Makanan Untuk Meningkatkan Kualitas ASI

Makanan untuk ASI Berkualitas

Portalgayahidup.com – Memberikan ASI eksklusif sangat diperlukan untuk memastikan bayi sehat. Pasalnya, di dalam ASI terdapat kandungan antibodi yang tidak ditemukan di dala susu bayi manapun. Inilah yang menjadi alasan paling utama kenapa ASI eksklusif harus diberikan kepada si kecil.

Terlepas dari hal tersebut, memang kandungan nutrisi di dalam ASI sudah sangat lengkap. Tidak ada yang lebih baik daripada ASI untuk bayi. Jadi, sebenarnya tidak ada alasan lain untuk tidak mau menerapkan program ASI eksklusif.

Akan tetapi, ibu tidak cukup hanya memberikan ASI eksklusif saja lho. Ibu juga harus pastikan ASI yang ibu berikan memiliki kualitas yang baik. ASI yang berkualitas akan sangat menentukan kesehatan bayi ibu.

Mempertahankan Kualitas ASI

Sepertinya tidak hanya menjaga kuantitas ASI saja yang menjadi tugas ibu, melainkan juga kualitas ASI. Dan hal ini sangat berhubungan dengan apa yang ibu konsumsi. ASI yang diproduksi oleh tubuh ibu tentu sana berhubungan erat dengan asupan nutrisi yang ibu dapatkan dari makanan yang ibu konsumsi.

Ada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi ibu menyusui untuk memastikan kualitas ASI terjaga.

  1. Kacang Hijau

Apakah ibu bosan dengan menu sarapan pagi yang biasa-biasa saja? Ibu bisa coba menu sarapan pagi berupa kacang hijau. Selain lezat, ini juga bervitamin tinggi. Kacang hijau kabarnya akan melancarkan ASI. Dalam waktu yang sama, ASI yang diproduksipun berkualitas tinggi. Sebaiknya ibu sarapan pagi dengan bubur kacang hijau. Atau jika ibu tidak begitu suka dengan bubur kacang hijau, ibu bisa minum air rebusan kacang hijau saja.

  1. Roti Gandum

Selain kacang hijau, ibu juga bisa memilih menu sarapan berupa roti gandum. Selain kandungan karbohidrat kompleks yang tinggi, ada juga kandungan berupa serat di dalam roti gandum ini, Serat ternyata tidak hanya penting untuk menjaga sistem pencernaan baik, tapi juga agar bayi cepat kenyang. Bayi ibu akan kenyang dalam waktu yang lebih lama. Dengan demikian, ibu memiliki waktu yang cukup banyak untuk memompa ASI sebagai stok persediaan.

  1. Labu Siam

Makanan yang baik untuk menjaga kesehatan bayi lainnya adalah labu siam. Jika ibu mengkonsumsi labu siam, maka bayi akan tumbuh sehat. Perkembangan otak juga lebih optimal mengingat labu siam mengandung asam folat yang tinggi.

  1. Susu Ibu Menyusui

Bagaimana dengan susu ibu menyusui? Apakah berpengaruh terhadap kuantitas dan kualitas ASI yang diproduksi? Sedikit banyak ya. Hanya saja, susu lebih berguna untuk menjaga kesehatan ibu. Jika kesehatan ibu baik, maka tubuh ibu pun akan lebih optimal dalam memproduksi ASI.

Sangat disarankan ibu mengkonsumsi susu Frisian Flag Mama sebagai susu ibu menyusui terbaik. Di dalam susu tersebut, terdapat kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui, terutama gizi yang bisa menghindarkan ibu dari masalah kesehatan seperti anemia. Yang pasti, ibu harus jaga kesehatan ibu. Karena dengan menjaga kesehatan, ibu berarti sudah memastikan bayi sehat selalu.

Dari 4 asupan ibu hamil tersebut, mana yang ibu paling sukai?

Image Source: nutraingredients.com

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *