Lemak Juga Penting Untuk Perkembangan Janin

Pentingnya Lemak Untuk Ibu Hamil

Banyak orang yang tidak tahu jika perkembangan janin juga sangat dipengaruhi oleh lemak yang didapatkan dari makanan yang ibu konsumsi. Salah jika ibu menganggap lemak hanya memberikan pengaruh buruk terhadap kesehatan. Lemak juga sama dengan protein dan kalsium yang sangat dibutuhkan untuk menunjang perkembangan bayi di dalam rahim.

Akan tetapi, hal ini tidak lantas membuat ibu bebas mengkonsumsi makanan berlemak. Tentu saja ada aturannya. Berapa kadar lemak yang boleh dikonsumsi harus ibu ketahui. Dan yang paling penting lagi, ibu harus mengerti lemak apa yang baik untuk perkembangan bayi di dalam kandungan. Dengan demikian, ibu bisa dengan mudah mencari menu makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama masa kehamilan.

Kenapa Lemak Dibutuhkan Saat Hamil?

Sebenarnya lemak ini tidak  hanya dibutuhkan oleh janin di dalam kandungan. Lemak juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

Selain karbohidrat, lemak juga menyumbang energi untuk seorang ibu hamil. Pasalnya, lemak bisa dikonversi menjadi energi sehingga seorang ibu hamil bisa tetap beraktivitas seperti biasanya. Tubuh akan secara otomatis merubah lemak menjadi energi jika cadangan karbohidrat di dalam tubuh sudah habis. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, maka seorang ibu hamil tidak mudah lelah tapi justru akan terus bertenaga.

Selain itu, lemak juga akan membantu pembentukan sel. Ini tidak hanya dibutuhkan oleh ibu hamil tapi juga bayi di dalam kandungan. Perkembangan bayi sangat dipengaruhi dari seberapa baik pembentukan sel. Dan inilah mengapa lemak dibutuhkan.

Lemak Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Satu catatan yang harus ibu ketahui. Sama seperti tidak semua makanan lezat mengandung nutrisi untuk ibu hamil, tidak semua lemak bisa memberikan manfaat seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Hanya lemak yang baik saja yang boleh ibu dapatkan.

Apa itu lemak yang baik? Yaitu lemak tak jenuh. Dan inilah yang direkomendasikan oleh para peneliti kesehatan ibu hamil dari The American Heart Association. Dari penelitian yang mereka lakukan, didapatkan sebuah kesimpulan bawasannya setiap ibu hamil harus mendapatkan asupan gizi berupa lemak tak jenuh dalam kadar yang cukup.

Selain baik untuk kesehatan ibu hamil dan juga perkembangan janin, lemak tak jenuh ini juga berfungsi sebagai pelindung organ dalam ibu hamil dan juga pelindung janin di dalam rahim.

Sumber Lemak Tak Jenuh

Beruntung sekali karena tidak sulit menemukan makanan yang menjadi sumber makanan tak jenuh. Kebanyakan makanan yang mengandung lemak tak jenuh dalam kadar yang tinggi diperoleh dari ikan laut. Ibu bisa konsumsi ikan salmon, ikan tuna, dan ikan sarden.

Namun, jika ibu tidak terlalu suka dengan seafood, ibu bisa konsumsi makanan lainnya yang tinggi kadar lemak tak jenuhnya seperti selai kacang, buah alpukat, labu, tahu, tempe, dan buah zaitun.

Yang paling mudah adalah selalu mengkonsumsi susu untuk ibu hamil setiap hari. Susu Frisian Flag Mama mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil, termasuk lemak dengan kadar yang disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan demikian, sudah bisa dipastikan ibu bisa menjaga kesehatan selama masa kehamilan dan perkembangan bayi di dalam kandungan tidak perlu dikhawatirkan lagi.

Tentu tidak hanya gizi saja yang harus dipenuhi. Ibu tidak tahu jika bayi mengalami masalah jika ibu tidak tidak konsultasi dengan dokter. Lakukan konsultasi secara rutin setidaknya satu kali dalam satu bulan. Pemeriksaan USG sangat diperlukan untuk memastikan perkembangan janin baik.

Image Source: inhabitots.com

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *