Lakukan 5 Hal Penting Ini Sebagai Persiapan untuk Melahirkan

persiapan untuk melahirkan
Johnson’s Baby 

Proses melahirkan terkadang bagi sebagian Ibu menjadi momok menakutkan untuk dihadapi, banyak yang takut untuk melahirkan sehingga dibutuhkan persiapan untuk melahirkan agar Ibu dapat mempersiapkan diri dan menjadi lebih tenang dalam menghadapi persalinan.

Maka dari itu, dibutuhkan pengetahuan dan informasi yang lengkap mengenai persiapan untuk melahirkan. Dengan membaca artikel ini merupakan langkah yang tepat bagi Ibu dalam mendapatkan pengetahuan dan informasi ini.

Berikut terdapat 5 hal yang harus Ibu perhatikan dalam persiapan untuk melahirkan:

  1. Ikuti Kelas Ibu Hamil

Bagi Ibu yang pertama kali akan melakukan proses bersalin tentu belum memilik pengalaman akan bagaimana melahirkan itu. Terdapat berbagai kemungkinan yang akan terjadi saat melahirkan sehingga dengan mengikuti kelas ibu hamil, Ibu dapat mendapatkan informasi dan dapat berbagi masalah mengenai tahapan kehamilan, persalinan, nifas sampai perawatan bayi. Dalam memilih kelas ibu hamil pun, hendaknya pilihlah kelas ibu hamil yang menarik dan Ibu memiliki waktu untuk mengikutinya.

  1. Tentukan Calon Bidan, Dokter dan Rumah Sakit Dari Jauh Hari

Masa pertengahan kehamilan merupakan saat yang tepat untuk mencari bidan atau dokter dan rumah sakit sebagai tempat proses bersalin Ibu. Hal ini dilakukan untuk membantu Ibu mendapatkan informasi yang lengkap akan fasilitas dan asuransi yang diberikan oleh rumah sakit tersebut. Selain itu, Ibu pun dapat mulai berkonsultasi dengan bidan atau dokter mengenai kondisi kehamilan Ibu.

  1. Ajak Suami atau Keluarga untuk Mendampingi

Ketika pemeriksaan kehamilan, hendaknya Ibu jangan pergi seorang diri ke rumah sakit atau puskesmas yang dituju. Ajaklah suami atau keluarga Ibu untuk ikut mendampingi selama pemeriksaan agar dapat mengetahui juga kondisi ibu hamil dan apa yang bisa dilakukannya ketika Ibu sedang melahirkan. Setelah mengajak seseorang untuk mendampingi Ibu, maka tentukan pula siapa yang akan mendampingi Ibu saat persalinan sehingga Ibu dapat menceritakan lebih lanjut akan kondisi Ibu kepada orang tersebut dan menjadi lebih tenang karena ada yang mendampingi.

  1. Satukan Persepsi dengan Pasangan

Saat memiliki anak, tentunya perubahan hidup dalam keluarga pun berubah, sehingga Ibu dan suami harus menyatukan persepsi dalam menghidupkan sang buah hati. Hal-hal seperti memberikan nama bayi, apakah akan disunat langsung atau tidak, bagaimana proses menyusui dan rangkaian kegiatan keagamaan apakah akan dilakukan atau tidak, menjadi topik yang harus disepakati oleh Ibu dan juga suami. Jangan ragu untuk menyampaikan pendapat Ibu, karena tentunya Ibu berhak dalam memberikan masukan dalam pengasuhan sang buah hati. Ketika topik ini dibahas dengan baik, tentu akan menjadi keputusan yang besar bagi perjalanan hidup keluarga Ibu kedepannya.

  1. Siapkan Tas Perlengkapan Persalinan

Tas perlengkapan merupakan persiapan untuk melahirkan yang harus dipenuhi. Ketika melahirkan, tentunya Ibu akan sementara tinggal di rumah sakit untuk menjalani perawatan. Siapkan segala perlengkapan baik untuk Ibu, bayi dan juga suami seperti bantal, snack bahkan pemutar musik agar suami Ibu tidak bosan menunggu proses persalinan. Untuk Ibu, siapkan baju ganti untuk beberapa hari, lalu peralatan mandi dan berbagai barang lainnya yang Ibu butuhkan selama di rumah sakit. Perlengkapan untuk bayi seperti pakaian, selimut, kaos kaki dan kosmetik bayi juga hendaknya dipersiapkan, walaupun biasanya sudah disediakan oleh pihak rumah sakit.

Nah, setelah mengetahui ke lima hal penting tentang persiapan untuk melahirkan, pastinya Ibu akan menjadi lebih siap dan tenang dalam menghadapi proses persalinan. Sekarang Ibu tinggal mempersiapkan segalanya dan menunggu sampai datangnya hari perkiraan lahir. So, semangat ya Bun!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *