Makanan Untuk Memperbanyak ASI Yang Disarankan Oleh Dokter

Menu Makanan Bayi 6 Bulan
bp.blogspot.com

Sangat penting untuk mencukupi gizi ibu menyusui sejak dini, supaya produktivitas ASI bisa tetap terjaga dengan baik. Tentu saja banyak ibu menyusui yang sudah merasakan berbagai manfaat makanan untuk memperbanyak ASI. Memang, sudah ada banyak makanan yang dapat memicu ASI menjadi melimpah. Berbagai macam makanan ini tentu saja mengandung zat-zat penting yang dibutuhkan di dalam tubuh ibu untuk menyusui. Anda bisa mencoba bahan makanan yang mudah didapatkan di sekeliling Anda misalnya saja kebun atau sawah jika tempat Anda berada di desa.

Meminum air putih setiap hari dalam jumlah banyak juga dapat membantu supaya ASI menjadi lebih produktif. Anda juga dapat memperbanyak minum susu sapi murni dan susu kedelai dua kali sehari. Disamping itu, Anda juga dapat mengonsumsi minuman alami yang mengandung segala zat baik untuk ibu menyusui. Anda harus mulai membiasakan untuk memakan makanan bergizi secara seimbang setiap hari sebab ASI merupakan gizi terbaik untuk bayi dibandingkan susu formula. Dengan begitu, Anda tidak perlu memakan berbagai jenis suplemen yang tidak diketahui kealamian bahan-bahannya.

Anda bisa menambahkan berbagai macam sayuran hijau lainnya ke dalam menu harian, suapaya terdapat variasi makanan untuk menembah ASI. Bahan makanan  tersebut terbukti efektif  dalam menambah produksi ASI yang Anda miliki. Hasilnya, bayi Anda akan senantiasa dapat  tercukupi kebutuhan gizinya tanpa perlu bergantung pada susu formula yang nutrisi dan kealamiannya tidak sebanyak ASI.

Bahan Makanan Untuk Menambah Jumlah ASI Bagi Ibu Menyusui

Bahan makanan yang baik untuk ibu menyusui adalah berbagai jenis kacang dan sayuran serta buah-buahan. Untuk lebih jelasnya seperti berikut ini;

  • Wortel

Wortel kaya akan vitamin A, beta karoten, dan enzim Phytoestrogens yang bisa menambah ASI. Dengan meminum 1 gelas jus wortel sebelum makan siang bisa menambah produksi ASI pada sore hari.

  • Bayam

Bayam memang sangat baik untuk ibu menyusui karena terdapat zat besi yang berfungsi untuk pembentukan sel darah merah. Disamping itu, kandungan vitamin B6 pada bayam bisa meningkatkan daya tahan tubuh pada bayi.

Kandungan nutrisi lainnya pada bayam yaitu  vitamin A, C, E, K, protein, dan juga berbagai mineral seperti ribloflavin, thiamin, asam folat, magnesium, kalsium, fosfor, serta kalium. Sama halnya dengan sayuran berdaun hijau tua yang lain, bayam juga mengandung enzim Phytoestrogens yang bisa memperbanyak ASI.

  • Pepaya

Buah pepaya, baik buahnya maupun bunganya, mengandung vitamin A dan vitamin C dan juga beberapa mineral penting untuk ibu menyusui misalnya saja seperti asam folat,kalium, dan enzim papain. Enzim ini membantu dalam proses pencernaan protein. Ibu menyusui memerlukan banyak protein untuk memproduksi ASI. Disamping itu, pepaya banyak mengandung cairan, sehingga sangat cocok untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam memproduksi ASI. Pepaya bisa dimakan langsung saat ranum, maupun dibuat sup jika masih mengkal.

Banyak masakan yang bisa menggunakan pepaya mentah sebagai bahannya, contohnya sayur asam dan sup ikan dengan ditambahkan pepaya. Sup ini sudah sering dipakai sejak dulu sebagai makanan yang bisa menambah ASI. Sering memakan pepaya muda juga dapat membuat ASI melimpah. Para ahli banyak yang beranggapan  bahwa buah pepaya sangat cocok untuk reproduksi ASI dalam tubuh wanita. Selain itu buah pepaya juga mempunyai kandungan vitamin yang sangat berguna untuk ibu menyusui.

  • Daun Katuk

Daun katuk memang sudah lama diketahui sebagai makanan yang bisa untuk memperbanyak jumlah ASI, sebab mengandung protein yang diperlukan dalam memproduksi ASI. Ibu menyusui memerlukan protein sebanyak kurang lebih 20 gram lebih banyak daripada biasanya. Dalam keadaan normal, wanita memerlukan sekitar 40 gram protein setiap harinya. Jadi dalam keadaan menyusui, diperlukan sekitar 60 gram protein setiap hari.

  • Labu siam

Bahan makanan penambah asi lainnya yang juga mempunyai manfaat cukup baik adalah labu siam. Labu siam sering dimasak untuk pelengkap dalam sayur asem. Dengan mengonsumsi sayuran yang tepat untuk reproduksi ASI tersebut, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi tentang produktivitas ASI.

Menu Makanan Yang Dapat Memicu Naiknya Produktivitas Asi

Setelah tadi saya sudah menjelaskan tentang bahan makanan apa saja yang baik untuk ibu menyusui, berikut ini juga akan saya sampaikan mengenai menu makanan yang bisa untuk memperbanyak asi;

  • Kolak kacang hijau

Kacang hijau mengandung protein, Vitamin B1,fosfor, tiamin,kalium, magnesium, mangan, asam folat yang bisa mencukupi kebutuhan protein dan energi. Cara membuatnya yaitu pertama rendam kacang hijau selama beberapa jam sebelum mulai memasak. Masak air sampai mendidih, buang air rendaman kacang hijau lalu tiriskan. Masukkan kacang hijau ke dalam air mendidih, kemudian tambahkan jahe. Tutup panci supaya kacang hijau cepat empuk selama satu jam. Lalu, masukkan gula secukupnya dan santan cair. Tunggu sampai matang dan siap disajikan.

  • Bongko atau Pelas

Makanan lainnya yang dapat Anda pilih adalah makanan dari daerah Jawa seperti bongko atau pelas. Makanan ini terbuat dari kacang tolo dan kelapa muda. Untuk ibu hamil, makanan bongko ini mempunyai efek positif yang cukup baik. Banyak orang yang berpendapat bahwa makanan ini dapat membuat ibu hamil terhindar dari masalah bayi lahir dengan kondisi cacat.

  • Sup daging ayam dan ikan

Sup juga merupakan salah satu makanan yang baik untuk ibu yang sedang menyusui. Kuah sup bisa menambah asupan cairan bagi tubuh, sedangkan daging ayam dan ikan bisa menambah protein untuk tubuh. Disamping itu, biasanya sup menggunakan berbagai macam sayuran, sehingga bisa memberi vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

  • Havermouth atau Oatmeal

Selain bermanfaat untuk mengurangi kolesterol dan menjaga tekanan darah, havermouth juga merupakan salah satu makanan untuk memperbanyak ASI. Seorang wanita yang duduk sembari memakan havermouth akan merasa tenang dan memicu munculnya hormon oxytocin. Hormon ini merupakan hormon yang berpengaruh pada produktivitas ASI.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *