Makanan Di Sekitar Yang Mengandung Vitamin Otak Anak

vitamin otak anak
www.ibudanbalita.com

Tidak cukup ibu hanya memberikan fasilitas yang dibutuhkan seperti mainan edukatif agar anak cerdas. Nutrisi juga harus terpenuhi. Dan inilah pentingnya ibu memberikan vitamin otak anak.

apa saja vitamin untuk otak anak? Setidaknya ibu memberikan 4 vitamin yang sangat diperlukan untuk mengembangkan saraf anak. Berikut ini keempat vitamin tersebut:

  1. Vitamin E

Ibu pasti tidak asing dengan vitamin E, apalagi ibu yang gemar memperhatikan produk-produk kecantikan. Betul sekali. Vitamin E ini sering dijadikan bahan utama di dalam sebuah produk kecantikan karena kemampuannya untuk mencegah munculnya tanda penuaan dini serta mengencangkan kulit.

Namun, siapa sangka jika ternyata ini juga termasuk vitamin otak. Bagaimana perannya? Selain untuk kecantikan, vitamin E ini akan mencegah munculnya resiko fase pertama Alzeimer atau pikun dini.

Anak ibu bisa mendapatkan nutrisi otak yang satu ini dengan hanya memberikan sayuran hijau setiap hari. Ada banyak pilihannya seperti bayam, kangkung, dan sayuran hijau lainnya yang dengan mudah ibu dapatkan.

  1. Vitamin B-6

Vitamin yang satu ini sudah terkenal khasiatnya untuk mencerdaskan otak. Bahkan, anak yang tidak bisa fokus atau konsentrasi sangat dianjurkan untuk memberikan vitamin otak anak yang satu ini.

Turunnya konsentrasi anak akan membuat akan mengalami kesulitan dalam menyerap pelajaran baru. Ini akan menjadi lebih fatal jika tidak segera dihentikan. Ibu bisa berikan madu, kacang-kacangan, dan juga wortel agar anak mendapatkan vitamin B-6 ini.

  1. Vitamin B-12

Dalam hal ini, ibu harus tahu ada hubungan antara kerusakan otak dengan perubahan suasana hati. Artinya, anak cerdas memiliki suasana hati yang gembira. Karena inilah modal utama anak dalam belajar. Mereka bisa belajar dan menyerap pelajaran dengan mudah jika mereka merasa bahagia.

Sayangnya, rasa gembira itu bisa saja hilang, bukan karena masalah yang ia alami, tapi mereka kekurangan vitamin B-12. Dan apa yang terjadi? Kemampuan sarafnya akhirnya tidak berkembang.

Untuk itu, ibu bisa menyiapkan menu makanan seperti sup daging sapi atau ikan laut karena dua makanan tersebut merupakan sumber dari vitamin B-12 yang termasuk ke dalam salah satu vitamin untuk otak anak.

  1. Vitamin B

Vitamin yang satu ini lebih bertujuan untuk meningkatkan daya ingat. Jadi, jika ibu merasa tidak ada masalah dengan saraf anak dan ibu hanya ingin membuat daya ingatnya lebih bagus, maka ibu bisa memberikan vitamin B.

Vitamin otak yang satu ini bisa didapatkan dari telur ayam serta daging. Akan lebih baik jika ibu memberikan makanan yang mengandung vitamin B kompleks agar daya ingat otak anak semakin baik.

Akan tetapi, harus dipahami juga bawasannya tidak ada gunanya anak mendapatkan vitamin untuk otak anak  namun tidak ada stimulus untuk mengembangkan saraf tersebut. Jadi, tugas ibu belum selesai. Setelah memastikan si kecil mendapatkan asupan nutrisi otak, ibu juga perlu memberikan stimulus untuk perkembangan otak seperti permainan edukatif.

Dan yang tak kalah penting, ibu juga harus tahu bagaimana cara mendidik anak yang tepat agar anak cerdas. Untuk masalah yang satu ini, sebaiknya ibu belajar langsung pada ahlinya. Di situs www.ibudanbalita.com, ibu konsultasi dengan pakar perkembangan anak tentang bagaimana cara mendidik anak yang baik.

Di sana juga ada forum ibu dan balita. Ibu bisa sharing pengalaman dengan para orang tua tentang bagaimana mengasuh dan mendidik anak. Pendidikan dari rumah menjadi pondasi yang sangat penting bagi masa depan anak. Dan tentunya hal tersebut harus diimbangi dengan pemberian makanan yang mengandung vitamin otak anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *