Makin Penasaran dengan Perkembangan Janin Usia 8 Bulan?

Perkembangan Janin
Ibu & Balita

Perkembangan janin sebenarnya bisa ibu rasakan. Apalagi jika usia kehamilan sudah mencapai trimester ketiga. Maka dengan mudah ibu bisa merasakan janin bergerak dan menendang. Itu merupakan tanda bahwa perkembangan bayi di dalam rahim sehat.

Jika ibu ingin lebih tahu perkembangan janin khususnya ketika usianya mencapai 8 bulan, ibu harus ke dokter kandungan. Ada beberapa hal yang pasti akan membuat ibu takjub jika mengerti apa yang bisa bayi lakukan saat usianya 8 bulan.

Janin Bisa Membuka Mata

Ibu pasti tidak percaya jika bayi di dalam kandungan sudah bisa melihat. Namun, itulah kenyataannya. Dokter kandungan yang bisa menjelaskan hal tersebut.

Pada usia 8 bulan, beberapa organ tubuh si kecil sudah bisa dikatakan sempurna, terutama mata. Ia sudah bisa melihat dengan menggunakan matanya.

Jika ibu tidak percaya, saat ibu melakukan pemeriksaan USG, biasanya bayi berpaling dari arah di mana ada cahaya yang digunakan oleh dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan USG. Ini merupakan respon yang dilakukan oleh janin saat merasa tidak nyaman karena ada cahaya yang datang.

Mungkin ibu akan sangat kecewa karena melihat di layar komputer bayi berpaling dari ibu. Namun, ibu harus bahagia bahwa perkembangan janin khususnya perkembangan saraf penglihatannya baik. Ia sudah bisa merespon dari mana datangnya cahaya.

Mengerti Perbedaan Antara Siang dan Malam

Sebenarnya bukan berarti si kecil betul-betul tahu antara malam dan siang hari. Namun, bayi di dalam kandungan sudah tahu kapan waktunya tidur dan kapan waktunya beraktivitas.

Sayangnya, kegiatan janin tersebut bertolak belakang dengan yang ibu lakukan. Saat ibu beraktivitas di siang hari, maka janin justru tertidur. Ia merasa nyaman karena ada goyangan yang ibu lakukan saat ibu sedang berjalan dan beraktivitas.

Sementara itu, saat ibu terlelap di malam hari, janin justru akan beraktivitas. Hal ini dikarenakan ibu tidak bergerak yang seolah-olah meninabobokkan janin.

Jika ibu merasa sering dibangunkan si kecil di malam hari karena gerakan, pukulan, atau tendangan, itu tandanya perkembangan janin sangat baik. Ia sudah bisa mengatur jadwalnya sendiri, kapan harus tidur dan kapan waktunya beraktivitas.

Mengkonsumsi Lebih Banyak Makanan

Jika usia kehamilan ibu sudah mencapai 8 bulan, apakah ibu sering merasa lapar? Jika ya, maka perkembangan bayi di dalam rahim baik. Saat janin sudah berkembang, ia membutuhkan lebih banyak nutrisi. Secara otomatis, ia akan mengambil makanan lebih banyak sehingga ibu akan lebih sering merasa lapar.

Itulah mengapa ibu hamil tua harus lebih banyak mengkonsumsi cemilan agar ia tidak mudah lapar. Namun, pastikan ibu mengkonsumsi cemilan yang sehat ya. Yang jelas, jangan sampai ibu kelaparan karena janin juga akan kelaparan. Jika hal tersebut terjadi, tentu keadaan akan semakin buruk, tidak hanya kesehatan ibu dan juga perkembangan janin.

Menjadi ibu hamil itu merupakan sebuah anugrah. Di sisi lain, ibu memang memiliki tanggungjawab yang sangat berat. Namun, di sisi lain, ibu mengerti bahwa ada hal-hal yang menakjubkan yang bisa ibu alami. Dan hal tersebut akan membuat ibu mengerti betapa maha kuasanya Tuhan Yang Maha Kuasa.

Untuk menjaga anugrah dari Tuhan tersebut, tidak ada jalan lain agar ibu selalu menjaga kesehatan kehamilan. Jaga kesehatan ibu agar tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan dengan perkembangan janin.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *