Makanan Ibu Hamil untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

Makanan Ibu Hamil
Ibu & Balita

Makanan ibu hamil berikut ini harus ibu ketahui. Khusus bagi ibu yang selama ini masih mengalami masalah pencernaan seperti diare dan susah buah air besar, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan berikut ini.

Sayang sekali jika ibu langsung mengkonsumsi obat-obatan, apalagi obat berbahan kimia setiap kali ibu mengalami masalah kesehatan. Ibu harus tahu ada alterntif lain untuk mengatasi masalah kesehatan saat hamil. Banyak juga makanan ibu hamil yang fungsinya itu seperti obat. Berikut beberapa makanan untuk ibu hamil yang bisa mengatasi masalah yang berhubungan dengan pencernaan.

Buah Mangga

Buah yang satu ini memang tidak mudah ditemui ketika sedang tidak musim. Hanya saja, ibu harus tahu bahwa buah mangga itu bisa ibu jadikan obat sembelit lho.

Saat hamil, kebanyakan wanita hamil mengalami masalah sembelit atau susah BAB. Sebenarnya, hal tersebut dikarenakan faktor hormonal. Artinya, sembelit atau susah BAB merupakan keluhan kesahatan yang wajar terjadi.

Akan tetapi, bukan berarti hal yang normal lalu ibu membiarkan hal tersebut terjadi begitu saja, bukan? Sembelit bisa menggaggu aktivitas ibu setiap hari lho. Bahkan, jika ibu mengalami sembelit dalam kurun waktu yang lama, hal tersebut bisa mempengaruhi kesehatan ibu secara keseluruhan. Oleh karena itu, ibu harus tahu makanan ibu hamil yang bisa mengatasi sembelit, salah satunya adalah mangga. Dengan mengkonsumsi mangga, sembelit akan segera teratasi. Jangan langsung minum obat sembelit ya.

Buah Naga

Buah yang satu ini akhir-akhir ini semakin populer. Apalagi setelah tahu kandungan yang ada di dalam buah naga, semakin banyak orang yang memfavoritkan buah ini.

Bagi ibu hamil, buah naga ini sangat baik untuk mencegah dan mengobati masalah yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Pasalnya, terdapat kandungan berupa serat. Ibu mungkin sudah tahu bahwa serat sangat mempengaruhi kesehatan sistem pencernaan sehingga dengan mengkonsumsi makanan ibu hamil yang mengandung serat, masalah kesehatan seperti diare dan sembelit bisa segera teratasi.

Hanya saja, karena kandungan vitamin C di dalam buah naga ini yang cukup tinggi, jangan mengkonsumsi terlalu banyak buah naga ya. Jika ibu mual, justru vitamin C ini bisa memperburuk keadaan. Jadi, konsumsilah dalam jumlah yang wajar.

Buah Pisang

Siapa yang sangka buah yang harganya sangat mudah ini merupakan makanan ibu hamil yang bisa mengobati keluhan kesehatan yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Jika ibu sering mengalami diare padahal tidak mengkonsumsi makanan yang pedas, ibu bisa coba menyembuhkan diare dengan cara mengkonsumsi buah pisang.

Di dalam buah pisang, terdapat kalium dalam jumlah yang cukup tinggi. Kalium inilah yang akan bekerja sehingga diare yang ibu alami akan diobati. Selain itu, kalium juga berfungsi pengganti elektrolit yang terbuat saat ibu diare.

Dari sekian banyak makanan ibu hamil, ibu harus tahu mana makanan yang hanya memberikan nutrisi untuk perkembangan janin dan mana yang berfungsi sebagai obat. Akan lebih baik jika ibu memilih makanan yang tidak hanya memastikan perkembangan janin dalam kandungan baik, tapi juga mengobati keluhan kesehatan yang sering ibu alami saat hamil.

Lalu, bagaimana dengan ngidam? Apakah ibu sudah tahu bagaimana cara mengatasi ngidam? Ternyata, ada juga lho makanan yang bisa membuat ibu tidak ngidam hal atau makanan yang aneh-aneh. Akan tetapi, ibu juga harus menerapkan tips mengendalikan ngidam setelah ibu memilih makanan ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *