Makan Lezat Tapi Tidak Mengandung Untuk Nutrisi Ibu Hamil

Gizi Ibu Hamil
sehat100.com

Nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil muda dan tua berbeda lho. Hal inilah yang membuat ibu harus tahu persis apa yang sebenarnya dibutukan. Dan kebutuhan nutrisi tersebut harus disesuaikan dengan usia kehamilan.

Ada beberapa makanan lezat yang ternyata tidak mengandung nutrisi untuk ibu hamil di trimester 3. Memang kandungan nutrisinya banyak tapi tidak dibutuhkan ketika usia kehamilan trimester ketiga.

Dua Jenis Makanan Yang Harus Dihindari

Mungkin ini menjadi kabar buruk bagi ibu yang tinggal di daerah Pantura. Masyarakat di daerah Pantura memiliki ciri khas. Makanan mereka cenderung asin dan pedas. Padahal, makanan yang asin termasuk jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil trimester 3 lho. Ibu tahu kenapa?

Makanan yang asin mengandung garam yang banyak. Padahal, yodium yang terkandung di dalam garam bisa membuat kaki ibu mengalami kejang-kejang. Hal ini disebabkan aliran darah tidak lancar sehingga kaki cenderung kaku.

Selain itu, makanan yang kandungan nutrisinya tinggi adalah kue manis rasa keju. Ibu pasti tahu kan kandungan gizi ibu hamil di dalam keju? Keju terbuat dari susu dan banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Selain itu, kue rasa keju pasti sangat lezat. Sayangnya, ini bukan makanan yang baik dikonsumsi ibu hamil tua. Hal ini disebabkan keju dibuat tanpa melewati proses pasteurisasi. Para ahli kesehatan ibu hamil khawatir jika keju tersebut bisa menyebabkan infeksi.

Apakah ibu suka dengan dua jenis makanan tersebut, yaitu makanan yang asin dan makanan berbahan keju? Jika ibu suka, sebaiknya ibu tahan dulu sebentar hingga bayi lahir nanti.

Makanan Yang Diperlukan Ibu Hamil Trimester 3

Jika berbicara tentang nutrisi untuk ibu hamil trimester 3, maka pembahasannya akan sangat panjang sekali. Ibu bisa ikut forum online ibu hamil agar lebih tahu mengenai gizi ibu hamil tua.

Namun, secara umum, makanan yang ibu sangat butuhkan adalah makanan yang mengandung banyak energi. Makanan tersebut tidak hanya makanan yang mengandung karbohidrat. Makanan yang ibu konsumsi sebaiknya mengandung protein dan juga lemak dalam kadar yang rendah. Hal ini disebabkan protein dan lemak juga bisa dikonversi menjadi energi. Lebih dari itu, protein dan lemak tidak mudah dicerna. Tidak seperti karbohidrat. Jika ibu mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, maka tubuh membutuhkan waktu yang lama untuk mencerna protein menjadi energi. Dan inilah yang membuat ibu bertenaga. Sementara itu, cadangan lemak yang ada di tubuh ibu akan dikonversi menjadi enegi jika energi yang dihasilkan dari karbohidrat menipis.

Nutrisi ibu hamil tua seperti protein inilah yang dibutuhkan terutama ketika masa persalinan sudah dekat. Diharapkan ibu memiliki cukup energi agar ibu bisa melalui proses persalinan secara normal dan lancar.

Ada baiknya juga ibu mengkonsumsi susu Frisomum Gold. Ini merupakan susu ibu hamil terbaik yang akan memastikan kebutuhan nutrisi ibu hamil tercukupi. Yang paling penting adalah kebutuhan nutrisi seimbang tercukupi. Dan itu bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan bergizi dibarengi dengan minum susu ibu hamil.

Yang pasti, ketika masa persalinan sudah hampir tiba, ibu sebaiknya lebih intens melakukan konsultasi dengan dokter kandungan atau bidan. Hal ini disebabkan perubahan bisa terjadi sangat cepat. Dengan demikian, jika perubahan tersebut mengarah pada hal yang berbahaya, maka ibu bisa segera mendapatkan penanganan. Jadi, dua hal ini, yaitu konsultasi lebih intens serta pemenuhan nutrisi ibu hamil trimester 3 harus benar-benar diperhatikan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *