Larangan dalam Cara Mendidik Anak    

cara mendidik anak
Friso Indonesia

Cara mendidik anak bisa menjadi hal yang variatif, tergantung bagaimana orang tua ingin membentuknya. Namun terkadang dalam mendidik anak, ada beberapa hal yang harus dihindari agar proses mendidiknya dapat berjalan dengan baik. Jika larangan ini justru dilakukan, bukannya anak menjadi paham, justru sebaliknya, mereka dapat memberontak. Maka dari itu, hendaklah para orang tua mengetahui larangan dalam cara mendidik anak agar anak dapat tumbuh berkembang menjadi pribadi yang baik.  

Memaksa anak untuk menghentikan aktifitasnya  

Dalam beraktifitas, anak cenderung merasa senang dan melakukannya hingga lupa waktu. Padahal sebagai orang tua pasti telah menjadwalkan waktu untuk anaknya seperti waktu makan, mandi dan lainnya. Dalam hal ini, ketika anak sedang asyik beraktifitas, orang tua akan cenderung memaksanya untuk berhenti dan melakukan hal lain. Jika anak menolak, maka hendaklah orang tua membujuknya dan memberikan pengertian bahwa waktu aktifitasnya sudah habis dan saatnya untuk melakukan aktifitas lainnya. Ketika memaksa keinginan anak, bukannya malah menurut, anak justru akan memberontak dan menjadi keras kepala. Namun jika diberi pengertian dan persetujuan untuk memberikan waktu lebih sampai anak puas, maka dalam hal ini anak akan merasa dihargai dan menurut.

Menyuapi makanannya  

Ketika anak sedang sibuk dengan aktifitasnya, maka terkadang waktu makan akan terlupakan. Orang tua pun akan bingung dan panik ketika anak tidak makan dan memilih untuk menyuapinya saat sedang beraktifitas. Hal ini wajar dilakukan jika masih bayi, namun jika telah memasuki usia 3 tahun, hendaklah diajari untuk makan sendiri. Jika anak menolak untuk makan, letakkanlah makanan anak di sampingnya ketika bermain. Dalam cara mendidik anak, cara lain yang dapat digunakan adalah dengan menanyakan makanan apa yang diinginkan. Biasanya anak akan memakan makanan yang dia inginkan dengan lahap. Sediakan pula cemilan sehat dan bergizi untuk anak ketika ia bermain, jika ia mulai lapar maka berikanlah makanan berat seperti nasi dengan lauk pauk. Jangan pernah memaksa anak untuk makan, sebaliknya berikanlah pengertian dan ajaklah ia untuk makan.

Menghentikan keingintahuannya  

Anak ketika sudah mulai bisa berbicara pasti akan menanyakan berbagai hal yang terkadang dilakukan pada saat orang tua sedang sibuk. Ketika hal ini terjadi, janganlah orang tua tidak menjawab atau bahkan menganggap hal tersebut mengganggu dan mengusirnya. Ketika hal itu terjadi, anak akan bersikap apatis dan tidak berani untuk menyampaikan pikirannya. Sebaiknya, dalam menjawab pertanyaan anak ketika orang tua sedang sibuk, berikanlah pengertian dan jawablah sebisa mungkin, tanpa menghentikan keingintahuannya. Anak-anak dalam masa keemasannya ini akan cepat belajar dan paham akan informasi yang diberitahukan oleh orang tua. Maka usahakanlah untuk menjaga komunikasi antara anak dan orang tua agar anak menjadi pribadi yang terbuka terhadap pemikiran dan masalahnya nanti.

Memberi mainan namun tidak pernah bermain bersama  

Orang tua pasti ingin anaknya cerdas dengan memberikan berbagai permainan yang edukatif. Dalam hal ini mainan edukatif banyak bentuknya dan berbagai macam fungsi untuk meningkatkan kecerdasannya. Namun jangan salah, fungsi mainan tersebut tidak dapat digunakan sendiri oleh anak. Sebagai orang tua, hendaklah mengenalkan fungsi mainan tersebut ke anak dengan cara memainkannya bersama dan memberi tahu caranya. Luangkanlah waktu untuk bermain bersama anak, karena selain untuk mengajarinya, waktu berkualitas bersama anak dapat meningkatkan hubungan antara anak dan orang tua.

Setelah dibahas berbagai cara dalam mendidik anak, telah begitu banyak hal yang orang tua lakukan yang terkadang justru salah. Maka dari itu, sebagai upaya mengoreksi diri dan menjadi orang tua yang baik, cobalah untuk melakukan cara mendidik anak yang telah disebutkan di atas.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *