Malam Hari Waktu yang Tepat untuk Mengetahui Perkembangan Janin

perkembangan janin
Ibu dan Balita

Apakah ibu ingin sekali mengetahui perkembangan bayi di dalam kandungan? Setiap ibu pasti merasa khawatir. Itulah mengapa mereka ingin selalu memantau perkembangan sang buah hati yang masih ada di dalam rahim.

Melakukan tes USG menjadi hal yang sangat mungkin dilakukan. Akan tetapi, agak sedikit aneh jika ibu terlalu sering datang ke dokter untuk melakukan pemeriksaan USG. Sekali satu minggu sudah cukup aneh. Karena yang disarankan adalah konsultasi kehamilan sekaligus melakukan pemeriksaan USG satu bulan sekali.

Lalu bagaimana solusinya agar ibu bisa mengetahui perkembangan bayi yang ibu kandung? Mudah saja. Ibu bisa juga mengetahui apakah perkembangan janin baik atau sebaliknya tanpa melakukan tes USG.

Ibu pasti sudah pernah mendengar tips atau cara mengetahui kondisi kesehatan janin tanpa melakukan pemeriksaan USG. Dan kali ini ibu harus melakukan pemeriksaan sendiri di malam hari.

Memeriksa Perkembangan Janin di Malam Hari

Kenapa harus di malam hari? Mungkin itu yang menjadi pertanyaan ibu. Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ibu harus ingat bawasannya ada tanda-tanda di mana bayi di dalam kandungan bisa dikatakan sehat.

Morning sickness yang masih sering ibu alami? Jika ya maka ibu harus bersyukur. Karena morning sickness juga tanda bahwa hormone diproduksi dalam jumlah yang banyak. Itu artinya janin mendapatkan banyak hormone untuk perkembangannya.

Tapi bukan itu yang sangat penting. Ibu harus tahu bawasannya ada gerakan yang sering dilakukan oleh janin di malam hari. Gerakan inilah yang menjadi tanda bahwa janin berkembang sangat baik.

Kenapa di malam hari? Nah ini jawabannya. Kebanyakan bayi di siang hari itu tidur lho Bu. Apalagi ibu yang sehari-hari bekerja. Karena ibu bergerak terus, maka bayi akan merasa di ninabobokkan. Semakin sering bergerak, maka semakin lelap tidur sang buah hati.

Akhirnya, pada malam hari ketika ibu sedang istirahat, si kecil akan bangun. Ia akan menendang, meninju, dan juga berguling. Pada saat itulah ibu akan merasakan gerakan pada bagian perut.

Nah, sekarang sudah tahu kenapa malam hari adalah waktu yang tepat untuk mengetaui baik buruknya perkembangan bayi dalam kandungan?

Sayangnya, tidak semua gerakan yang dilakukan oleh janin itu pertanda baik lho bu. Ibu juga harus tahu bawasannya pergerakan bayi juga bisa mengindikasikan ada hal buruk yang terjadi.

Pergerakan yang Mengkhawatirkan

Ibu tahu ada kondisi di mana janin bisa terlilit tali pusar? Sebenarnya hal ini sangat wajar terjadi. Pada kondisi tertentu hal ini tidak akan membahayakan janin. Hanya saja, bisa saja lilitan tersebut membuat janin tidak bisa bernafas dan akhirnya meninggal.

Biasanya jika janin terlilit tali pusarnya sendiri, ia akan melakukan gerakan memutar. Hal ini dilakukan untuk melepaskan diri dari lilitan tersebut.

Sayangnya, ibu tidak bisa mengetahui secara persis apakah gerakan yang dilakukan itu gerakan yang biasa atau gerakan yang menunjukkan bawasannya janin terlilit tali pusar.

Jika ibu merasa gerakannya semakin cepat dan ibu sering merasakan hal tersebut, sebaiknya ibu segera konsultasi dengan dokter kandungan. Dikhawatirkan memang janin terlilit tali pusar.

Semoga informasi ini bermanfaat. Sebagai ibu yang sedang mengandung, sudah semestinya ibu mencari lebih banyak ilmu pengetahuan seputar tumbuh kembang janin. Dan yang lebih penting, ibu juga harus tahu bagaimana cara menjaga agar perkembangannya baik hingga nanti proses persalinan nanti.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *