Makna Tradisi Mitoni saat Usia Kehamilan 7 Bulan

kehamilan 7 bulan
Friso Indonesia

Sudah banyak orang Jawa saat ini yang tidak tahu tradisi yang sudah diturunkan dari nenek moyang. Contohnya saja tradisi mitoni yang merupakan tradisi untuk mendoakan si jabang bayi ketika usia kehamilan 7 bulan.

Hilangnya tradisi kuno ini tidak hanya disebabkan masuknya tradisi modern. Alasan lainnya adalah bawasannya mereka tidak tahu makna filosifis dari tradisi Jawa tersebut.

Ibu yang asli Jawa harusnya tahu apa itu tradisi mitoni dan apa makna di balik tradisi tersebut.

Arti Mitoni

Istilah Mitoni sebenarnya berasal dari suku kata pitu. Pitu dalam bahasa Indonesia artinya tujuh.

Jadi, dari sini ibu pasti langsung tahu kira-kira apa itu tradisi Mitoni. Secara sederhana, tradisi ini diartikan sebagai ritual yang dilakukan saat ibu hamil 7 bulan.

Namun, apakah ibu tahu apa makna dari tradisi ini? Layaknya tradisi Jawa lainnya, Mitoni juga menyimpan makna filosifis yang ibu juga harus ketahui. Jadi, jika ibu menggelar acara Mitoni, ibu tahu apa itu tradisi Mitoni serta tujuan dan juga makna di balik tradisi tersebut. Dengan demikian, ibu tidak asal menggelar tradisi ini.

Makna Mitoni

Orang Jawa mengatakan tradisi Mitoni saat usia kehamilan mencapai 7 bulan sebagai acara selamatan. Selametan artinya acara agar sesuatu bisa selamat. Karenanya konteksnya tentang kehamilan, maka bisa dikatakan Mitoni merupakan acara dengan tujuan janin di dalam kandungan selamat hingga nanti dilahirkan.

Setidaknya salah satu tujuan adanya upacara kehamilan usia 7 bulan ini untuk mendoakan agar ibu dan bayi selamat ketika proses persalinan nanti.

Kenapa ketika usia kehamilan sudah 7 bulan? Bukannya masa persalinan sudah jauh? Nah ini yang menjadi filosifisnya. Angka 7 merupakan angka yang sangat sacral. Banyak upacara atau tradisi yang diselenggarakan atas dasar bilang 7 seperti pitung dino atau kematian seseorang setelah 7 hari.

Lebih dari itu, angka 7 itu memiliki arti, yaitu pitulungan. Dengan demikian, dengan diadakannya acara Mitoni ini, diharapkan ada pitulungan atau pertolongan dari Allah agar ibu dan janin selamat hingga proses persalinan nanti.

Upacara Kehamilan Tujuh Bulan dan Tinjauan Medis

Mungkin orang terdahulu tidak tahu tentang medis. Namun, siapa sangka, adanya upacara Mitoni yang diadakan di bulan ke 7 kehamilan juga bisa dilihat dari kacamata medis.

Ternyata, saat usia kandungan 7 bulan, bayi di dalam rahim sudah bisa dikatakan sempurna. Menurut para ahli ilmu kandungan, pada saat itulah bayi mencoba untuk mengatur posisi sehingga ia siap untuk lahir.

Itulah mengapa saat usia kehamilan mencapai 7 bulan, dokter akan mulai mengecek secara berkala posisi bayi. Jika posisi bayi sudah bagus, maka ibu tidak perlu was-was. Yang dikhawatirkan adalah ketika posisi bayi masih sungsang. Saat usia 8 bulan, seharusnya sudah ada indikasi di mana bayi sudah siap untuk dilahirkan sesuai dengan posisi yang tepat.

Jadi, ada kaitan antara tradisi Mitoni dengan dengan dunia medis, bukan? Ternyata, Mitoni sebagai penanda bawasannya bayi sudah sempurna. Makanya ibu hamil di Jawa mengungkapnya kebahagiannya mereka dengan mengadakan acara Mitoni.

Ada beberapa serangkaian acara seperti siraman, brojolon, dan pemakaian busana. Namun, itu hanya pelaksanannya saja. Secara fisolofis, Mitoni merupakan acara yang diadakan ketika kehamilan mencapai usia 7 bulan sebagai tanda syukur serta doa agar ibu dan bayi sehat dan selamat saat proses persalinan nanti.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *