Lakukan Gerakan Senam Ibu Hamil 9 Bulan dan Rasakan Manfaatnya

Senam Ibu Hamil 9 Bulan

Mendekati proses kelahiran, pasti bunda sering kali merasa cemas. Hal ini adalah hal yang wajar terjadi pada ibu hamil yang sebentar lagi menghadapi proses kelahiran. Apalagi jika bunda mengalami proses hamil pertama maka proses kelahiran menjadi suatu hal yang mendebarkan dan menegangkan yang harus dilalui. Maka dari itu perlu dilakukan persiapan yang matang untuk menghadapinya agar dapat berjalan dengan lancar. Salah satu cara yang biasa dilakukan untuk menenangkan hati dan mempersiapkan masa kelahiran adalah dengan melakukan senam ibu hamil 9 bulan.

Senam hamil adalah metode olahraga yang biasa dilakukan oleh ibu hamil tentunya memiliki banyak manfaat. Dalam senam hamil, tentu gerakan yang dilakukan berbeda dengan gerakan-gerakan senam pada umumnya. Gerakan-gerakan senam yang ada pada senam hamil biasanya difokuskan pada bagian otot dan kekuatan otot kaki dan perut. Mengapa? karena bagian yang harus dipersiapkan ketika proses kelahiran adalah kaki dan kekuatan otot perut. Dengan melakukan senam hamil saja sama melatih otot-otot kaki dan perut agar kuat sehingga nanti kuat ketika melahirkan. Selain itu, senam hamil biasanya juga digunakan untuk melatih pernafasan bunda. Hal ini dimaksudkan untuk dapat membantu bunda ketika melahirkan nanti agar dapat bernafas dengan benar.

Macam Senam Ibu Hamil 9 Bulan

Gerakan yang dilakukan pada senam hamil pada dasarnya dimaksudkan untuk merelaksasi bunda. Jadi, gerakan senam hamil bukan hanya untuk kekuatan fisik saja namun juga mental. Sebagian dari Anda tentu berfikir apakah di usia kehamilan 9 bulan, bunda masih perlu melakukan senam hamil? Jawabannya adalah perlu, terutama bagi bunda yang berencana untuk melahirkan secara normal maka melatih kekuatan otot dan melatih ketenangan hati sebelum melahirkan. Lalu bagaimanakah gerakan-gerakan senam hamil 9 bulan? Apakah sama dengan gerakan senam hamil bulan-bulan sebelumnya? Untuk lebih jelasnya maka simak ulasan berikut ini mengenai gerakan-gerakan senam hamil 9 bulan.

  • Gerakan Duduk Bersila

Gerakan senam hamil 9 bulan yang paling simpel dan sederhana untuk dilakukan adalah dengan duduk bersila. Anda bisa mencobanya di rumah. Anda hanya perlu menggelar alas atau matras kemudian lakukan duduk bersila di atas alas atau matras. Lakukan gerakan duduk bersila ini dengan meletakkan kedua tangan di atas paha. Setelah itu, lakukan meditasi seperti yang ada di yoga. Cobalah untuk mengatur nafas dan mulai menenangkan pikiran. Lakukan gerakan ini secara rutin untuk memberikan ketenangan pada hati dan pikiran bunda.

  • Gerakan Jongkok

Jika sudah bisa melakukan gerakan duduk bersila, maka gerakan lain yang bisa dilakukan adalah dengan jongkok. Tentu dengan kondisi perut yang semakin membesar, melakukan posisi jongkok menjadi tidak mudah. Pertama, berdiri dan tegakkan tubuh. Setelah itu lakukan gerakan jongkok secara perlahan-lahan. Sambil melakukan gerakan jongkok, aturlah nafas dengan menghirup dan mengeluarkan nafas secara pelan-pelan seperti relaksasi. Gerakan jongkok yang dilakukan dimaksudkan untuk melatih kekuatan otot paha dan panggul.

  • Gerakan Merangkak

Gerakan selanjutnya yang dapat dilakukan sebagai senam hamil 9 bulan adalah dengan gerakan merangkak. Posisi merangkak seperti bayi dimaksudkan untuk melatih kekuatan perut agar ketika mengedan dapat kuat. Sama seperti gerakan sebelumnya, lakukan gerakan merangkak juga dengan mengatur nafas agar tidak ngos-ngosan. Tarik nafas dalam-dalam lalu buang nafas melalui hidung secara perlahan. Tak perlu berlebihan, lakukan gerakan ini cukup 6 sampai 8 kali dalam satu kali senam.

  • Gerakan Berjalan Kaki

Gerakan simpel lainny adalah dengan meakukan gerakan berjalan. Ternyata, berjalan kaki memiliki manfaat bagi kesehatan ketika hamil. Gerakan ini tentu sangat mudah untuk bunda lakukan. Gerakan berjalan kaki ini juga bisa bunda lakukan untuk melatih kekuatan otot kaki. Berjalan kaki dilakukan dengan tujuan menjaga kebugaran tubuh hingga masa kelahiran tiba.

  • Gerakan Kupu-Kupu

Jika sebelumnya telah dijelaskan mengenai gerakan duduk bersila, maka gerakan kupu-kupu ini hampir sama dengan gerakan duduk bersila. Perbedaannya adalah gerakan senam kupu-kupu adalah gerakan duduk dengan telapak kaki seperti bertepuk tangan. Ini tentu tidak mudah untuk dilakukan apalagi jika ukuran perut sudah semakin membesar. Jika telapak kaki sudah bisa menyatu maka selanjutnya gerakkan lutut naik turun. Lakukan gerakan ini secara rutin namun tidak perlu terlalu lama.

Manfaat Gerakan Senam Ibu Hamil

Lalu sebenarnya apa sih manfaat jika melakukan gerakan senam hamil? Pada bulan ke sembilan kehamilan, maka yang perlu dilakukan oleh para calon ibu dan ayah adalah bagaimana mempersiapkan kelahiran agar dapat berjalan dengan lancar. Nah, senam hamil ini umumnya dilakukan untuk mempersiapkan fisik dan mental ibu hamil ketika melahirkan nantinya. Gerakan-gerakan senam yang telah kita bahas di atas adalah gerakan-gerakan yang memiliki banyak manfaat. Gerakan jongkok misalnya, gerakan ini dilakukan untuk melatih kekuatan tot paha. Atau gerakan merangkak yang bermanfaat untuk melatih kekuatan otot punggung.

Selain itu, gerakan senam hamil 9 bulan ini juga bermanfaat untuk membantu membenarkan posisi bayi untuk bisa lahir ke jalur yang benar. Nah, dengan manfaat dan tujuan yang ada pada gerakan senam hamil maka tentu menjadi sangat penting untuk melakukan gerakan senam hamil. Tidak ada ruginya jika Anda mencoba gerakan-gerakan senam hamil tersebut. Namun ingat, tak perlu melakukan senam secara berlebihan. Karena jika berlebihan juga tak baik untuk kesehatan. Jika terlalu berlebihan maka bunda malah cepat untuk merasa lelah. Lakukan gerakan senam ibu hamil 9 bulan ini di rumah secara rutin untuk mempersiapkan kelahiran.

Image Source: thisfitsme.com

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *