Makanan Pantangan Bagi Para Ibu Menyusui

pantangan makanan ibu menyusui
Ibu dan Balita

Masa menyusui merupakan masa terpenting bagi perkembangan anak melalui ASI eksklusif yang diberikan. Banyak yang bilang bahwa tidak ada pantangan makanan ibu menyusui, namun ada beberapa makanan tertentu yang sebaiknya tidak dimakan oleh ibu menyusui selama masa menyusui karena dapat berdampak untuk bayi. Apa sajakah makanan tersebut? Simak ulasan berikut ini.

  1. Alkohol

Minuman yang mengandung alkohol tentu sangat tidak baik untuk tubuh, begitu pula untuk ibu menyusui. Pantangan ini adalah yang paling berbahaya dalam masa kehamilan maupun menyusui. Jika seorang ibu menyusui meminum alkohol ketika sedang menyusui bayinya maka efek samping yang diberikan adalah bayi akan tampak loyo, mengantuk, tidur lama dibatas normal dan pusing.

  1. Kafein

Selain alkohol yang dapat berakibat langsung pada bayi dari menyusui, maka pantangan lainnya adalah kafein. Minuman yang mengandung kafein antara lain adalah teh, kopi dan soda. Maka hendaklah ketika ibu menyusui untuk mengurangi konsumsi kafein tersebut. Hal ini dikarenakan kandungan kafein yang diminum oleh ibu dapat berpengaruh pada bayi sehingga bayi menjadi mudah rewel dan susah tidur. Kafein tersebut tidak diekskresikan keluar dari sistem pencernaan bayi sehingga bayi mengalami iritasi lambung yang disebabkan sistem pencernaan bayi belum sempurna. Jika ingin meminum kopi atau teh, maka kuranglah porsinya dan minum setelah bayi Anda tertidur.

  1. Makanan yang Merangsang Gas

Perut kembung tentu menjadi hal yang tidak nyaman untuk bayi dan ini terjadi karena sang ibu mengkonsumsi makanan yang ber gas. Jenis makanan ber gas yang selama ini dimakan di antaranya adalah kubis, brokoli dan paprika. Terdapat pula berbagai kacang-kacangan seperti kacang merah dan kacang hitam yang dapat menyebabkan perut kembung pada bayi.

  1. Buah-Buahan Sitrus

Ruam popok pada bayi juga dapat disebabkan oleh asam dalam buah jeruk. Tidak hanya buah jeruk, buah-buahan sitrus seperti lemon, limau dan jeruk bali juga sebaiknya dihindari oleh ibu menyusui. Namun, untuk menggantikan vitamin C yang terkandung dalam buah-buahan tersebut, Anda dapat menggantinya dengan mengkonsumsi mangga dan pepaya.

  1. Makanan Pedas

Walaupun belum ada penelitian yang signifikan mengenai pengaruh makanan pedas pada ibu menyusui, namun alangkah baiknya jika Anda menghindari konsumsi makanan pedas karena mungkin dapat berpengaruh pada bayi saat mengkonsumsi ASI.

  1. Bawang Putih

Tidak disangka-sangka, ternyata bawang putih jika dikonsumsi oleh ibu menyusui dapat mengubah rasa dan mempengaruhi kualitas ASI. Hal ini dapat terjadi setelah dua jam dikonsumsi. Namun, cobalah lihat reaksi bayi Anda saat meminum ASI setelah Anda memakan bawang putih. Jika memang dia menghindarinya maka sebaiknya Anda hentikan konsumsi bawang putih saat ingin menyusui.

  1. Produk Berbasis Susu

Makanan seperti yoghurt, keju, es krim dan lainnya yang terbuat dari susu tentu sangat enak untuk dimakan, namun bagaimana jika ternyata setelah Anda memakan makanan tersebut, ASI yang diberikan pada bayi menyebabkannya kolik dan muntah. Selain kedua gejala tersebut, sakit perut, eksim dan sulit tidur juga dapat terjadi. Maka jika bayi Anda menunjukkan gejala tersebut setelah meminum ASI, hendaklah mengurangi bahkan menghentikan konsumsi tersebut.

  1. Ikan Besar dan Kerang-Kerangan

Bagi Anda yang menyukai seafood seperti ikan dan kerang, maka saat menyusui hendaklah mengurangi konsumsi makanan tersebut Ikan besar cenderung mengandung banyak merkuri sehingga dapat mempengaruhi sistem saraf pusat bayi Anda. Hal ini dapat menyebabkan bahaya pada otak bayi pada bagian memori, perhatian, kemampuan kognitif, keterampilan motorik, visual dan bahasa. Konsumsi ikan besar seperti ikan hiu, king mackeren sebaiknya dihindari. Untuk kerang pun harus dihindari jika ternyata terdapat riwayat alergi dalam keluarga Anda.

Selain dari ke 8 makanan pantangan tersebut, tentunya yang terpenting dari seorang ibu menyusui adalah memakan makanan yang sehat dan segar untuk memenuhi segala kebutuh sang buah hati dalam masa menyusui.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *