Makanan Pelengkap Pendukung Nutrisi Ibu Menyusui

Nutrisi Ibu Menyusui
Friso Indonesia

Nutrisi ibu menyusui harus diperhatikan dalam masa menyusui untuk si kecil. Setelah melahirkan, Ibu membutuhkan gizi lebih untuk diberikan kepada sang bayi. Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sehat akan meningkatkan energi sang Ibu dan memberikan ASI ekslusif pula untuk si bayi.

Untuk seorang ibu yang sedang menyusui, kualitas ASI sebenarnya tetap hampir sama, tidak terpengaruh oleh makanan yang Ibu makan. Walaupun begitu, seorang Ibu juga harus tetap menjaga kondisi tubuhnya agar tetap fit sehingga ASI yang diberikan pun baik. Makanan yang dapat membantu meningkatkan kualitas produksi ASI adalah:

Ikan salmon, karena kandungan DHA nya yang merupakan faktor penting dalam pengembangan sistem saraf bayi dan dapat mengurangi resiko terkena baby blues.

Daging sapi tanpa lemak, makanan ini mengandung zat besi yang berfungsi meningkatkan energi Ibu. Kekurangan zat besi dapat menguras energi Ibu sehingga menjadi cepat lelah. Dalam menyusui, Ibu membutuhkan tambahan vitamin B-12 yang juga terkandung dalam daging sapi tanpa lemak.

Kacang-kacangan, dalam hal ini yang berwarna gelap seperti kacang hitam dan kacang merah adalah makanan untuk ibu menyusui yang sangat tepat. Karena kacang-kacangan sangat bermanfaat, terutama bagi Ibu yang vegetarian. Nutrisi dalam kacang-kacangan kaya akan zat besi dan juga protein non-hewani yang tentu harganya tidak semahal produk hewani.

Bluberi menjadi salah satu buah yang penting untuk nutrisi ibu menyusui. Dengan meminum dua atau lebih porsi buah atau jus bluberi setiap hari akan membuat Ibu kaya akan antioksidan, vitamin, mineral dan karbohidrat dalam dosis yang sesuai sehingga terbukti menjadikan Ibu sehat.

Beras merah merupakan makanan selanjutnya yang penting untuk menurunkan berat badan Ibu setelah melahirkan, karena pasti setelah melahirkan Ibu akan cenderung mengurangi asupan karbohidrat. Namun berhati-hatilah karena mengurangi konsumsi karbohidrat yang banyak akan mengakibatkan berkurangnya produksi ASI dan membuat Ibu menjadi lesu. Dalam hal ini, konsumsilah beras merah sebagai pengganti beras putih karena mengandung karbohidrat yang sehat untuk menjaga energi Ibu.

Jeruk, setelah bluberi, jeruk merupakan buah lain yang baik untuk ibu menyusui, terutama ketika ibu menyusui membutuhkan vitamin C dengan dosis yang tinggi. Dengan membuat jus jeruk segar ataupun memakannya secara langsung merupakan salah satu cara dalam mengkonsumsi jeruk.

Sayuran berwarna hijau merupakan unsur penting untuk ibu menyusui, sayuran seperti bayam, kangkung dan brokoli mengandung banyak vitamin A, sumber kalsium non susu, vitamin C, zat besi, antioksidan dan rendah kalori yang penting untuk bayi dalam ASI.

Telur adalah salah satu sumber alami vitamin D terutama di bagian kuning telur yang terdapat nutrisi penting dalam menjaga tulang Ibu agar tetap kuat dan membantu tulang bayi untuk tumbuh. Telur juga dapat memenuhi kebutuhan protein harian Ibu, dengan memasak telur dadar untuk sarapan dengan roti gandum atau telur rebus pada soto Ibu merupakan cara mudah dalam pemenuhan nutrisi ibu menyusui.

Susu ibu menyusui merupakan pelengkap dalam memberikan nutrisi lengkap untuk ibu dan juga bayi. Karena ASI merupakan sumber nutrisi yang terbaik untuk bayi, maka susu ibu menyusui merupakan nutrisi pelengkap untuk Ibu. Maka dari itu, disarankan kepada Ibu untuk mengkonsumsi susu ibu menyusui yang sesuai dengan kebutuhannya. Antara lain, pilihlah susu ibu menyusui yang rendah lemak untuk membantu mengembalikan kondisi tubuh Ibu setelah melahirkan. Selain itu, kalsium dalam susu ibu membantu pertumbuhan tulang bayi. Lalu, susu yang mengandung kandungan tambahan seperti ekstrak daun katuk atau kurma sangat bermanfaat untuk menambah jumlah produksi ASI dan nutrisi ibu menyusui.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *