Makanan untuk Ibu Hamil yang Masa Persalinan Hingga Menghitung Hari

Ada makanan untuk ibu hamil yang bisa membuat proses persalinan menjadi lebih mudah. Tentu saja makana ini dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil yang masa persalinannya sudah dekat.

Ini sangat penting karena melahirkan secara normal itu lebih dianjurkan daripada melahirkan melalui operasi caesar. Selain biayanya yang lebih murah, persalinan normal juga tidak akan membuat ibu merasa kesakitan dalam kurun waktu yang lama setelah proses persalinan.

Kelihatannya operasi caesar lebih mudah dan lebih enak. Namun, pada kenyataannya, wanita yang melakukan persalinan secara caesar justru akan merasa kesakitan hingga waktu berbulan-bulan. Bahkan ada juga rasa nyeri pada bagian jahitan masih terasa setelah satu tahun lebih.

Itulah mengapa sangat dianjurkan untuk melakukan persalinan secara normal. Dan berikut ini makanan ibu hamil yang baik untuk dikonsumsi agar persalinan normal lancar.

Sayuran Hijau

Ini kan makanan biasa? Betul sekali. Sejak awal kehamilan, memang ibu disarankan untuk mengkonsumsi makanan seperti sayuran hijau. Alasannya kandungan proteinnya sangat tinggi.

Jika di awal kehamilan ibu disarankan memenuhi kebutuhan protein agar perkembangan janin baik, ada alasan lain ketika masa persalinan hingga menghitung hari. Ternyata, protein akan membuat ibu lebih memungkinkan untuk melakukan persalinan secara normal. Karena jika protein mencukupi, ibu tidak akan kekurangan sel darah merah yang mengakibatkan ibu mengalami anemia.

Pasalnya, jika dokter menemukan adanya potensi anemia, maka dokter tidak akan menyarankan agar melakukan proses persalinan secara normal. Hal ini lantaran bisa berakibat buruk bagi ibu dan juga bayi yang akan ibu lahirkan.

Jadi, perbanyak mengkonsumsi sayuran sebagai menu makanan wanita hamil yang bagus ketika proses persalinan tinggal beberapa hari.

Karbohidrat Komplek

Ibu harus tahu ada dua jenis karbohidrat. Yang pertama karbohidrat sederhana. Ini merupakan karbohidrat yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Yang kedua adalah karbohidrat komplek. Karbohidrat ini sudah dicerna oleh tubuh.

Keduanya ada kelebihan dan kekurangan. Untuk ibu yang sedang menunggu masa persalinan, ibu lebih memerlukan makanan sehat ibu hamil yang mengandung karbohidrat komplek. Karena karbohidrat yang satu ini sudah dicerna oleh tubuh sehingga ibu lebih lama merasa kenyang. Dengan demikian, ibu lebih banyak menyimpan tenaga.

Tenaga inilah yang dibutuhkan ketika proses persalinan. Apalagi ibu tidak tahu berapa lama proses persalinan yang akan ibu hadapi. Terkadang ada yang hanya menunggu beberapa jam saja. Akan tetapi, ada juga yang harus menunggu hingga lebih dari satu hari lantaran jarak pembukaan yang cukup lama.

Nah, sekarang ibu tinggal cari makanan yang mengandung karbohidrat komplek. Sebenarnya nasi termasuk ke dalam makanan tersebut. Namun, terkadang ketika ibu sedang panik akan menghadapi proses persalinan, ibu tidak suka mengkonsumsi nasi.

Ada menu makanan lain yang juga mengandung karbohidrat komplek seperti roti dan sereal.

Yang pasti, makanan ibu hamil yang paling dibutuhkan ketika masa persalinan akan tiba adalah makanan yang bisa membuat ibu bisa melakukan persalinan secara normal. Penuhi kebutuhan energi dan hindari hal-hal yang bisa mengganggu kondisi kesehatan ibu terutama yang membuat tekanan darah ibu naik.

Dalam hal ini, ibu harus tahu tidak hanya makanan sehat ibu hamil yang bisa membuat ibu semakin siap untuk melakukan persalinan normal. Kondisi psikis juga tak kalah berpengaruh lho.

Itulah mengapa seorang ibu hamil yang akan menghadapi proses persalinan diharapkan memiliki mental yang kuat. Rileks dan jauhkan pikiran dari hal-hal yang membuat ibu khawatir.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *