Kursus yang Paling Pas Pada Saat Perkembangan Anak Usia 3 Tahun

Perkembangan Anak Usia 3 Tahun
Friso Indonesia

Perkembangan anak usia 3 tahun bisa dikatakan sebagan masa di mana anak berkembang sangat optimal. Ibu akan merasa banyak sekali perkembangan yang sudah mereka lampau.

Lantas, apakah ibu berpikir untuk memasukkan anak ibu ke salah satu kursus? Banyak sekali para orang tua yang ingin sekali anak mereka berada jauh di depan dibandingkan dengan anak lainnya yang sama-sama berusia 3 tahun. Hal tersebutlah yang membuat mereka memasukkan anak mereka ke salah satu kursus.

Sayangnya, banyak dari mereka yang tidak tahu kursus seperti apa yang cocok untuk diikuti oleh anak usia 3 tahun. Memang tujuan mereka sangat bagus. Akan tetapi, mereka juga harus bijak melihat kemampuan seperti apa yang sang buah hati sudah miliki.

Untuk itu, jangan salah dalam memilihkan kursus. Pada saat perkembangan anak usia 3 tahun, kemampuan motorik kasar dan halus anak sudah terasah. Tapi, terkadang belum begitu sempurna. Oleh sebab itu, ibu bisa pertimbangkan untuk memilihkan salah satu dari kursus berikut ini.

Kursus Renang

Sebenarnya, sejak masih di dalam kandungan, sang buah hati secara naluri sudah mampu berenang. Di dalam rahim, ia berenang di air ketuban ibu. Hanya saja, pada saat ibu melahirkan sang buah hati, ia sudah tidak terbiasa dengan kebiasaan berenang tersebut.

Itulah mengapa anak yang masih kecil dianjurkan untuk berenang. Karena secara naluri sudah bisa berenang, akan sangat mudah bagi anak kecil untuk melatih kemampuan berenang.

Pada saat usianya menginjak 3 tahun, tidak salah jika ibu memasukkan ke kursus renang profesional. Pasalnya, pada saat perkembangan anak usia 3 tahun, sang buah hati sudah memiliki kemampuan pergerakan motorik kasar yang mumpuni sehingga ia mampu untuk berenang. Di tangan pelatih renang yang sudah berpengalaman, perkembangan anak ibu dalam berenang akan lebih optimal.

Apalagi banyak sekali manfaat dari renang. Ini merupakan olahraga yang akan melatih sistem penafasan si kecil. Selain itu, dengan berenang, perkembangan otot akan lebih maksimal. Anak ibu akan tumbuh tinggi.

Kursus Musik

Menurut ahli psikologi anak, perkembangan anak usia 3 tahun sudah bisa dikenalkan dengan simbol dan nada. Bahkan, pada usia 3 tahun inilah usia emas di mana anak ibu akan cepat belajar hal-hal baru.

Memasukkan ke tempat kursus musik bukanlah pilihan yang salah. Bahkan, ini merupakan pilihan yang sangat disarankan. Pasalnya, musik menimbulkan rasa gembira pada anak. Tentu sang hati akan dengan senang hati mengikuti kelas musik.

Mampukah si kecil untuk berlatih mengenal musik? Menurut ahli psikologi anak, anak usia 3 tahun sudah mampu untuk belajar berbagai jenis nada dan simbol. Hanya saja, ibu harus pilihkan alat musik apa yang paling ia sukai. Kenalkan dengan berbagai jenis alat musik agar ibu bisa mengetahui sebenarnya bakat sang buah hati ibu itu memainkan alat musik apa.

Setelah tahap berbagai jenis alat musik, ibu bisa tentukan kira-kira bakat yang paling kuat itu di instrumen yang mana.

Perkembangan anak usia 3 tahun itu sangat menakjubkan. Akan tetapi, bukan berarti ibu bisa mengikutkan si kecil ke semua jenis kursus. Tentu tidak bijak jika ibu mengikutkan si kecil untuk mengikuti kursus sepak bola atau golf mengingat kemampuannya belum optimal. Sementara itu, kursus musik serta kursus renang merupakan pilihan yang tepat untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia 3 tahun.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *