Lama Waktu Tidur Bayi Berdasarkan Umur

Waktu tidur bayi merupakan salah satu hal yang sangat dipertanyakan oleh orang tua yang memiliki bayi. Hal itu karena lama tidur bayi ini juga sangat berpengaruh di dalam perkembangan dari si bayi sendiri.

waktu tidur bayi
Pic : Johnsons Baby Indonesia

Namun kita sebagai orang tua sulit untuk mengatur jam tidur bayi tersebut. Hal itu dikarenakan oleh banyak faktor, salah satunya juga karena si bayi itu sendiri.

Bayi yang memiliki umur masih sedikit tentu saja memiliki waktu tidur yang lebih lama jika dibandingkan dengan waktu tidur bayi yang sudah bisa berjalan. Dan semakin usianya bertambah tentu saja jam tidurnya semakin berkurang karena semakin bisa menahan rasa ngantuk.

Tetapi di balik itu semua tentu saja terdapat lamanya waktu tidur bayi yang standar dan disarankan oleh medis. Jika buah hati anda melakukan waktu tidur yang standar tersebut bisa berdampak positif pada perkembangan tubuh bayi dan akan membuat bayi lebih sehat. Namun berbeda dengan bayi yang tidurnya tidak teratur, maka perkembangan tubuh pun menjadi tidak teratur dan tidak dapat berkembang secara tepat. Untuk itu anda para bunda wajib memperhatikan waktu tidur bayi yang tepat agar pertumbuhan bayi anda tetap normal dan bahkan bisa tumbuh dengan cepat. Langsung saja untuk mengetahuinya, anda bisa melihat pada informasi sebagai berikut.

Umur 1 – 4 Minggu

Apabila anda memiliki buah hati yang usianya baru 1 hingga 4 minggu, maka standar tidurnya 15 – 18 jam atau lebih dari setengah hari. Hal ini karena bayi yang baru saja lahir belum mengenal siklus waktu untuk tidur, berarti dia tidak mengenal siang dan malam. Bahkan banyak juga bayi yang bangun pada saat malam hari dan tidur pada saat siang hari. Bahkan tidak jarang juga yang waktu tidurnya hingga 18 jam. Apabila buah hati anda seperti demikian, anda tidak perlu bingung karena memang begitulah siklus waktu tidur bayi saat usia belum ada 1 bulan.

Umur 1 – 4 Bulan

Jika buah hati anda masih berusia 1 hingga 4 bulan, maka siklus waktu tidur standarnya adalah 14 hingga 16 jam dalam satu haru. Pada usia ini biasanya orang tua akan dibuat bekerja lebih keras karena kebanyakan bayi menghabisnya 4 – 5 jam menikmati saat malam hari. Kebanyakan ibu yang memiliki bayi berumur 1 hingga 4 bulan tidak pernah tidur setiap harinya.

Usia 4 – 12 Bulan

Hampir sama seperti usia 1 hingga 4 bulan, usia 4 – 12 bulan ini idealnya bayi tidur dalam waktu 15 jam. Namun biasanya dalam usia bayi telah mencapai 12 bulan atau setahun, siklus waktu tidur bayi akan mengikuti orang dewasa. Bayi menjadi kenal perbedaan siang dan juga malam. Selain itu, biasanya jika orang tuanya sudah bangun, maka bayi akan juga ikut bangun karea sudah memiliki sensor terhadap sekitarnya.

Usia 1 – 3 Tahun

Pada usia ini bayi pastinya lebih agresif dan membuat waktu tidurnya menjadi berkurang. Sebenarnya, ideal waktu tidur bayi 1 – 3 tahun adalah 12 hingga 14 jam dalam satu hari. Namun kebanyakan bayi hanya menghabiskan tidunya selama 10 jam karena keinginannya untuk bermain kembali dan mengenal dunia baru.

Usia 3 – 6 Tahun

Pada usia ini idealnya bayi tidur selama 10 hingga 12 jam. Namun biasanya anak-anak sudah tidak bisa tidur selama itu dan mungkin waktu tidurnya terpotong menjadi 6 sampai 9 jam. Hal itu dikarenakan jika anak sudah sangat aktif dan sangat gemar bermain maka mereka tidak nyaman saat tidur dan ingin cepat-cepat bangun untuk bermain dengan teman-temannya.

Begitulah siklus waktu tidur bayi yang standar dan ideal berdasarkan umurnya. Namun mungkin standar waktu tidur tersebut sangat sulit untuk dilakukan karena memang semakin bertambahnya usia akan semakin aktif dan pikiran mereka semakin tidak bisa tenang.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *