Lakukan ya, Bun! Tips Cara Memijat Bayi yang Benar

Cara Memijat Bayi yang Benar
Johnson’s Baby Indonesia

Senang ya Bun melihat bayi Bunda sudah lebih besar dan berkembang? Kini bayi bunda sudah mulai bisa merangkak, duduk maupun berdiri. Hal itu tak terlepas dari kasih sayang Bunda yang selalu memberikan asupan yang bergizi dan baby spa yang Bunda lakukan dengan cara memijat bayi yang benar. Melihat perkembangan tubuh dan otaknya, tentu Bunda akan bangga dan lebih semangat dalam mengurusnya.

Salah satu bukti kasih sayang Bunda adalah dengan melakukan pijatan halus pada tubuh si Kecil. Sebagai bentuk interaksi antara Sang Bunda dengan si Kecil, pijatan tentu memiliki banyak manfaat bagi si Kecil, salah satunya adalah dapat membantu si Kecil dalam proses stimulus dan adaptasinya.

Melihat banyaknya manfaat yang didapat, tentu Bunda ingin sekali mengerti bagaimana cara memijat bayi yang benar. Berikut beberapa tips yang dapat Bunda lakukan..

Persiapan Sebelum Melakukan Baby Spa

Pastikan kondisi mood bayi baik dan dalam keadaan tidak terlalu kenyang dan tidak terlalu lapar. Itulah waktu terbaik dalam memijat, namun memijat sebelum tidur maupun setelah tidur tentu juga boleh dilakukan.

Sebelum memulai memijat, persiapkan ruangan yang nyaman dan bebas gangguan, krim pijat, baju ganti, dan mainan yang membuatnya rileks. Jangan biarkan bayi Bunda menjadi bad mood karena tidak nyaman dengan tempat pijatnya.

Cara Memijat Bayi yang Benar

  1. Buat si Kecil merasa rileks dulu, misal dengan mengajaknya bermain, ngobrol dan adaptasi dengan tempat pijatnya.
  2. Gunakan krim pijat bayi terbaik, kemudian tuang ke tangan Bunda terlebih dahulu sebelum digosokkan ke tubuh si Kecil.
  3. Kaki merupakan bagian yang paling sering tersentuh, mulailah memijat dari kaki sebagai rangsangan awal terhadap si Kecil sebelum memijat.
  4. Pijatlah si Kecil dengan lembut, jangan biarkan bayi Bunda merasa kesakitan karena terlalu kencang.
  5. Gerakan pijatan yang baik adalah dilakukan dari arah dalam ke luar tubuh. Misalnya dari lengan bayi kemudian ke telapak tangannya.
  6. Bayi Bunda akan melakukan reaksi terhadap pijatan Bunda. Tentu Bunda akan tahu kapan waktu yang tepat untuk melanjutkan pijatan dan kapan untuk berhenti dengan melihat reaksi yang diberikan si Kecil.

Teknik Gerakan dalam Memijat

Gerakan apapun yang Bunda lakukan terhadap si Kecil, tentu si Kecil akan memberikan reaksi. Pastikan gerakan yang Bunda lakukan itu benar sehingga membuat bayi Bunda nyaman ketika dipijat. Jika Bayi Bunda merasa tidak nyaman, artinya gerakan Bunda salah atau memang kondisi bayi sudah tidak mood. Maka dari itu, pilihlah gerakan terbaik ya, Bun.

  1. Gerakan memeras. Gerakan ini dilakukan dengan cara mengenggam tangan atau bagian tubuh lain secara perlahan, kemudian memerasnya dengan lembut.
  2. Gerakan tuas. Seperi pijat orang dewasa pada umumnya, gerakan ini juga dilakukan pada bayi dengan cara menggerakkan kaki ke atas kemudian ditekuk secara perlahan dan berulang-ulang.
  3. Gerakan Membelah. Gerakan ini seperti membelah, yaitu dari dalam ke arah luar tubuh.

Tentunya semua yang dilakukan pada Bayi Bunda merupakan bentuk kasing sayang terhadapnya ya, Bun? Nah, demi pijatan pada bayi yang nyaman, tentunya Bunda juga harus memikirkan krim yang dipakai pada saat melakukan pijatan. Aplikasikan JOHNSON’S® baby oil saat memijat ya, Bu. Baby Oil ini terbuat dari mineral oil murni yang nyaman dan aman dipakai Bun, serta dapat melembabkan kulit si Kecil. Dengan memakai baby oil terbaik, Bunda dapat melakukan baby spa dengan cara memijat yang benar.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *