Manfaat ASI bagi Bayi dan Ibunda

Manfaat asi bagi bayi
www.awalsehat.nestle.co.id

Merasakan sentuhan lembut bunda pada bayi sambil bersenandung kala menyusui sungguh membuat pemandang merasa tersentuh. Meski sering kali anda atau mungkin orang orang di sekitar anda manfaat asi bagi bayi hanya berhenti pada si kecil saja tanpa mau mempertimbangkan apabila air susu ibu (asi) tidak hanya untuk malaikat kecil ayah bunda namun juga ibunda sendiri.

Jika mau diteliti lebih lanjut justru manfaat asi bagi bayi dan ibunda cukup banyak. Tentu jika bunda mengetahui fakta fakta berikut ini alangkah menyenangkan untuk menunggu lebih lama sebelum bayi melepaskan diri dan beralih pada makanan pendamping asi dan makanan padat di kemudian hari?

  1. Perlindungan lebih tahan lamaBagi bayi, perlindungan tubuh lebih tahan lama akan didapat apabila bayi banyak mengkonsumsi air susu bunda. Perlindungan tubuh yang dimadsud ini bukan perlindungan tubuh sembarangan, bahkan kekebalan tubuh satu ini mampu membantu melawan penyakit penyakit kronis seperti diabetes, alergi nutrisi (penyakit yang membuat penderita tidak mampu menyerap nutrisi tertentu seperti alergi gluten), dan crhon (penyakit radang usus berkepanjangan).
  2. Selamat tinggal kaloriDilihat sekilas memang sepertinya kegiatan menyusui cukup santai. Bunda hanya perlu duduk, menggendong bayi, sambil menyodorkan payudara ke mulut bayi.Ternyata kegiatan menyusui mampu membakar setidaknya 500 kalori dalam sehari ! Semisal saja anda ternyata mampu menyusui hingga 28 gram sehari, artinya anda boleh mengucapkan selamat tingga pada 400 kalori yang berhasil anda bakar.

    500 kalori ini hanya takaran rata rata menyusui, apabila anda menyusui lebih dari rata rata maka semakin banyak pula kalori yang anda bakar.

  3. Berat badan bayi makin idealTidak hanya tubuh bunda yang mendapat tubuh ideal karena pembakaran kalori selama menyusui, manfaat asi bagi bayi dan ibu sama sama dari segi berat badan. Air susu ibu mengandung banyak gizi tanpa sia sia.Artinya, meski bayi banyak meminum air susu ibu, tubuh bayi memang gemuk, namun gemuk sempurna. Madsudnya, bayi bukan obesitas, semua gizi yang diserapnya bukanlah lemak yang sia sia. Anda tidak perlu khawatir lagi apakah bayi benar benar gemuk atau hanya gumpalan lemak tanpa arti.
  4. Perasaan tak tergantiMerasakan kelembutan badan bayi, kehangatan tangan bunda, rasa kasih sayang dan cinta menyelimuti keduanya. Hal seperti inilah yang membuat ikatan bunda dan bayi pada sesi menyusui tidak terganti meski dengan semua harta yang ada di dunia.Perasaan ini pula yang akan membantu anda melalui tahap tahap perkembangan anak selanjutnya, rasa cinta yang melekat erat mempermudah anda dan anak anda memahami satu sama lain meski nantinya bayi dan bunda akan berselisih pendapat.
  5. Bayi lebih sehatBayi yang disusui oleh ibunda cenderung lebih sulit untuk sakit dibanding bayi yang tidak di susui oleh bunda. Sakit dalam artian umum pula, seperti penyakit diare yang banyak dijumpai terutama daerah tanah air Indonesia tercinta ini. Berita baik tentu saja, bayi yang disusui oleh ibunda malah jarang terkena diare.
  6. Waktu istirahatMenyambung manfaat kelima yaitu bayi lebih sehat, tentu membuat bayi lebih tenang beristirahat. Dan bagi ayah bunda tentu saja lebih banyak waktu bersantai. Seperti yang anda tentu pernah dengar alami, sekali bayi sakit sekecil apapun, entah diare atau demam, artinya bayi akan menangis, meraung, dan mengamuk tanpa kenal waktu.Bahkan tanpa bayi sakit pun bayi akan terbangun pada jam jam tidak diinginkan. Bisa bayangkan ketika bayi sakit? hal ini memperparah segalanya. Bayi capek, ayah bunda kelelahan, dan dompet pun sudah mengibarkan bendera merah putih karena akan ada biaya dokter, dukun pijat, atau minimal obat yang harus dirogoh demi kembalinya kesehatan si kecil. Belum ditambah beragam teknik yang musti keluar agar bayi tidak kesakitan.
  7. Mudah cepat gampangBisa anda urutkan kembali apa saja langkah langkah anda apabila menggunakan susu bayi formula untuk bayi? Bayi menangis meminta susu, anda atau pasangan harus buru buru mencari botol bersih, mengisi dengan air panas, dan susu. Memastikan takaran sudah pas dan suhu juga tidak terlalu panas. Tanpa perlu mengingatkan jika anda sedang mengasuh bayi sendirian artinya anda harus menimang nimang sambil menyiapkan susu?Ketika susu bayi formula sudah siap anda baru bisa bernafas lega karena bayi akhirnya tenang meminum susu dan mungkin sebentar lagi akan tidur. Sekali mungkin tidak apa, kalau sampai dua sampai tiga kali sehari? anda boleh mengeluh sekarang.

    Mari bandingkan dengan metode pemberian air susu ibu. Ketika bayi menangis minta susu, anda hanya perlu mencari tempat duduk atau berdiri jika anda berkenan, membuka penutup dada anda, dan sodorkan payudara. Selesai. Mudah cepat gampang bukan?

    Anda bahkan bisa mencoba berbagai macam posisi. Mulai dari terlentang, menyamping, duduk, menunggu sambil berdiri. Fleksibel sekali.

  1. Vaksin
    Vaksin banyak digunakan demi membuat bayi lebih kebal. Nah, ternyata bayi yang disusui oleh bunda jauh lebih bersahabat dalam menerima vaksin dibanding bayi yang disusui dengan susu formula. Bisa bayangkan kan betapa untung bayi yang disusui? jika anda harus mengeluarkan uang, waktu, dan tenaga untuk mendapatkan vaksin, tentu akan lebih baik jika mendapat hasil maksimal. Bagaimana? manfaat asi bagi bayi sungguh menarik bukan?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *