Manfaat Bermain Bagi Anak Untuk Tumbuh Kembangnya

manfaat bermain bagi anak
Source: http://www.theglobeandmail.com

Manfaat bermain bagi anak memang sangat berdampak pada perkembangan si kecil. Anak – anak memang erat hubungannya dengan bermain dimana hal ini tentu saja sangat menyenangkan bagi anak, namun tidak untuk orang tua. Sebagian orang tua berpendapat bahwa anak bermain tidak ada manfaatnya, padahal pentingnya bermain bagi anak harus diketahui oleh orang tua agar tidak terlalu membatasi anaknya untuk bermain.

Manfaat bermain pada anak usia dini selain dapat melatih otak mereka juga dapat melatih motorik kasar anak. Dengan permainan, seorang anak belajar memahami konsep benar –salah. Juga belajar dasar –dasar timbangan akhlak dan perilaku, seperti sikap adil, jujur, amanat, pengendalian dan esensi permainan merupakan manfaat bermain bagi anak anda. Karena dalam permainan membuat akhlak anak semakin baik. Permainan yang aktif penting untuk perkembangan organ tubuh anak anda.

Dengan permainan, si anak mempelajari kepandaian mengungkapkan sesuatu dan ketrampilan menyusun berbagai hal.  Nilai –nilai jasmani yang didapat dari manfaat bermain bagi anak juga anak menjadi lebih sehat. Dengan bermain, seorang anak dapat mempelajari bagaimana membangun hubungan sosial dengan orang lain dan mempelajari bagaimana agar bisa berhasil dalam berinteraksi dengan mereka. Inilah manfaat bermain bagi anak, mereka akan meningkatkan ketrampilan sosialnya untuk bekal di masa depan.

Manfaat Bermain Bagi Anak Dalam Segi Kreativitas

Kreativitas anak akan berkembang melalui permainan. Ide-ide yang orisinil akan keluar dari pikiran mereka, walaupun kadang terasa abstrak untuk orangtua. Bermain juga dapat membantu anak untuk lepas dari stres kehidupan sehari-hari. Stres pada anak biasanya disebabkan oleh rutinitas harian yang membosankan, seperti pergi les sepulang sekolah. Belajar memang penting, namun di usia yang masih anak-anak bermain juga penting, asalkan anak juga berlatih untuk bertanggung jawab dengan tidak berlebihan dalam bermain.

Bermain memiliki aspek-aspek yang menyenangkan dan membuka kesempatan untuk menguji kemampuan dirinya berhadapan dengan teman sebaya serta mengembangkan perasaan realistis akan dirinya. Dengan begitu, bermain memberi kesempatan pada anak untuk mengembangkan otak kanan, kemampuan yang mungkin kurang terasah baik di sekolah maupun di rumah.

Bermain memberikan kesempatan pada anak untuk mempelajari banyak hal dari berbagai sarana permainan yang dimainkannya. Seperti, anak dapat mengenali bentuk, warna, ukuran kemasan dan lain sebagainya. Sering kali anak mendapatkan pengetahuan dari permainannya yang tidak ia dapatkan dari sumber lain.

Banyak manfaat bagi anak-anak untuk bermain, selain bermain adalah hak anak karena merupakan tahap perkembangan mereka. Manfaat bermain bagi anak nantinya juga bisa dirasakan mereka ketika menjadi orang dewasa, selain keterampilan fisik dan keterampilan sosial, banyak pelajaran manfaat bermain untuk anak-anak.

Manfaat Bermain Bagi Anak Untuk Merangsang Panca Indera Anak

Hai, Bun tahukah Anda bahwa bermain dengan mainan sangat bermanfaat bagi anak usia dini usia 0-6 tahun. Karena bermain dapat membantu tumbuh kembang anak dan memberikan manfaat antara lain seperti merangsang fungsi panca indera anak, misalnya mainan dengan suara, mainan dengan warna, mainan dengan bermacam tekstur halus atau kasar. Meningkatkan ketangkasan seperti melatih anak merangkak, berjalan, melompat dengan satu kaki Bermain bola.

Meningkatkan kecerdasan berbahasa seperti Puzzle, menyusun balok, dan petak umpet Main tebakan dan membaca buku. Meningkatkan interaksi social antara anak dengan orang tua atau temannya. Anak usia dini sebaiknya lebih banyak bermain dan beraktivitas fisik daripada menonton televise dan media atau perangkat berlayar lainnya. Anak usia dini kurang dari 3 tahun dapat menonton televisi dengan tayangan berkualitas 1 sampai dengan 2 jam sehari.

Aktivitas bermain adalah ibarat laboratorium bahasa anak, yaitu memperkaya perbendaharaan kata anak dan melatih kemampuan berkomunikasi anak. Bermain membantu anak untuk belajar bersikap jujur, menerima kekalahan, menjadi pemimpin yang baik, bertenggang rasa dan sebagainya. Bermain bersama teman melatih anak untuk belajar membina hubungan dengansesamanya. Anak belajar mengalah, memberi, menerima, tolong menolong dan berlatih sikap sosial lainnya.

Bermain merupakan ajang yang baik bagi anak untuk menyalurkan perasaan/emosinya dan ia belajar untuk mengendalikan diri dan keinginannya sekaligus sarana untuk relaksasi. Pada beberapa jenis kegiatan bermain yang dapat menyalurkan ekspresi diri anak, dapat digunakan sebagai cara terapi bagi anak yang mengalami gangguan emosi. Melalui kegiatan bermain anak belajar berbagai konsep bentuk, warna, ukuran dan jumlah yang memungkinkan stimulasi bagi perkembangan intelektualnya.

Anak juga dapat belajar untuk memiliki kemampuan problem solving sehingga dapat mengenal dunia sekitarnya dan menguasai lingkungannya. Bermain memungkinkan anak untuk menggerakkandan melatih seluruh otot tubuhnya, sehingga anak memiliki kecakapan motorik dan kepekaan penginderaan. Bermain dapat merangsang imajinasi anak dan memberikan kesempatan kepada anak untuk mencoba berbagai ideanya tanpa merasa takut karena dalam bermain anak mendapatkan kebebasan.

Bermain memang tidak lepas dari yang namanya keseruan, kebahagian dan juga kreativitas. Jadi untuk Anda yang memiliki anak balita maka sudah saatnya Anda mengenalkan berbagai permainan pada si kecil. Bukan tanpa alasan, bermain ternyata memiliki banyak manfaat baik untuk fisik maupun otak si kecil. Hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah biarkan si kecil bermain sesuai dengan apa yang ia inginkan. Pasalnya jika kita memaksakan ia harus bermain dengan salah satu permainan namun ia tidak suka maka itu tidak baik juga untuk mental si kecil. Dampaknya bisa saja justru ia tidak suka lg dengan berbagai permainan. Manfaat bermain bagi anak sangat banyak bukan?

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *