membutuhkan banyak energi untuk pembakaran karena makanan yang dimakan juga akan digunakan untuk pertumbuhan janin. Protein-lah yang paling utama untuk energi ibu dan pembangun sel-sel janin. Kesehatan wanita hamil tua atau muda akan terpelihara dengan baik dengan mengkonsumsi tempe, tahu, daging, dan kacang-kacangan.

Perlu diketahui bahwa jumlah energi yang dibutuhkan selama hamil jauh lebih tinggi. Beberapa pakar kesehatan mengatakan bahwa jika selama hamil memiliki aktifitas yang sama dengan saat tidak hamil, maka diperlukan tambahan 285 kilo kalori. Ibu harus mengetahui berapa yang dibutuhkan berdasarkan kegiatan yang dilakukan setiap harinya.

Selain itu, agar ibu terhindar dari anemia, dan pertumbuhan sel darah merah janin bisa sempurna, yakinkan asupan makanan sehari-hari mengandung zat besi yang bisa diperoleh dari ikan, daging dan hati.

Selain itu, asupan makanan yang menunjang perkembangan sel dan sistem saraf janin juga penting. Kekurangan gizi ini bisa menyebabkan pertumbuhan janin tidak sempurna sehingga bisa mengalami kelainan. Maka, ibu hamil mesti memiliki asupan makanan yang banyak mengandung asam folat seperti beras merah, buah-buahan, dan sayuran hijau.

Agar pertumbuhan tulang dan gigi janin bisa sempurna, sang ibu harus memasukkan makanan yang mengandung Kalsium ke dalam asupan makanannya. Ini penting karena kesehatan ibu hamil dan bayi bisa terjaga sehingga ibu pun bisa terhindar dari osteoporosis. Pencegahan sangat penting sebelum terjadi. Maka, jenis makanan seperti susu, sayuran hijau dan kacang-kacangan wajib ada.

Dan yang tidak kalah pentingnya untuk kesehatan ibu dan perkembangan janin adalah vitamin. Vitamin adalah penunjang terbesar kesehatan gigi dan gusi, menghindari kerusakan otak, memberikan proteksi jaringan dari organ dan menyempurnakan pertumbuhan tulang pada janin. Yakinkan jenis makanan seperti kuning susu, telur, sayuran, buah-buahan, hati ikan ada di dalam asupan sehari-hari ibu hamil.

Senam Hamil untuk Kesehatan Ibu dan Janin

Selain makanan, kesehatan ibu hamil dan anak bisa ditunjang dengan senam khusus ibu hamil. Ya, senam ini akan menyehatkan janin dan memperlancar persalinan nantinya.

Lebih dari itu, senam akan meningkatkan energi ibu hami. Ibu hamil sering mudah capek karena sistem kardiovaskular tidak terlatih dengan baik. Dengan senam hamilĀ  ringan selama setengah jam, maka ibu tidak akan cepat lelah, khususnya mereka yang banyak aktifitas. Senam ini juga akan membuat ibu hami bisa tidur lebih baik karena senam akan membuat tubuh cukup lelah sehingga cepat tertidur nyenyak.

Rasa tidak nyaman saat hamil juga tidak akan begitu terasa lagi karena senam ini akan meregangkan dan menguatkan otot tubuh. Dan yang paling penting, proses persalinan juga lebih lancar. Senam akan membuat tubuh semakin kuat. Energi dan kekuatan tubuh dari senam akan memperpendek waktu yang diperlukan untuk melahirkan buah hati. Dengan memadukan asupan makanan yang bergizi dan senam yang sehat, maka ibu dan janin akan sehat dan lahir dengan selamat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *