Makanan Apa Sajakah yang Bisa Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Tua

Nutrisi Ibu Hamil
Friso Indonesia

Nutrisi ibu hamil harus dipenuhi mulai saat kehamilan muda hingga tua. Akan tetapi, pada masa kehamilan trimester ketiga atau yang sering disebut dengan masa kehamilan tua, nutrisi tertentu harus lebih diutamakan, seperti kalori, kalsium, dan lain sebagainya.

Tentu saja penentuan nutrisi untuk ibu hamil tua bukan tanpa alasan. Ada kondisi di mana memang ibu hamil tua memerlukan nutrisi-nutrisi tersebut. Berbeda ketika saat hamil muda di mana ibu hamil biasanya harus memperbanyak nutrisi untuk perkembangan janin karena pada saat itulah proses perkembangan janin dimulai.

Untuk itulah ibu harus tahu makanan apa sajakah yang ibu harus konsumsi untuk memenuhi nutrisi ibu hamil tua. Berikut ulasan selengkapnya.

Seafood

Sayang sekali jika ibu tidak suka dengan seafood. Kandungan Omega 3 nya sangat tinggi. Seperti yang dijelaskan oleh ahli kesehatan ibu hamil, omega 3 sangat dibutuhkan untuk perkembangan saraf janin yang ada di dalam kandungan. Dengan terpenuhinya omega 3 ini, ibu akan melahirkan anak yang sehat dan cerdas nanti.

Oleh karena itu, makanan berupa seafood bisa dikatakan makanan wajib bagi ibu hamil muda. Hal ini disebabkan nutrisi ibu hamil yang terkandung di dalam seafood terutama omega 3.

Lalu, bagaimana jika ibu tidak suka mengkonsumsi seafood? Tentu ada makanan jenis lain selain seafood yang juga mengandung omega 3 ini. Bahkan, dengan mengkonsumsi susu ibu hamil saja, ibu berarti sudah memberikan asupan nutrisi ibu hamil berupa omega 3.

Pepaya

Makanan yang satu ini tentu tidak asing lagi, bukan? Selain mudah didapatkan, harganya pun sangat terjangkau.

Siapa sangka jika makanan murah meriah yang satu ini mengandung berbagai nutrisi ibu hamil tua. Bahkan, bagi ibu yang sering mengalami heartburn, pepaya bisa menjadi obat untuk mengatasi masalah tersebut.

Heartburn merupakan keluhan kesehatan yang paling sering dialami oleh ibu hamil tua. Oleh sebab itu, ibu bisa menjadikan pepaya sebagai makanan cemilan segar di siang hari agar terhindar dari heartburn.

Lebih dari itu, dengan mengkonsumsi pepaya, kabarnya produksi ASI nanti ketika ibu sudah melahirkan sang buah hati akan semakin banyak. Jadi, ada manfaat lainnya selain untuk menjaga kesehatan saat hamil. Jadi seamakin tertarik untuk mengkonsumsi pepaya?

Sayuran Hijau seperti Brokoli dan Bayam

Tahukah ibu apa yang terkandung di dalam brokoli dan bayam? Tentu sekali banyak sekali nutrisi ibu hamil yang ada di dalam sayuran hijau tersebut.

Namun, satu hal yang perlu ibu ketahui bahwa kandungan vitamin K pada dua sayuran tersebut bisa mempermudah proses pembekuan darah. Jadi, jika masa persalinan sudah hampir tiba dan ibu ingin sekali melakukan persalinan normal, sangat disarankan untuk mengkonsumsi pepaya karena kandungan vitamin K ini.

Begitu banyak pilihan makanan enak dan menyehatkan seharusnya membuat ibu tidak perlu pusing. Yang perlu ibu lakukan hanyalah membuat variasi makanan walaupun dengan bahan yang sama agar tidak membosankan.

Sekarang ibu sudah tahu apa saja makanan yang mengandung nutrisi untuk ibu hamil tua. Makanan tersebut di atas sebaiknya ibu pertimbangkan sebagai hidangan paling utama.

Akan tetapi, bukan berarti dengan mengkonsumsi makanan tersebut di atas nutrisi ibu hamil sudah tercukupi. Ibu juga harus tetap mengkonsumsi susu ibu hamil. Pasalnya, susu inilah yang sudah diformulasikan agar ibu tidak hanya mencukupi semua nutrisi tapi juga menyuplai nutrisi seimbang. Dan itulah bagian terpenting terkait dengan nutrisi ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *