Lemak Juga Dibutuhkan Untuk Menjaga Kesehatan Kehamilan Lho

Menjaga Kesehatan Kehamilan
www.ibudanbalita.com

Pada intinya, menjaga kesehatan kehamilan dilakukan dengan cara menjauhi hal yang buruk dan selalu melakukan hal yang baik. Sayangnya, ada ibu hamil yang tidak tahu apa yang seharusnya dan yang tidak seharusnya dilakukan. Ada juga ibu hamil yang menganggap apa yang ia lakukan benar padahal salah.

Ha ini juga berkaitan dengan nutrisi ibu hamil. Coba ibu sebutkan apa saja nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Umumnya, para ibu hamil akan menyebutkan vitamin, protein, asam folat, serta AA dan DHA. Namun, tahukah ibu lemak itu juga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil?

Terdengar aneh, bukan? Kenapa lemak yang cenderung memberikan efek negatif justru dibutuhkan untuk ibu hamil?

Jawabannya ada di penjelasan berikut ini.

Kebutuhan Ibu Hamil Terhadap Lemak

Hal utama yang harus digarisbawahi adalah adanya lemak baik dan lemak jahat. Jadi, yang perlu ibu lakukan adalah mendapatkan lemak baik dan menghindari lemak jahat. Lalu, apa itu lemak baik?

Salah satu lemak baik adalah lemak tak jenuh. Lemak ini sangat baik untuk ibu dan juga janin dalam kandungan. Untuk ibu hamil, lemak tak jenuh ini akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, jika ibu memiliki resiko terkena penyakit jantung, maka resiko tersebut bisa dihilangkan.

Bagi janin dalam kandungan. Lemak tak jenuh ini sangat dibutuhkan agar perkembangan maksimal. Ada penelitian kesehatan di mana kesimpulannya adalah lemak tak jenuh bisa menekan resiko bayi lahir dalam keadaan cacat.

Jadi, jelas kan mengapa lemak sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi di dalam kandungan?

Sekarang, apakah ibu tahu makanan apa saja yang menjadi sumber dari lemak tak jenuh ini? Beberapa sumber lemak tak jenuh adalah ikan salon, jagung, dan kacang-kacangan.

Bagaimana dengan daging sapi? Mungkin ibu pernah baca di www.ibudanbalita.com bawasannya daging sapi selain mengandung protein tinggi juga mengandung lemak. Memang lemak pada daging sapi itu baik. Namun, jenisnya adalah lemak jenuh. Dan lemak ini dibutuhkan untuk menambah kalori ibu hamil saja.

Lemak Yang Perlu Dihindari

Ada satu jenis lemak lagi yang harus ibu ketahui, yaitu lemak trans atau trans fats. Inilah yang termasuk ke dalam lemak jahat. Dan tentu saja ibu tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak trans karena berbahaya bagi kesehatan kehamilan dan juga kesehatan bayi di dalam kandungan.

Lemak trans ini biasanya terdapat pada makanan kemasan yang biasanya dijual di minimarket. Memang makanan semacam itu sangat enak. Namun, sebaiknya ibu menghindari makanan tersebut. Makanan yang mengandung lemak trans akan membuat semakin tinggi resiko bayi lahir premature.

Selain itu, lemak trans ini juga tidak baik bagi kesehatan ibu hamil. Pasalnya, lemak ini akan membuat ibu hamil mengalami kegemukan. Dan ibu tahu kan apa yang terjadi jika ibu mengalami kegemukan saat hamil? Jika ini ibu alami, bayi yang ibu kandung juga beresiko mengalami hal yang sama. Selain itu, persalinan dalam kondisi obesitas sangat beresiko bagi kesehatan ibu dan juga janin di dalam kandungan.

Sudah jelas kan mengapa lemak juga sebenarnya dibutuhkan oleh ibu hamil? Ikuti update info tentang menjaga kesehatan ibu hamil dengan bergabung di forum ibu dan balita. Di sana, ibu bisa ikut berdikusi dengan para ibu hamil sehingga ibu tahu apa yang harus ibu lakukan untuk menjaga kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *